Laman

Iklan

Rabu, 22 Juli 2009

Cara Membuat Blog Secara Offline

Bagi seorang blogger pemula yang sedang belajar membuat blog, tentu saja untuk mencapai hasil sesuai yang diinginkan akan menghabiskan biaya koneksi internet yang tidak sedikit. Bagaimana tidak, untuk mengutak-atik fungsi dan mensetting tampilan blog dibutuhkan koneksi internet. Bagi orang yang tidak punya panduan bikin blog dan hanya belajar secara otodidak akan kesulitan melakukannya. Lalu adakah cara agar bisa membuat blog secara offline?

Kabar gembiranya jawaban dari pertanyaan di atas tentu saja. Lalu bagaimanakah caranya agar bisa membuat blog secara offline? Ikutilah cara-caranya di bawah ini:

Pertama-tama siapkanlah dulu beberapa software pendukung berikut ini:

Xampp (http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html)
Appserv (http://www.appservnetwork.com/)
PHPTriad (http://download.cnet.com/PHPTriad/3000-10248_4-10048390.html)

Pilihlah salah satu dari software di atas. Selanjutnya anda juga harus memiliki Script Wordpress yang bisa anda download di sini. Ukuran filenya sebanyak 2,2 mb.
http://wordpress.org/latest.zip 2,2mb

Pada cara belajar membuat blog secara offline kali ini saya menggunakan software xampp untuk membuat database toko online dan script Wordpress.
Setelah semua file pendukung anda punya, hal berikutnya yang harus anda lakukan adalah:

1. Install file xampp yang telah anda download pada komputer anda. Setelah instalasi selesai, klik finish dan akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah anda ingin menginstal XAMPP servers? Pilih No.
2. Berikutnya pilih Yes untuk melakukan setting awal control panel XAMPP.
3. Klik start pada Apache dan MySQL, lakukanlah hal ini tiap kali anda akan menjalankan aplikasi Wordpress, jika tidak maka Blog Wordpress yang anda buat tidak akan tampil pada browser secara offline.
4. Jika anda menggunakan Operating System Windows XP maka setelah menekan START akan muncul Windows security Alert. Pilih UNBLOCK agar bisa mengaktifkan aplikasi blog wordpress anda.
5. Copy Script Wordpress ke dalam C://Program files – Xampp – htdocs. Anda bisa mengganti nama folder Wordpress menjadi tips blog atau terserah anda.
6. Aktifkan browser anda. (Ingat, sebelumnya anda harus mengaktifkan XAMPP dan klik START pada Apache dan MySQL). Tuliskan pada browser anda: http://localhost/xampp/phpmyadmin/. Enter!
7. Tuliskan pada kotak Create new database nama folder Wordpress atau yang sudah anda ganti dengan nama lain tadi. Klik tulisan Create. Kini anda sudah mempunyai sebuah database yang masih kosong.
8. Selanjutnya tuliskan pada browser anda: http://localhost/Wordpress/. Ingat tulisan Wordpress harus diganti dengan nama database sesuai yang anda buat pada database tadi.
9. Klik tulisan ‘Create a configuration’ – lets go.
10. Isikanlah kotak isian dengan tulisan sebagai berikut:
Database name isikan dengan; wordpress.
Username: root. Password: kosongkan saja.
Database Host: Localhost
Table Prefix : WP_
11. Klik ‘Run the Install.

Selamat! Kini anda telah berhasil membuat Blog Wordpress secara offline pada komputer anda. Langkah selanjutnya adalah melakukan setting Wordpress dan mengisi post blog anda.
Teruslah berkarya dan berkreasi. Sering-seringlah berkunjung ke blogger lain untuk menambah pengalaman blogging anda. Jangan malu untuk bertanya lewat kotak komentar yang telah mereka sediakan.
Ikutilah tips dan trik membuat blog saya berikutnya…..

Semoga Sukses!



19 komentar:

  1. MAnteppps TIps nyaaa,,, Kunjungan Balik juga yooo... HEhehehe

    BalasHapus
  2. sudah, mas kadri. Woow, blognya sederhana banget, ya. Dan gak ada kotak komentarnya!

    BalasHapus
  3. mas. bikin blog bs pke hape ga. cos ga punxa pc. thx

    BalasHapus
  4. Bisa, mas. Sebagian kecil org memang lewat hp. Tp kayaknya hanya hp tertentu yg bisa. Soalnya utk membukan blogger terlalu berat dan sering gagal

    BalasHapus
  5. klo itu c buat blog wordpress y..klo blognya blogger.com gmna mas??

    BalasHapus
  6. Klo utk blogger sayang sekali saat ini tidak ada script yang disediakan oleh pengelola. Jadi utk belajar membuat blog pada blogger harus dilakukan secara online.
    Trims!

    BalasHapus
  7. terus gimana caranya tuk membuat Offline menjadi online

    BalasHapus
  8. Untuk melakukannya yang harus dilakukan adalah mengupload file tsb ke situs atau hosting yang telah anda beli dengan menggunakan software FTP.
    Maaf, perlu penjelasan yg panjang utk masalah ini.
    Insya Allah cara mengupload file situs ke domain dan hosting akan saya tulis kalau ada permintaan...

    BalasHapus
  9. Gan Rusdi, sy punya ide mbuat template blogspot offline. Buat wordpess dulu secara offline baru convert. Sy belum pernah nyoba, tapi kayaknya bisa. Atau kalo gak buat web biasa lalu ubah dikit2 scriptnya jadi script blogspot

    BalasHapus
  10. Great idea, bagi yang hobi otak atik script. Boleh juga idenya, tuh... trims karena mau berbagi.

    BalasHapus
  11. perlu di coba bagi pemula seperti aq

    BalasHapus
  12. wah, sangat menarik nich gan,. makasih artikelnya, ijin nyimak dulu.

    BalasHapus
  13. wah udah lama kayaknya ne..update yang terbaru donk

    BalasHapus
  14. Thanks untuk infonya bang. tp Kok setiap sy coba selalu HTTP Error 404.0 - Not Found itu kenapa yah bang ? mohon pencerehannya bang ??

    BalasHapus