Laman

Iklan

Kamis, 03 Desember 2009

Cara Membikin Bingkai Pada Foto

Dunia fotografer memang kaya akan seni dan keindahan yang dihasilkan dari jepretan kamera yang mereka gunakan. Berbagai macam cara dan gaya mereka lakukan. Dari mulai objek dan ketepatan di dalam mengambil gambar objek tertentu sampai kepada tekhnik pengeditan di komputer terhadap objek yang telah mereka dapatkan itu.

Kita menemukan bahwa terdapat berbagai macam jenis dan mode hasil foto yang sudah jadi yang biasanya dikuasai oleh fotografer. Dari yang memindah background atau latar belakang sebuah gambar. Misalnya saja sepasang pengantin yang sedang bersandar di sebuah mobil mewah padahal sebenarnya waktu itu dia sedang berada di rumah. Hanya karena keterampilan pengeditan yang dilakukan lewat komputer hal itu bisa dilakukan. Ada juga foto yang mempunyai bingkai yang bagus dan macam-macam lagi lainnya.

Kalau kita membayangkan saja, rasanya hal itu sangat sulit dilakukan. Tetapi ternyata tidak sesulit yan
g kita bayangkan, karena saat ini banyak sekali software foto editing yang beredar di pasaran bahkan di internet.

Nah, saya ingin berbagi ilmu kepada anda mengenai sedikit masalah foto editing ini. Kali ini saya ingin berbagi mengenai cara membikin bingkai pada foto.

Untuk membikin bingkai pada foto ternyata tidak sulit, anda bisa menggunakan software yang bernama PhotoScape yang bisa anda download langsung ke situsnya secara gratis. Silakan klik link ini untuk mendownload PhotoScape. Atau anda juga bisa menggunakan kata kunci download PhotoScape. Besarnya file adalah 15,4 mb.


Setelah software berhasil anda download dan sudah diinstall pada komputer anda, sekarang marilah ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik dua kali PhotoScape ikon yang ada pada desktop anda
  2. Pilih dan klik Batch editor yang ada pada bagian kanan atas programPada bagian sebelah kiri, silakan cari folder tempat anda menyimpan foto anda yang akan dibikin bingkainya
  3. Silakan klik dan drag foto ke lembar kerja dengan cara menekan mouse dan menahannya sambil menggeser kursor ke tengah.
  4. Pada bagian home, silakan klik panah drop down dan pilih jenis bingkai yang anda suka. Dalam sekejap foto anda pun sudah dapat bingkainya. Mudah bukan?
  5. Anda pun bisa mengatur pencahayaan dan efek dari foto itu dengan memilih tulisan Filter dan silakan pilih yang tepat sesuai selera anda.
  6. Jika anda ingin menambahkan tulisan, anda bisa mengklik tulisan object dan text 1 dst… Klik gambar pena yang ada di sebelah kanan untuk menuju lokasi tempat kotak isian untuk mulai menulis.
  7. Supaya gambar lebih fantasi dan asyik, anda bisa mengklik photo dan kemudian titik-titik yang ada di sebelah kanan. Silakan pilih gambar yang anda sukai.
  8. Setelah semuanya selesai, simpanlah foto yang telah anda edit dan dikasih bingkai tadi dengan mengklik tulisan convert current photo.
Selesai. Foto berbingkai anda siap dicetak.


Ini contoh foto yang telah dikasih bingkai dengan software PhotoScape.

Sebenarnya masih banyak lagi fungsi foto editing yang bisa dilakukan oleh software ini, namun karena untuk mengupas semuanya memerlukan tulisan yang banyak, maka saya cukupkan sampai di sini saja. Anda bisa mempelajarinya sendiri nanti.

Semoga sukses!

1 komentar: