Laman

Iklan

Selasa, 22 Desember 2009

Asyiknya melihat Bintang di Langit Dengan Google Earth

Cobalah keluar pada malam hari yang cerah. Pandanglah ke atas. Apa yang anda lihat? Bulan. Di belakang bulan anda juga melihat ratusan bahkan ribuan bintang bertebaran di atas langit dengan cahaya kemilaunya yang indah bak berlian yang dihamburkan. Tentunya kalau kita hayati dan pikirkan maka kita akan terkagum-kagum akan keindahan dan penciptaan alam semesta maha karya Tuhan Yang Maha Esa ini. Mungkin akan terlintas di pikiran kita, apa yang ada di balik bintang itu? Atau bagaimanakah rupa bulan dan bintang itu dalam jarak dekat? Apakah seperti bumi? Pastinya kita tidak akan dapat melihatnya hanya dengan mata telanjang. Tapi jangan khawatir. Kita dapat melihat bintang dalam jarak dekat tanpa harus keluar rumah tapi cukup duduk santai di muka komputer. Dan kita dapat merasakan asyikanya melihat bintang di langit. Bagaimana caranya?

Caranya gampang. Yang kita perlukan hanyalah sebuah software yang bernama Google Earth. Silakan download softwarenya di sini. Setelah selesai mendownload dan melakukan instalasi pada komputer anda, kini jalankan software tersebut yang telah terpajang pada desktop komputer anda dengan mengklik dua kali ikon Google Earth. Dalam waktu beberapa saat akan muncul halaman web Google Earth yang menampilkan sebuah bola kecil berwarna biru yang semakin besar dan ternyata itu adalah bumi. Untuk cara melihat bintang di langit dengan Google Earth silakan lihat trik berikut ini:



  1. Jalankan cursor ke atas halaman dan klik gambar ikon planet yang bertuliskan switch between sky and earth. Tulisan ini tidak akan muncul kecuali anda telah menaruh cursor di atasnya. Beberapa saat kemudian gambar bumi akan menghilang dan berganti dengan gambar galaksi dan bintang-bintang. Jika anda pertama kali menggunakan Google Earth, anda akan terkejut dan terpana akan apa yang anda lihat di depan mata saat ini. Betapa mudahnya kita melihat galaksi dalam jarak dekat.
  2. Untuk melihat ke satu bintang dalam jarak dekat, silakan pilih salah satu objek dan tekan mouse kiri dua kali. Dalam beberapa detik kita serasa sedang terbang dan mendekati objek bintang yang kita tuju tersebut.
  3. Untuk dapat melihat ke atas dan ke bawah atau ke sekeliling, silakan klik tulisan N dengan cara mengklik kiri mouse dan menahannya sambil memutar. Lihat gambar.
  4. Untuk bisa mencari suatu bintang atau planet tertentu silakan ketikkan pada kolom isian sebelah kiri misalnya Mars lalu klik satu kali tulisan fly, maka anda akan dibawa ke bintang yang anda maksud.
Bagaimana? Anda sudah puas melihat-lihat bintang di langit dengan Google Earth dan merasakan asyiknya petualangan mengembara ke luar angkasa? Masih ingin berpetualang ke tempat lain? Bagaimana kalau sekarang kita mengembara ke tempat-tempat yang tidak pernah kita datangi di muka bumi? Atau ingin melihat peta rumah atau kampung halaman kita sendiri? Caranya gampang.


  1. Klik kembali gambar planet bertuliskan switch between sky and earth yang ada pada bagian atas halaman. Dalam beberapa saat bola dunia bumi kita akan tampil.
  2. Untuk memulai pencarian lokasi, silakan tulis umpama Jakarta dan tambahkan koma dan setelah itu Indonesia. Lalu klik gambar kaca pembesar yang ada di sebelahnya. Ingat, selalu menambahkan Indonesia sebelum koma apabila kita menjelajah daerah yang ada di Indonesia. Begitu pula dengan luar negeri.
  3. Putar mouse ke muka untuk bisa melihat gambar lebih dekat.
  4. Andapun bisa menentukan pilihan pencarian, misalnya ingin melihat peta jalanan, tempat-tempat yang menarik, Galeri, gedung, cuaca, jalan raya dll. Caranya klik Layers yang ada pada bagian bawah lalu centang opsi yang anda inginkan.











Bumi dilihat menggunakan Google Earth

Itu saja tutorial yang bisa saya berikan. Untuk mengetahui lebih lengkapnya silakan kunjungi web yang resmi Google Earth. Selamat berpetualang dan semoga hari-hari kita selalu menyenangkan.

Related Posts:

4 komentar:

  1. haLLo kakaaak

    mw nanya nih

    Kebetulan saya sudah bisa pake readmore,,tpi saya gag bisa menghilangkan readmore pada postingan pendek,,


    jdi gmn donk?

    mohon bantuan nya yaa!

    BalasHapus
  2. Maaf, ya dek baru balas. Caranya menghilangkan readmore itu mudah aja kok. Waktu kamu baru masuk ke dasbor - entri baru, sebelum kamu menulis, silakan klik edit html terlebih dahulu. Nah, di sana akan terlihat kode script: span class dst. Hapus terlebih dahulu kedua kode yg ada di sana. Kemudian klik 'tulis'. Silakan tulis seperti biasa. Lalu terbitkan!
    Selesai! Maka tak akan ada lagi readmore1
    Gampang toh?

    BalasHapus
  3. maksudnya gimana sih radong

    BalasHapus
  4. ada ide cara liat langit atau sunset via online?

    BalasHapus