Laman

Iklan

Sabtu, 08 Agustus 2009

Beberapa Kriteria Virus Komputer

Semua orang yang pekerjaannya bergelut dengan dunia komputer sudah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya virus komputer. Semua yang kenal dengan virus komputer pasti sangat benci dan terganggu sekali dengan keberadaan yang satu ini. Tidak jarang orang jadi stress karena pekerjaannya yang telah susah payah diselesaikan harus hilang atau rusak lantaran diserang oleh virus komputer.
By the way… lalu bagaimanakah cara menanggulangi virus komputer tersebut? Jangan khawatir, masalah ini sudah saya kupas pada tulisan saya sebelumnya. Silakan klik di sini.

Pada tulisan kali ini saya hanya akan membeberkan beberapa kriteria virus komputer yang perlu anda ketahui. Silakan simak uraian di bawah ini:
Suatu program dapat dikatakan virus komputer apabila terdapat padanya beberapa kriteria sebagai berikut:

1. Kemampuan untuk menggandakan informasi
Ternyata tidak hanya manusia, bahkan virus pun sebelum menulari sebuah data, program perusak ini memerlukan daftar nama-nama file yang akan dia tulari dalam suatu directory. Misalnya saja virus makro yang akan menginfeksi semua file data MS Word akan mencari daftar file berekstensi *.doc. Di sinilah kemampuan mengumpulkan informasi itu diperlukan agar virus dapat membuat daftar/data semua file, lalu memilahnya dengan mencari file-file yang bisa ditulari. Biasanya data ini tercipta saat file yang tertular/terinfeksi virus atau file program itu sendiri dibuka oleh user. Sang virus akan segera melakukan pengumpulan data dan menaruhnya (biasanya) di RAM, sehingga apabila komputer dimatikan semua data akan hilang. Tetapi data-data ini akan tercipta kembali setiap kali virus itu diaktifkan. Biasanya data-data ini disimpan juga sebagai hidden file oleh virus tersebut.

2. Kemampuan Memeriksa Suatu Program
Suatu virus juga harus bisa memeriksa suatu file yang akan ditulari, misalnya dia bertugas menulari program berekstensi *.doc, maka dia harus memeriksa apakah file dokumen tersebut telah terinfeksi ataukah belum, karena jika sudah, akan percuma menularinya lagi. Ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan suatu virus dalam hal kecepatan menginfeksi suatu file/program. Yang umum dilakukan oleh virus adalah memiliki atau memberi tanda pada file/program yang telah terinfeksi sehingga mudah untuk dikenali oleh virus komputer tersebut. Biasanya data-data ini disimpan juga sebagai hidden file oleh virus tersebut.

3. Kemampuan untuk menggandakan diri dan menularkan diri
Ada beberapa cara yang dilakukan oleh virus untuk menulari atau menggandakan dirinya yaitu:
File yang akan ditulari dihapus atau diubah namanya. Kemudian diciptakanlah suatu file berisi program virus itu sendiri menggunakan nama file yang asli.
Program virus yang sudah dieksekusi/load ke memori akan langsung menulari file-file lain dengan cara menumpang seluruh file yang ada.

4. Kemampuan melakukan manipulasi
Rutin (routine) yang dimiliki suatu virus akan dijalankan setelah virus menulari suatu file. Isi dari suatu rutin ini dapat beragam mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang melakukan perusakan. Rutin ini umumnya digunakan untuk memanipulasi file ataupun mempopulerkan pembuatnya! Rutin ini memanfaatkan kemampuan dari suatu sistem operasi (Operating System), sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan yang dimiliki sistem operasi. Misal:
- Membuat gambar atau pesan pada monitor
- Mengganti atau mengubah-ubah label dari tiap file, direktori atau label dari drive di PC
- Memanipulasi file yang ditulari
- Merusak file
- Mengacaukan kerja printer, dsb

5. Kemampuan untuk menyembunyikan diri
Kemampuan menyembunyikan diri ini harus dimiliki oleh suatu virus agar semua pekerjaan baik dari awal sampai berhasilnya penularan dapat terlaksana
Langkah-langkah yang biasa dilakukan adalah:
- Program virus disimpan dalam bentuk kode mesin dan digabung dengan program lain yang dianggap berguna oleh pemakai
- Program virus diletakkan pada Boot Record atau track pada disk yang jarang diperhatikan oleh komputer itu sendiri
- Program virus dibuat sependek mungkin, dan hasil file yang diinfeksi tidak terlalu berbahaya ukurannya
- Virus tidak mengubah keterangan/informasi waktu satu file
- dll

Demikian. Semoga bermanfaat!

Related Posts:

Internet:

1 komentar:

  1. virus yang ada di komputer ku yang di point 3 tuh. sering banget aku ketemu file2 gak jelas, udah aku delete terus muncul2 lagi.

    BalasHapus