Laman

Iklan

Sabtu, 24 Oktober 2009

Jaminan Kebebasan Menulis Bagi Para Blogger

Masih ingat dengan kasus perseteruan Prita Mulyasari dengan pihak RS Omni Internasional Tangerang di meja hijau soal tuduhan pencemaran nama baik yang dilakukan Prita kepada RS Omni? Tentu saja anda masih ingat akan berita yang sangat memukul bagi kebebasan mengutarakan pendapat dan kritik di era demokrasi ini. Berita diperkarakannya Prita terkait dengan tulisannya yang mengkritik pelayanan pihak RS Omni ini begitu heboh dan mengguncangkan pengguna internet terutama para Blogger. Mereka pun merasa dituntut untuk lebih berhati-hati dalam menulis dan mengutarakan pendapatnya.

Seolah ingin melupakan peristiwa itu, kemarin Sabtu 24 Oktober 2009 para blogger Indonesia mengadakan pesta. Dari rakyat jelata sampai artis ternama, semua menyatu tanpa batasan strata sosial. Semuanya satu, satu semangat, satu bangsa. Tema “One Spirit One Nation” itulah yang diusung dalam Pesta Blogger 2009 yang diadakan di Gedung SMESCO di jalan Gatot Subroto, Jakarta.

"Ini untuk mengingatkan kita dan para bloggers, khususnya, untuk tetap bersatu sebagai bangsa, terlepas dari perbedaan yang kita miliki. Blog dan social media lainnya mampu melampaui batas-batas fisik, religius, maupun kultural untuk membawa kita bersatu sebagai satu bangsa, dalam satu semangat," kata Iman Brotoseno, Ketua Panitia Pesta Blogger 2009.

Ini adalah acara kopi darat (kopdar) tahunan ketiga dan diklaim sebagai Pesta Blogger yang terbesar dari jumlah peserta di Indonesia. Konon jumlah peserta kali ini mencapai 1.200 orang, termasuk musisi sekaligus pemain biola, Maylaffayza, yang tampak berbaur dengan blogger lain.

Sejak pagi, ratusan pengelana jagat maya itu sudah memadati pintu masuk tempat acara. Tak hanya peserta dari Jakarta, dari Yogyakarta, Banjarmasin, Makassar, bahkan tamu undangan dari Amerika Serikat pun datang ke acara ini. Seperti pada acara-acara kopdar lainnya, mereka memanfaatkan temu offline ini untuk saling melepas kangen. Apalagi yang dilakukan selain foto-foto bersama kawan-kawannya. Narsistis, begitulah istilahnya.

Setelah beberapa lama ha-ha-hi-hi, mereka dengan antusias memasuki ruangan yang telah disediakan. Apalagi kalau bukan menyaksikan secara langsung Menteri Komunikasi dan Informasi yang baru, Tifatul Sembiring, membuka acara tersebut.
Kabar gembiranya bagi para Blogger adalah bahwa Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring menjamin kebebasan para blogger untuk mengekspresikan pendapatnya di jagat maya. Katanya lagi blogger Indonesia sah-sah saja untuk menyampaikan kritik dan unek-uneknya asalkan tidak memfitnah pihak lain.

Tulisan di atas dirujuk dari harian Kompas. Com.

Nah, bagaimana sekarang. Kini setelah para Blogger mendapat jaminan kebebasan menulis, apa anda masih takut untuk berekspresi dan mengutarakan pendapat? Yang penting kan tidak memfitnah dan memburuk-burukkan pihak lain. Tul, gak?

Related Posts:
Cara Download Video Dari Youtube.com
Cara Mendownload Musik dan Video Pada Situs Multiply

Tips Dan Trik Ngeblog:
Cara Membuat Banner
Cara Menambahkan Situs Pada Google
Tukaran Link Yuk

Cara Membuat Drop Down Menu
Trik Baru Nan Praktis Posting di Blogger dan Wordpress
Cara membuat Read more Pada Posting Blogger
Cara Membuat Kotak Komentar Pada Blogger

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar