Laman

Iklan

Sabtu, 25 Juli 2009

Trik Baru Nan Praktis Posting Blog Di Blogger Dan Wordpress

Tahukah kamu ternyata sudah beberapa tahun ini ada cara dan trik baru yang cukup praktis untuk memposting tulisan kamu di Blogger dan Wordpress?

Waah… trik baru? Caranya bagaimana, tuh? Pengin tau doong…!

Jangan khawatir. Saya akan segera memberikan trik dan cara baru untuk memposting tulisan di blog kamu itu. Silakan pelajari dengan seksama kalau memang kamu belum mengetahui trik baru tersebut. Bagi yang sudah tahu, silakan dikoreksi atau mau menambahkan apabila trik yang saya berikan ini ada kekurangan atau kesalahan silakan saja.

Perlu anda ketahui trik baru untuk memposting blog yang saya maksud di sini menggunakan Microsoft Word 2007. Bagi yang pada komputernya sudah terinstal program tersebut dapat menggunakan menerapkan trik yang saya berikan ini. Tapi bagi yang menggunakan Microsoft Word 2003, mohon maaf tidak ada aplikasi yang mendukung trik baru berikut ini. Solusinya terpaksa anda harus membeli atau pinjam sama teman CD Office 2007 tersebut untuk diinstal di komputer kamu.

Sebelum mulai menulis blog dan mempostingnya ke blog kamu yang sudah kamu daftarkan, terlebih dahulu kamu harus menghubungkan Word 2007 kamu dengan blog Wordpress atau Blogger. Cara atau triknya adalah sebagai berikut:
1. Klik ikon Office Button yang ada di pojok kiri atas jendela Word 2007.
2. Klik ikon New
3. Setelah itu pada kotak dialog New Document, kamu akan mendapatkan bahwa saat ini opsi yang sedang aktif adalah Blank dan recent.
4. Kliklah opsi New blog post di bagian Blank and recent.
5. Klik tombol Create.
6. Akan muncul kotak dialog ‘Register a Blog Account’. Silakan tekan tombol register now.
7. Pilihlah opsi Blogger atau Wordpress di dalam kotak kombo Blog pada kotak dialog New Blog Account.
8. Tekan tombol Next
9. Masukkan nama dan kata kunci Blogger kamu di dalam kotak teks User Name dan Password. Klik tombol OK.
10. Pada kotak dialog Picture Options, pilihlah My Own Server pada kotak kombo Picture Provider.
11. Selanjutnya masukkan alamat URL Blog kamu di dalam kotak teks Upload Provider dan Source URL.
12. Setelah tahapan-tahapan di atas anda lakukan dengan benar, maka pada lembar kerja Word 2007 akan muncul teks ‘Enter Post Title Here’. Maksudnya masukkan judul postingan kamu di sini. Sekarang kamu bisa menuliskan materi postingan apa saja di sini. Yang membuat trik ini menjadi praktis adalah sekarang kamu tidak perlu lagi mengkoneksikan komputer kamu dengan internet. Kamu bisa menulis secara offline. Hal ini tentunya akan menghemat biaya koneksi internet kamu.
13. Jika sudah selesai menulis isi posting blog kamu, dan kamu ingin mempublish tulisan itu sekarang maka kamu harus mengkoneksikan kembali komputer kamu dengan internet.
14. Klik Tab blog Post, kemudian tekanlah ikon Publish.
15. Masukkan User Name dan kata sandi kamu. Tekan Yes.
16. Beberapa saat kemudian muncul garis warna kuning dengan teks yang mengkonfirmasikan bahwa blog tersebut telah berhasil dipublishkan ke dalam blog kamu.
17. Selanjutnya kamu bisa mengecek di dalam blog kamu untuk memastikan bahwa posting kamu telah berhasil terpublikasi dengan menekan tombol Home Page di dalam Tab Blog Post.
18. Selamat. Kini kamu telah berhasil mempublikasikan tulisan kamu pada blog dengan cara dan trik baru yang lebih praktis ini.

Semoga sukses!



7 komentar:

  1. Nice tips, sayang selama ini saya blogging dgn menggunakan handphone, jd gak bisa menerapkan trik dari mas rusdi :(. Yah. . .gak pa2 lah, suatu saat pasti berguna.
    Thanks for share^^

    BalasHapus
  2. Wah, apa nggak capek mencetnya, tuh, kalo blogging pake hp?

    BalasHapus
  3. wah new tips nie..
    nice tips mas.. thanks ya..

    BalasHapus
  4. Makasih infonya ya ...!
    Tolong dong kasih tahu, caranya agar gambar-gambar, rumus-rumus (yang saya buat di equation) dan tulisan word art yang saya buat secara offline bisa dipublish.
    Saya udah coba, tapi ketika saya publish, diblog saya tidak muncul, yang keluar hanya teks-nya saja. Makasih atas bantuannya...!

    BalasHapus
  5. Penyebab gambar atau rumus-rumus yg telah kita buat pd program Word gak bisa di publish itu karena aplikasi yg tersedia pada blogspot tidak mendukung.
    Sedangkan untuk tulisan word Art agar bisa dipublish pada blogspot, maka ibu harus merubah formatnya menjadi Jpeg dgn bantuan Photoshop.
    Semoga berhasil!

    BalasHapus
  6. terima kasih atas sarannya

    BalasHapus
  7. I'm really enjoying the design and layout of your website.
    Qassim & QU

    BalasHapus