Laman

Iklan

Rabu, 15 Juli 2009

Cara Mengubah Bahasa Toko Online Oscommerce Ke Bahasa Indonesia

Selamat bagi anda yang sudah mempunyai toko online dan telah menjalankan usahanya berdagang lewat internet yang sekarang kayaknya sedikit-demi sedikit mulai trend di Indonesia.

Walaupun cara bertransaksi melalui internet dan toko online cukup mudah, akan tetapi bagi sebagian orang yang tidak mahir bahasa Inggris akan mengalami kesulitan untuk memahami cara melakukan transaksi produknya karena bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Bahkan sebagian lagi ada yang menggunakan kurs dolar sebagai mata uangnya. Hal ini tentu akan menyulitkan pembeli.

Memang, karena script toko online yang digunakan menggunakan script produk luar negeri, jadinya bahasa yang digunakan menggunakan bahasa Inggris. Tetapi jangan khawatir, hal ini dapat diatasi dengan mudah karena seben
arnya bahasa toko online khususnya oscommerce bisa diubah ke bahasa Indonesia tulen. Bagaimana cara mengubahnya ke bahasa Indonesia? Ikuti trik berikut ini:

1. Anda harus mempunyai script file oscommerce terjemahan ke bahasa Indonesia dengan cara mengunduhnya pada alamat: www.oscommerce.com/community/contributions dan kemudian di upload pada folder admin/includes/langu
ages.
2. Lakukanlah settingan perubahan bahasa dengan cara login sebagai admin dan klik localization – languages. Isikanlah kolom isian sesuai dengan gambar di bawah ini:

3. Klik Update. Selamat! Anda telah berhasil mengganti bahasa toko online anda ke dalam bahasa Indonesia.

Lalu bagaimanakah caranya mengubah mata uang dollar ke dalam rupiah? Caranya ikutilah petunjuk di bawah ini:

1. Masih pada admin oscommerce anda, kli
k localization – Currencies. Isikanlah kolom isian sesuai tulisan yang ada pada gambar di bawah ini, kecuali pada kolom value, isikan dengan angka 9000:

2. Klik update. Kini silakan refresh browser anda.
3. Selamat. Kini anda telah berhasil mengubah mata uang dollar ke dalam rupiah.

Teruslah berkarya. Jangan menyerah pada satu kali kegagalan. Ingat! Kegagalan adalah langkah awal menuju sukses!

Related Posts:
Beberapa kelebihan dan keuntungan berbisnis menggunakan e-commerce
Cara mengganti template toko online os commerce
Cara mempromosikan website toko online
Trik belajar membuat toko online secara offline
Panduan membuat toko online

Konfigurasi pembayaran dan pengiriman barang pada toko online oscommerce
Cara menginstal toko online oscommerce

15 komentar:

  1. om untuk update mata uang dari dollar ke indonesia itu berarti harus sering mengupdate nilar tukar dolar ke rupiah ya ??

    BalasHapus
  2. Waah repot dong mas Hengki kalau harus begitu.
    Saya rasa itu gak perlu. Lagian selisih nilai tukarnyakan gak banyak. Terkecuali bagi anda yang melakukan bisnis dengan nilai mencapai puluhan juta atau lebih. Nah, yg begini sangat perlu diupdate karena nanti selisihnya jadi sgt buanyaaak, dong!
    Ini menurut saya. Gak tau apa pendapat pembaca yang lain..........!

    BalasHapus
  3. Salam kenal mas, saya sampai di blog ini karena sedang mempelajari os commerce tugas dari kampus.

    saya udah berhasil mengganti bahasa dan currency nya mengikuti panduan di blog ini.

    Nah, yang lagi saya cari sekarang, cara menghilangkan pesan kesalahan yg muncul diatas halaman itu mas.

    ama mengganti text default yg ada di halaman pertama.

    Terima kasih

    BalasHapus
  4. Memang pada halaman pertama Oscommerce kita harus mengganti isi text tulisan yang tersedia dengan tulisan milik kita sendiri yang sesuai dengan jenis produk dan tata belanja yang akan kita lakukan. Untuk mensetting ini, silakan buka admin - tools - define language - index.php. Nah di sinilah tulisan di atas diubah dengan tulisan anda sendiri. Tentu saja tulisan yg tersedia menggunakan bahasa HTML, salah sedikit akan merusak semuanya. Back up dulu tulisan yg tersedia dengan menggunakan notepad agar lebih aman. Terima kasih kembali.

    BalasHapus
  5. Sebelum menguploadnya, anda terlebih dahulu harus mengunzip folder tersebut dan menaruh bahasa serta script Indonesia ke dalam admin/includes/languages.
    Trims

    BalasHapus
  6. salam kenal...
    mohon pencerahan, saya sudah mengikuti langkah2 di atas untuk mengubah default currency.

    pada tampilan di http://localhost/namatoko/catalog/admin sudah berubah ke 'Rp' tp pada tampilan di http://localhost/namatoko default currency-nya masih dollar...kenapa ya?? aneh??

    terima kasih

    BalasHapus
  7. Apabila anda sudah yakin tidak ada melakukan kesalahan, maka mungkin penyebabnya adalah karena file script oscommercenya tidak lengkap waktu mengcopy ke C:\Program Files\xampp\htdocs. Saran saya coba lakukan pengcopyan ulang. Akan tetapi dengan melakukan hal ini maka anda harus melakukan konfigurasi install dari awal.
    Terima kasih!

    BalasHapus
  8. Langsung aja ya mas...saya punya toko online, www.jualalkes.com. Tapi masih kesulitan mengganti bahasanya menjadi bahasa Indonesia. Pertanyaan saya adalah,folder admin/includes/languages itu kalau di os commerce letaknya dimananya ya...saya sudah download script file oscommerce terjemahan ke bahasa Indonesia di www.oscommerce.com/community/contributions, dan sudah saya ekstrak. Didalamnya ada sebuah folder Indonesia dan sebuah file Indonesia.php. Tinggal upload yang saya belum bisa (kalau file Indonesia.php kemungkinan bisa di upload, tapi kalau file Indonesia apakah bisa di upload?)...sekian dari saya, terimakasih semuanya...maaf maklum masih newbie...he he he..

    BalasHapus
  9. www.oscommerce.com/community/contributions ,BAHASA INDONESIANYA DIMANA MAS CUK?
    KOK NGGAK KETEMU

    BalasHapus
  10. Makasih infonya gam, barusan saya cari di google dengan kata kunci "tip os commerce rupiah" ternyata anda berhasil jadi no1, mantaap.
    untuk mnggnti bahasa dan rupiah, di situs saya yg baru di http://anekajasa.bejomu.com/

    BalasHapus
  11. PUSING MAU NGEUPLOADNYA YANG MANA, NGETDOWNLOAD FILENYA JUGA GK KETEMU :(

    BalasHapus
  12. Tutorialnya masih sangat jauh dari harapan.... Sepertinya copas juga nih...

    BalasHapus
  13. punyaku eror untuk admin panelnya, duh..

    BalasHapus