Laman

Iklan

Selasa, 14 Juli 2009

Cara Membuat Blog Pada Blogspot

Akhir-akhir ini penggunaan istilah blog sangat terkenal di dunia internet. Hampir setiap pengguna internet di seluruh dunia tahu apa itu blog. Dan sebagian besar dari mereka telah menjadi pengguna blog itu atau dalam istilah dunia maya disebut dengan blogger.

Blog tidak jauh berbeda dengan website. Perbedaannya hanya kalau website atau situs menyediakan informasi satu arah saja bagi pengunjungnya, sedangkan blog menyediakan informasi secara dua arah, maksudnya para pengunjung pun bisa memberikan komentar tentang artikel atau tulisan yang telah disediakan oleh pengelola atau admin. Nama atau istilah lain dari blog adalah CMS atau Content Management Sistem. Sedangkan orang yang mempunyai blog disebut dengan blogger.

Semakin lama semakin banyak jenis blog yang bertebaran di internet, dari yang gratis sampai yang berbayar. Untuk versi gratisnya ada dua macam penyedia layanan ini yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan orang, yaitu ‘Blogspot dan Wordpress.’
Lalu bagaimanakah cara membuat blog pada Blogspot? Baiklah simak baik-baik di bawah ini:

1. Sebelum mendaftarkan diri pada blogspot, pertama-tama yang harus anda punyai adalah sebuah email pada Google atau Gmail.

2. Setelah anda mempunyai akun Google atau sudah punya email dari Gmail, maka cara berikutnya adalah anda masuk ke alamat www.blogger.com.

3. Klik tulisan ‘Ciptakan Blog Anda’. Nah, sampai di sini anda di minta untuk mengisi kotak-kotak isian yang telah disediakan. Isilah sesuai dengan perintah yang diberikan. Setelah semua terisi, centang tulisan saya menerima persyaratan dan layanan dan diteruskan dengan mengklik tulisan ‘lanjutkan’.

4. Langkah selanjutnya anda diminta untuk memberi nama blog anda. Isilah sesuai dengan keinginan anda. Misalkan saja namanya: ‘Berbagi Pengalaman, atau Tips Blog atau Tips Sukses’ dan lain-lain sesuai kehendak dan tema yang anda kuasai. Berikutnya anda diminta untuk memberi alamat blog anda. Contoh: http://tipssukses.blogspot.com atau anda pun juga bisa memberi alamat dengan http://namaanda.blogspot.com. Dalam hal ini, saya pribadi telah memberi nama blog saya ini dengan nama saya sendiri, yaitu: http://ahrusdi.blogspot.com. Oh, ya perlu diingat bahwa pemberian alamat tidak akan berhasil apabila alamat yang anda diberikan itu sudah digunakan oleh orang lain. Solusinya adalah anda harus mencari nama yang lain. Klik tulisan lanjutkan.

5. Langkah berikutnya adalah memasuki tahap yang terakhir pada cara membuat blog pada blogspot atau blogger ini yaitu memilih tampilan atau template. Centang salah satu template gratis yang disediakan oleh blogspot yang anda suka lalu klik tulisan lanjutkan. Setelah semuanya selesai, maka muncul pesan: “Blog anda telah diciptakan.” Dengan begini berarti anda telah selesai membuat blog pada blogspot. Sekarang yang harus anda lakukan adalah mengisi blog anda dengan artikel yang telah anda siapkan.

6. Apabila anda sudah keluar dari blogger, dan pada lain waktu ingin kembali lagi memberi tulisan pada posting blog anda, maka caranya adalah anda ketikkan alamat www.blogger.com pada browser anda lalu sign in menggunakan alamat Gmail kamu. Klik tulisan entri baru. Silakan tulis artikel yang telah anda siapkan pada kotak isian.


Selamat bekerja

Semoga sukses!









1 komentar:

  1. Salam kenal sobat.
    saya ingin menawarkan kepada anda untuk berbisnis atau mencari uang tambahan lewat internet, meskipun hasil yang kita peroleh pada awalnya tidak terlalu banyak tapi jika anda benar-benar berniat melakukannya maka hasil yang dapat kita peroleh bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Bila anda berminat, maka lakukan promosi dengan cara yang saya lakukan. Tapi bila anda terganggu dengan komentar saya, silahkan delete saja.
    silahkan klik link dibawah ini jika anda berminat
    KOMISI GRATIS

    BalasHapus