Laman

Iklan

Sabtu, 11 Juli 2009

Trik Belajar Membuat Toko Online Secara Offline

Webstore atau toko online saat ini terus berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat. Tidak hanya di luar negeri, bahkan di dalam negeri sendiri pun toko online banyak dipergunakan orang. Toko online memberikan kemudahan bagi orang yang ingin melakukan transaksi tanpa harus meninggalkan rumah dan terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Segala macam produk bisa diperjualbelikan melalui toko online, misalkan saja buku, elektronik, pakaian, aksessories, peralatan rumah tangga bahkan sampai kepada usaha di bidang jasa pun bisa dilakukan dengan memanfaatkan web toko online tersebut.

Untuk membuat toko online bagi pemula tidak semudah membuat blog atau situs biasa seperti Wordpress atau Blogspot. Dibutuhkan waktu yang agak lama untuk mempelajari dan memahami trik-trik dalam membuat toko online. Untuk belajar membuat toko online sambil menghubungkan komputer ke jaringan internet tentu akan banyak menghabiskan biaya koneksi internet. Lalu apakah ada cara arau trik belajar membuat toko online dengan biaya koneksi internet yang murah?


Jawaban dari pertanyaan di atas tentu saja jawabannya ada. Bahkan yang lebih menggembirakan adalah anda tidak perlu harus mengeluarkan biaya koneksi internet sama sekali. Caranya……? Kini anda bisa belajar membuat toko online atau bahkan
Blog secara offline. Ikutilah trik belajar membuat toko online secara offline yang saya uraikan di bawah ini:

Software Yang Dibutuhkan:

Instalasi aplikasi pendukung toko online atau blog agar toko online bisa dijalankan di komputer menggunakan software-software antara lain (pilih salah satu) :
Xampp (http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html)
Appserv (http://www.appservnetwork.com/)
PHPTriad (http://download.cnet.com/PHPTriad/3000-10248_4-10048390.html)

Script toko online
Di internet terdapat banyak sekali script toko online yang bisa anda download baik yang versi berbayar atau gratis. Contoh yang gratis (pilih salah satu):
Oscommerce.com
Zen-Cart.com
Virtuemart.net
Bosscart.com
Commerce-cgi.com
Dll….

Pada trik belajar membuat toko online secara offline kali ini saya menggunakan software xampp untuk membuat database toko online dan script toko online menggunakan Oscommerce.
Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah:

1. Install file xampp yang telah anda download pada komputer anda. Setelah instalasi selesai, klik finish dan akan muncul kotak dialog yang menanyakan apakah anda ingin menginstal XAMPP servers? Pilih No.
2. Berikutnya pilih Yes untuk melakukan setting awal control panel XAMPP.
3. Klik start pada Apache dan MySQL, lakukanlah hal ini tiap kali anda akan menjalankan aplikasi Oscommerce, jika tidak maka toko online yang anda buat tidak akan tampil pada browser secara offline.
4. Jika anda menggunakan Operating System Windows XP maka setelah menekan START akan muncul Windows security Alert. Pilih UNBLOCK agar bisa mengaktifkan aplikasi toko online anda.
5. Copy Script Oscommerce ke dalam C://Program files – Xampp – htdocs. Anda bisa mengganti nama folder Oscommerce menjadi toko online atau terserah anda.
6. Aktifkan browser anda. (Ingat, sebelumnya anda harus mengaktifkan XAMPP dan klik START pada Apache dan MySQL). Tuliskan pada browser anda: http://localhost/xampp/phpmyadmin/. Enter!
7. Tuliskan pada kotak Create new database nama folder oscommerce atau yang sudah anda ganti dengan nama lain tadi. Klik tulisan Create. Kini anda sudah mempunyai sebuah database yang masih kosong.
8. Selanjutnya tuliskan pada browser anda: http://localhost/oscommerce/install/. Ingat tulisan oscommerce harus diganti dengan nama database sesuai yang anda buat pada database tadi. Ikutilah petunjuk yang diberikan selanjutnya.


Selamat! Kini anda telah berhasil menginstall toko online menggunakan script oscommerce secara offline pada komputer anda. Langkah selanjutnya adalah melakukan setting toko online sesuai kehendak anda. Ikutilah tips dan trik membuat toko online saya berikutnya…..

Semoga Sukses!

14 komentar:

  1. Gak bisa diinstall gan.. mentok disini http://localhost/oscommerce/install/.
    Gimana selanjutnya..

    BalasHapus
  2. pastikan bahwa nama scriptnya sesuai dengan yang kamu tulis pada browser. Bila script oscommercenya diganti namanya maka harus diganti pula yang didatabase dan tuliskan nama itu pada browser.
    semoga berhasil

    BalasHapus
  3. masih bingung..... maklum newbie.

    BalasHapus
  4. Pass saya sedang belajar membuat toko online, jadi senang membaca article ini tambah ilmu. Praktek dulu ah...

    BalasHapus
  5. scrip oscommerce seperti apa.. tetep ajah ga bisa diinstal.

    BalasHapus
  6. sip, thanks infonya
    its works

    BalasHapus
  7. saya udah coca, tapi masih ga bisa aja. padahal saya pengen baget tau cara membuat toko online

    BalasHapus
  8. wah artkel singkat yg padat. sy suka sekali artkel ttg pembuatan website. kebetulan sudaj bisa jadi comment aja sbg apresiasi

    salam!

    BalasHapus
  9. untuk upload secara online bigimana gan,masih newbie jadi bingung duluan ane

    BalasHapus
  10. tips dan trikyang anda berikan pada web inisangat bermanfaat sekali semoga website anda sukses dan bisa banyak menarik pengunjung sehingga traffik website pun bisa ikut naikotomatis akan membuatwebsite bisa menjadiperingkat 1 di gogle dan puas deh semua hasil optimasinya websitenya

    BalasHapus
  11. untuk toko online yang lebih mudah lagi tanpa membuat website bisa gabung di www.shopious.com . Pusat toko online terlengkap dan teraman :D bisa punya website sendiri disana :D

    BalasHapus
  12. alhamdulillah sangat jelas informasinya.
    mungkin ada beberapa website toko online yang saya rekomendasikan. seperti LoeBeli - Aneka Fashion dan Barang Lucu Murah yang menjual barang2 unik dan menarik. transaksinya jelas dan tidak membohongi. karena saya berkali2 order ke situ dan barangnya pasti sampai ke rumah saya. contohnya saya beli hijab untuk calon istri saya, yang saya lakukan adalah melihat websitenya : LoeBeli - Aneka Fashion dan Barang Lucu Murah lalu saya bbm adminnya trus saya transfer 2 hari kemudian nyampe deh kerumah saya....

    :D
    librarygambar - kumpulan gambar unik

    BalasHapus
  13. Mau jualan online dengan mudah? Pelajari dulu tips Membuat Toko Online dengan Jejualan.com Platform Online Shop NO 1 di Indonesia

    BalasHapus