Laman

Iklan

Minggu, 19 Juli 2009

Beberapa Kelebihan dan Keuntungan Berbisnis Menggunakan E-commerce

Salah satu di antara rahasia bisnisman yang sukses adalah bahwa mereka selalu mengikuti perkembangan zaman dan trend pasar. Sebagaimana diketahui bahwa pada saat ini kita sedang berada di zaman serba maju dan teknologi yang semakin canggih. Gaya hidup semua manusia di dunia ini pun ikut berubah. Dalam hal bisnis, perkembangan transaksi kebanyakan orang, terutama di negara yang telah maju sudah mulai berubah. Pada saat ini marak dilakukan transaksi yang bisa dikerjakan secara online tanpa harus saling mengenal dan melihat antara penjual dan pembeli atau yang lebih trendnya dengan sebutan E-commerce atau electronic commerce. Apakah E-commerce itu? Berikut adalah definisi dari beberapa pakar ahli:

1. Berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet. (Whatis.com)
2. Menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet (E-commerce.Net).
3. Suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E.Johnson).

Lalu apa sajakah kelebihan dan keuntungan berbisnis menggunakan E-commerce tersebut? Jangan ke mana-mana. Teruskan membaca kelanjutannya di bawah ini:


Kelebihan Berbisnis Menggunakan E-commerce

Akses Tanpa Batas
Berbisnis menggunakan E-commerce menjadikan target marketing atau pasaran produk yang akan dijual tanpa batas. Hanya dengan bermodalkan sebuah URL yang terdaftar pada beberapa mesin pencari atau Serch Engine menjadikan sebuah web bisnis bisa dikunjungi oleh semua orang di seluruh dunia tanpa mengenal jarak dan waktu, bahkan bisa terus mendatangkan penghasilan 24 jam nonstop.

Memperpendek Jarak
Melakukan bisnis secara off line sudah barang tentu orang harus berada di tempat barang yang akan ditransaksikan itu berada. Bayangkan saja, untuk membeli sebuah produk orang harus pergi ke pasar dengan jarak tertentu dan terkadang harus melewati berbagai kemacetan lalu lintas karena padatnya jalan. Belum lagi satu produk yang tidak tersedia di suatu daerah dan untuk membelinya orang terpaksa harus pergi ke luar daerah tersebut, bayangkan berapa ongkos yang harus dikeluarkan dan berapa banyak waktu yang terbuang.
Berbisnis dengan menggunakan E-commerce membuat jarak yang tadinya jauh menjadi sangat dekat. Bahkan orang bisa melakukannya dari sebuah kamar tidur dan hanya bermodalkan sebuah komputer yang terhubung ke internet. Transaksi bisa dilakukan secara online dan pembayaran dilakukan secara transfer antar bank. Dalam beberapa hari barang akan sampai ke rumah karena menggunakan jasa perusahaan pengiriman barang.

Bekerja 24 Jam
Jangan kuatir. Bukan anda yang bekerja 24 jam, tapi toko online anda. Anda setiap hari hanya memerlukan sedikit waktu untuk bekerja. Tugas anda hanyalah memeriksa pesanan yang masuk dan melakukan pengiriman barang.

Keuntungan Berbisnis Menggunakan E-commerce

Murah dan Efisien
Untuk mulai melakukan bisnis online tidak diperlukan modal besar yang mencapai ratusan juta rupiah seperti yang dilakukan oleh bisnisman yang harus menghabiskan tabungannya hanya untuk membeli sebuah tempat atau toko. Belum lagi harus menyediakan produk yang akan dijual. Tentu tak terhitung dana yang harus dikeluarkan.
Berbeda sekali dengan berbisnis secara online. Dengan bermodalkan hanya beberapa ratus ribu rupiah, orang sudah bisa memiliki sebuah toko di internet yang dapat diisi dengan berbagai produk yang akan dijual.
Lebih untung lagi adalah bahwa orang tidak wajib memiliki barang yang akan dijual dan telah dipajangnya pada toko online tersebut. Lho? Jangan heran. Anda pun bisa hanya dengan mempunyai sebuah gambar dan menguploadnya ke toko online anda. Barang tersebut akan anda punyai setelah ada orang memesannya dengan cara membelinya di toko langganan anda. Paham?

Menghemat Uang
Benar. Bahkan hanya dengan bekerja sendiri pun anda bisa melakukan bisnis E-commerce ini tanpa bantuan seorang pun karyawan. Anda cukup memeriksa pesanan yang masuk dan mencek kebenaran transfer uang pembeli. Setelah itu anda bisa menghubungi perusahaan jasa pengiriman barang untuk mengantarkan pesanan ke tempat pembeli. Tentu hal ini akan menghemat uang anda karena tidak ada karyawan yang harus anda gaji tiap bulannya.


Naah…. bagaimana setelah anda membaca tulisan di atas? Anda tertarik untuk memulai bisnis online?
Teruslah belajar dan berusaha. Pantang menyerah.
Semoga sukses!

2 komentar:

  1. So Great..
    Mau bertanya nih Boss..
    Gimana cara menambah YM di OsCommerce..??
    adakah sidebar seperti di wordpress atau blogger..
    mohon pencerahan..

    BalasHapus
  2. Aku beberapa kali berkunjung ke oscommerce toko online org lain dan memang ternyata ada sidebarnya. Utk cara menambahkannya mohon maaf, aku sendiri belum tau caranya. Aku juga mau belajar hal ini, apa ada yang mau memberitahu caranya?

    BalasHapus