Laman

Iklan

Selasa, 21 Juli 2009

Konfigurasi Pembayaran dan Pengiriman Barang Pada Toko Online Oscommerce

Alhamdulillah, akhirnya jadi juga saya menulis konfigurasi pengiriman dan pembayaran barang toko online oscommerce ini yang merupakan permintaan dari pembaca blog ini yaitu permintaan dari mas Ryan.

Memang jarang ditemukan blogger yang mau mengupas habis masalah konfigurasi menyeluruh toko online oscommerce atau lainnya dikarenakan panjangnya pembahasannya, dan karena alasan tertentu. Ada yang mau mengupas, tapi tidak tuntas. Untuk menuntaskan pembahasannya, pengunjung diharuskan membeli e-book atau buku pada situs mereka.


Berikut sedikit demi sedikit saya akan mencoba mengupas masalah konfigurasi pembayaran dan pengiriman Barang pada toko online Oscommerce:

Konfigurasi Metode Pembayaran Oscommerce
Metode pembayaran yang kebanyakannya dipakai pembeli dan mudah diakses akan membuat transaksi bisnis menjadi lebih efektif. Untuk mengaktifkan metode pembayaran, log in sebagai admin oscommerce, klik modules – Payment modules. Silakan pilih metode pembayaran yang anda inginkan. Setelah anda mengklik metode pembayaran pilihan anda, lalu kemudian klik install pada bagian sebelah kanan halaman.
Akan muncul tanda 0 pada metode pembayaran tersebut apabila anda sudah mengklik install. Untuk menghapus metode pembayaran itu, klik remove. Klik edit untuk mengedit jika menginginkan perubahan.

Perlu untuk diketahui agar anda melihat dua pilihan yang akan digunakan, yaitu Transaction Mode dan Sort order of display. Transaction mode digunakan untuk mengecek apakah link pembayaran sudah benar atau pada saat toko online belum diaktifkan. Saat sudah siap online, gunakan pilihan Production.

Sort order of display akan menampilkan urutan pilihan pembayaran dengan 0 sebagai pilihan utama.

Konfigurasi Pengiriman Barang
Masuk sebagai admin. Klik Modules – Shipping modules. Silakan pilih dengan mengklik metode shipping modules yang anda inginkan. Klik install. Untuk melakukan perubahan, klik edit.
Beragam pilihan metode ongkos pengiriman barang. Anda bisa menentukan salah satunya sebagai pilihan anda.

Hanya di sini saja mengenai konfigurasi pembayaran dan pengiriman barang pada toko online oscommerce. Anda bisa menambahkan kekurangannya pada kotak komentar.

Teruslah belajar dan berusaha. Jangan mudah putus asa.
Semoga sukses!

2 komentar:

  1. saya ingin membuat toko online, misalkan produknya jenang/ wajik, tp saya masih bingung, untuk cara pengiriman barang dan biayanya, apakah kita langsung bawa barang ke kantor pos lalu bayar gitu? atau kita sebelumnya harus kekantor pos utk kerja sama gitu?
    dan apakah tarif yg tertera di web nya pos ,sama dg tarif yg dibayar di kantor posnya?

    BalasHapus
  2. dalam kasus konfigurasi dan pengiriman barang yang kita pesan di toko online pada saan ini sangat meudah dan tidak perlu utuk kita mengambil barang di kantorpos lagi jadsa ter sebuat akan mengirimkan paket barang langsung kerumah ., akan tetapi ketentuan pembayaran yang harus kita lakukan n\bila kita membeli barang di media online yaitu dengan membayar barang yangkita beli+bersama harga pengiriman., begitu yang saya tau

    BalasHapus