Halaman

Iklan

Rabu, 29 Juli 2009

Beberapa Aspek Penting Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Sebuah Blog

Pada saat ini untuk membuat sebuah website atau blog sangatlah mudah. Semua orang pun bisa melakukannya asalkan mereka mau mencobanya dan belajar sedikit sudah bisa. Banyaknya penyedia tool-tool untuk membuat blog di internet seperti blogger dan Wordpress menjadikan semuanya sangat gampang. Hanya dengan melakukan beberapa kali klik, maka sebuah blog akan tercipta.
Yang biasanya menjadi masalah oleh sebagian blogger adalah mengenai kontent blog dan mendatangkan traffic kunjungan yang banyak ke blog mereka. Untuk melakukan hal ini dibutuhkan kesabaran dan ketekunan serta beberapa aspek yang akan saya uraikan di bawah ini yang tentu saja semua ini mempengaruhi sikap pengunjung ke sebuah blog. Simaklah aspek-aspek penting dalam membuat sebuah blog yang saya maksudkan itu:

Kecepatan Loading Blog

Sangat penting anda perhatikan bahwa umumnya pengunjung ingin mendapatkan informasi secara cepat meskipun tampilan websitenya biasa-biasa saja. Jika terlalu lama untuk meloading atau membuka sebuah blog atau situs, maka para pengunjung akan merasa tidak nyaman dan langsung menutup halaman itu. Ingatlah bahwa tampilan website yang menarik dengan berbagai aplikasi yang digunakan tentu akan menyebabkan loading blog semakin lamban. Apa gunanya mempunyai sebuah blog dengan desain yang bagus, tetapi sepi pengunjung? Klik di sini untuk tips mempercepat proses loading blog.

Navigasi

Berilah pengunjung blog anda kemudahan untuk menjelajah blog anda. Taruhlah tombol-tombol navigasi yang berfungsi untuk mempermudah mereka dalam mencari informasi pada blog anda. Beberapa format navigasi yang bisa digunakan di antaranya: Papan navigasi, tombol, link, peta situs, Fasilitas pencarian, grafik.

Konsep Penulisan

Biasanya pengunjung yang sedang mencari informasi di internet melalui sebuah blog atau situs tidak akan mau berlama-lama membaca atau tidak mau membaca seluruh tulisan yang ada. Begitu mereka menemukan informasi yang mereka cari atau tulisan yang ada tidak begitu mengena dengan apa yang mereka maksudkan, pengunjung akan cepat-cepat kabur ke tempat lain. Oleh karena itu tidaklah efektif apabila informasi yang disajikan pada sebuah blog terlalu panjang dan berkesan berbelit-belit. Justru tulisan yang to the point dan ringkaslah yang sangat cocok disajikan dalam sebuah blog. Jadi janganlah buang-buang waktu anda dengan menulis artikel yang panjang pada sebuah halaman blog.

Mudah diakses

Adalah suatu hal yang sangat penting dipertimbangkan mengenai kemudahan dalam mengakses blog tanpa harus membedakan browser, sistem operasi, plug in dan lain-lain. Apabila website mudah diakses oleh pengunjung, maka hal ini akan membuat website atau blog anda mempunyai jumlah pengunjung yang banyak. Anda perlu menguji akses ke blog anda dengan menggunakan browser berbeda karena setiap browser mempunyai kemampuan akses yang berbeda-beda.

Grafik

Grafik sangat penting dalam sebuah blog, karena memiliki beberapa fungsi. Tapi perlu diingat, jika terlalu banyak menggunakan grafik, kemungkinan blog kita akan menimbulkan berbagai masalah. Usahakanlah menggunakan grafik seperlunya saja karena akan menambah waktu ketika pengunjung mendownload artikel yang diinginkan mereka.

Teknologi Terkini

Sebagai seorang blogger handal apalagi sebagai seorang web developer, tentu saja anda harus mengikuti perkembangan di dunia maya agar ketika merancang blog tidak timbul masalah akibat penggunaan teknologi yang sudah kadaluwarsa.

Demikianlah beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah blog yang bisa saya tulis di sini. Segala kritik dan saran akan saya terima dengan lapang dada. Selamat bekerja. Semoga sukses!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar