Laman

Iklan

Rabu, 15 Juli 2009

Cara Menginstal toko online oscommerce

Berikut ini adalah kelanjutan dari postingan terdahulu. Bagi yang belum membacanya, silakan klik di sini untuk mempelajarinya.

Cara menginstal toko online oscommerce di komputer sebenarnya tidak terlalu sulit. Hanya diperlukan sedikit tips dan panduannya yang akan saya uraikan di bawah ini.

Setelah nama database dibuat, script oscommerce dapat diinstal pada komputer seca
ra offline dengan cara mengcopy script oscommerce ke dalam folder: c:\program files\xampp\htdocs terlebih dahulu. Pastikan nama folder oscommerce telah anda ubah atau sesuaikan dengan nama database yang telah anda buat sebelumnya. Untuk melakukan instalasi toko online oscommercenya ikuti langkah-langkah ini:

1. Ketikkan alamat: http://localhost/oscommerce/install/ di browser anda. Tekan enter. (Ingat, nama oscommerce harus disesuaikan dengan nama database yang telah anda buat dan sesuai dengan folder yang anda copy kan tadi).
2. Kalau sudah benar, maka akan keluar tampilan halaman muka oscommerce. Klik continue.
3. Selanjutnya setting database dengan mengisi server username, password dan nama database. Database server isi dengan localhost, username: root, Password: kosongkan saja, Database name: oscommerc
e. Klik continue.
4. Klik Continue sekali lagi lalu isikan setting umum toko online. Setelah selesai diisi semuanya, sekarang… klik continue laaaagi deh..
5. Instalasi toko online oscommerce sudah selesai. Kalo mau melihat halaman depan toko online klik catalog. Ini contoh gambarnya:










Oh, ya. Kalo mau menjalankan toko online ini secara offline, maka kamu harus mengaktifkan aplikasi xampp terlebih dulu dengan mengkliknya dua kali dan menekan start pertama dan kedua. Setelah itu buka browser kamu dan ketikkan alamat: http://localhost/oscommerce/. Untuk membukan halaman administrator, ketikkan alamat ini: http://localhost/oscommerce/admin/.

Oke, sekarang bagaimana caranya agar kita bisa memasukkan gambar produk yang akan dijual di toko ini?

1. Masuklah sebagai admin dan isikan username dan password anda.
2. Klik catalog – new category. Isi sesuai dengan jenis produk barang anda.
3. Klik nama category yang telah anda buat tadi. Lalu new product. Isilah product description dengan gambaran tentang produk yang akan anda jual itu.
4. Nah, sekarang anda bisa bebas memasukkan gambar produk barang anda.

Sampai di sini saja penjelasan tentang cara instalasi toko online oscommerce. Untuk berikutnya silakan anda pelajari sendiri dengan tekun. Saya akan kembali melanjutkan memposting masalah ini apabila banyak permintaan.

Selamat bekerja
Semoga sukses.







10 komentar:

  1. Bro, kalo masalah instalasi udah banyak dibahas diblog lainnya...

    yang belum ada adalah customisasi oscommerce sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelaku ecommerce diindonesia....

    bisa bantu ngak baik itu masalah pembayaran ato biaya pengirimannya.

    Thanks

    BalasHapus
  2. He..he..he.. baru satu permintaan, nih.
    Emang, sih mas Ryan untuk masalah kustomisasi itu jarang dibahas oleh blogger Indonesia. Habisnya.. kalau mau dibahas semua memerlukan pembahasan yang panjang, sih. Biasanya untuk masalah kustomisasi mereka mau menjelaskannya, tapi anda harus membeli buku mereka dulu. he..he! Tapi jangan khawatir, Insya Allah nanti permintaan mas akan saya penuhi. Tunggu aja kelanjutannya, ya...

    BalasHapus
  3. bro, admin nya bisa diakses, naked gitu, gimana solusinya

    BalasHapus
  4. Agar admin gak bisa diakses oleh user lainnya; buka c:/program file-xampp-htdocs-includes. Cari script configure PHP lalu klik kanan mouse-properties. Klik centang hanya pada read only.
    Selesai. Ini apabila pada localhost komputer anda. Apabila sdh online, konfigurasi menggunakan Software FTP. Terimakasih.

    BalasHapus
  5. kalu ganti tamplateN gmn caranya mas???
    please kirim ke emailQ maulana.danis@gmail.com

    BalasHapus
  6. makasih tipsnya bro

    BalasHapus
  7. Mas minta bantuannya dong...

    setelah saya install oscommerce semuanya, saya klik catalog dan keluar tampilan seperti ini " 1146 - Table 'majupratama.manufacturers' doesn't exist

    select manufacturers_id, manufacturers_name from manufacturers order by manufacturers_name

    [TEP STOP]

    Kira2 kenapa ya?
    Tolong dibantu via email ke pfathir@yahoo.co.id
    Tks.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. cara membuatnya jadi online,,,gimana?tolongin dunk bingung ne

    BalasHapus