Laman

Iklan

Minggu, 19 Juli 2009

Cara Mengganti Template Toko Online Oscommerce

Template atau tampilan dasar sebuah toko online sangat perlu disesuaikan dengan produk apa yang nantinya akan dijual. Template dengan tampilan warna background hitam, rasanya tidak sesuai dengan toko online yang menjual produk pakaian atau mainan anak-anak. Untuk hal ini diperlukan penyesuaian template dengan isi blog apalagi toko online. Tapi untuk mengganti template toko online tidak sama caranya dengan mengganti template sebuah blog atau situs yang dapat dilakukan dengan lebih mudah. Sulit?

Anda jangan khawatir. Semua orang bisa kok melakukannya. Ikutilah panduan dari kami mengenai cara mengganti template toko online Oscommerce berikut ini:

1. Siapkan dulu sebuah template pada komputer anda. Untuk memperoleh template ini anda bisa mendapatkannya dengan membelinya pada alamat: Algozone.com, templatemonster.com, oscommercetemplates.com dan banyak lagi yang lainnya… he..he..he! Seperti lagu Pa Haji Oma aja.
2. Malas beli template? Mau yang gratisan? Ada kok. Nih, alamatnya: http://addons.oscommerce.com/category/Templates_and_Themes, atau ada juga di alamat: http://ecommerce-tutor.blogspot.com. Atau anda bisa juga cari alamatnya sendiri dengan mengetikkan kata kunci ‘download template oscommerce’ pada browser anda. Semua terserah anda…
3. Setelah punya template, sebelum mengganti template anda, back up dulu seluruh file dari server webhosting domain anda ke komputer menggunakan ftp. Back up ini sangat penting dilakukan karena menjaga kemungkinan anda kehilangan data yang penting sewaktu menggunakan template baru dan agar anda bisa kembali ke template asal bila sewaktu-waktu anda menginginkannya.
4. Sudah? Bila sudah, sekarang upload file dan direktori template yang baru dengan cara: Unzip semua file dalam template yang berisi direktori / file sebagai berikut: images/
Includes/
Classes/
Boxes.php
Stylesheets.css
Header.php
Footer.php
Column_right.php
Column_left.php
5. Upload file dan direktori tersebut melalui ftp
6. Refresh halaman depan toko online untuk melihat hasilnya

Catatan penting:
Anda tidak perlu mengupload file column_right.php dan column_left.php jika sudah melakukan setting terhadap kedua file ini.
Bagaimana? Mudah bukan?

Oke, deh. Selamat bekerja dan semoga sukses selalu untuk kita semua?
Amien!


17 komentar:

  1. mas saya baru saja belajar di dunia oscomers ni mas oya chat ke ym ku ya " tyo_lion18@yahoo.co.id " atau facebook ku "tyolion18@gmail.com" atas nama mas tyo dari Binjai. Suatu kehormatan bagi saya jika mas mau shring dengan saya .saya pingin konsultasi dengan anda .

    BalasHapus
  2. Oke, mas. Permintaan anda sangat saya hargai. Terimakasih atas kepercayaannya.

    BalasHapus
  3. saya uda baca tapi kurang jelas gimana cara uploadnya....sya sudah download 'temosc3_tgely_templates_systemspalte'

    BalasHapus
  4. Well... sebenarnya mengganti template Oscommerce itu cuman mengganti file dan direktori template baru seperti yang telah disebutkan. Mengenai cara uploadnya menggunakan software ftp. Kalo dibahas di kotak komentar ini akan panjang pembahasannya. Mungkin lain kali saya akan menulis tutorial atau cara mengupload file menggunakan sofware ftp ini Insya Allah.

    BalasHapus
  5. saya mau instal theme 13278. tapi koq gak ada file atau folder seperti di atas ya? yang ada cuma 2 folder yaitu site n source. gimana nih? please jawab via ym ya: islammarket@yahoo.co.id

    BalasHapus
  6. Emmm... Ada kemungkinan anda tidak lengkap mendownload template tersebut atau sewaktu file masuk dan disimpan ke komputer anda terdeteksi ada virus pada folder tersebut sehingga didelete oleh anti virus.

    boleh juga sy jawab via ym. Trims!

    BalasHapus
  7. Toko online sekarang memang gak perlu mahal, temenku malah lagi bikin template toko online cuma 49rb katanya, cuma kayaknya belum kelar tuch, coba lihat dulu bro sekedar buat alternatif aja di http://www.templatecantik.com

    BalasHapus
  8. g jelaaassssssssssssss

    BalasHapus
  9. blog walking....

    lumayan buat nambah elmu,trims
    jika berkenan silakan mampir di blog jelek saya


    salam dari o-begitu blog
    "Bisnis Online Lokal Yang Terbukti Membayar"

    BalasHapus
  10. Saya udah coba lakukan semua instruksi, tapi begitu di refresh, hasilnya menjadi seperti ini:

    FATAL ERROR: register_globals is disabled in php.ini, please enable it!

    Saya udah coba ubah register_globals nya di php.ini (di folder root/xampp/php), tapi tetap seperti itu. Kenapa kah!?

    BalasHapus
  11. mas mmohon bantuanya ....., saya baru dalam dunia oscommerce ..., saya pengan tanya2 tentang oscommerce .
    ym : antonovi73@yahoo.co.id
    fb : antonovi73@yahoo.co.id (nopi dan kawan-kawan)
    tw : antonovi73@yahoo.coid (nopi_cow)

    BalasHapus
  12. detail langkahnya:
    http://dermaroller-jakarta.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Wah bagus banget infonya. Template toko online blogspot memang powerful karena bebas hosting, unlimited bandwith, SEO friendly, dan user friendly

    BalasHapus
  14. sip gan... tolong detailnya dunk. terima kasih

    BalasHapus
  15. bagus banget ,,,
    mohon bisa saling share yah

    BalasHapus
  16. informasinya lengkap juga nich.
    jadi pengen nyoba nich. mampir gan ke http://www.demoyangshop.com
    salam kenal gan.

    BalasHapus
  17. Desain website online shop tidak menarik? Cari semua contoh template toko online terbaik di Jejualan.com , dijamin banyak pilihannya!

    BalasHapus