Laman

Iklan

Kamis, 23 Juli 2009

Tutorial Belajar Bikin Blog Wordpress Bagi Pemula

Mohon maaf bagi anda yang sudah mahir bikin blog, tutorial kali ini tidak untuk anda. Silakan buka halaman lainnya saja.

Pada tutorial kali ini saya khususkan bagi anda yang awam dan pemula sekali dalam belajar bikin blog. Ada berbagai macam fasilitas blog dari yang berbayar bahkan yang gratis. Pada tutorial kali ini kita mencoba belajar dari dasar bikin blog yang menggunakan blog Wordpress yang tentu saja gratis. Silakan ikuti tutorial belajar bikin blog Wordpress bagi pemula yang saya jelaskan selangkah-demi selangkah di bawah ini.

Hal yang pertama wajib dimiliki oleh seorang pemula yang ingin belajar bikin blog adalah dia harus mempunyai sebuah email. Anda bisa mendaftarkan diri pada Yahoo.com, gmail atau yang lainnya. Bagaimana? Tentu kalian sudah pada punya akun pada salah satu alamat email bukan? Email adalah salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki oleh blogger, karena untuk mengaktifkan sebuah akun blog baru, blogger harus memverifikasi pendaftarannya yang dikirim oleh pengelola blog ke alamat email anda.

Cara Mendaftar di Blog Wordpress:
1. Tuliskan alamat www.wordpress.com pada browser anda.
2. Nah, situs Wordpress sudah terbuka. Sekarang lakukan proses pendaftaran dengan mengklik tulisan sign up now.
3. Terdapat tulisan ‘Get your own Wordpress.com acount in second’. Isilah kotak kosong yang telah disediakan sebagai berikut: Username, Password, Confirm password, Email address. Klik satu kali pada kotak di samping tulisan, ‘I have read and agree to the fascinating terms of service’. Klik tulisan Next.
4. Langkah selanjutnya adalah pendaftaran nama domain. Tahukan apa domain itu? Ya, itu lho, yang ada www.misal.com. Isikan blog domain dengan nama pilihan kamu. Isi blog title dengan judul blog yang akan kamu buat. Ganti bahasa blog admin dengan bahasa Indonesia. Beri tanda centang pada kotak Privacy. Sign up.
5. Muncul tulisan Check Your Email to complete registration. Hal ini perlu untuk melengkapi persyaratan pendaftaran. Buka email yang anda gunakan untuk melakukan pendaftaran tadi.
6. Periksa kotak masuk pada email anda. Terdapat pesan masuk dari pengelola Wordpress. Klik link yang mereka berikan di bawah tulisan: ‘click this link to activate your blog’.
7. Muncul tulisan your acount is now active. Selamat akun Wordpress anda sekarang sudah aktif. Untuk melakukan konfigurasi dan pengisian postingan, klik tulisan login. Isi nama pengguna dengan username pada pendaftaran anda tadi dan kata sandi dengan password anda.

Selesailah sudah proses pendaftaran blog Wordpress anda. Sekarang saatnya anda belajar melakukan konfigurasi dan pengisian postingan blog.


Konfigurasi dan Pengisian Postingan Blog Wordpress

1. Masuk ke wordpress.com. Loginlah dengan username dan password yang telah kamu buat sebelumnya. Sekarang kamu telah masuk ke dalam dashboard Wordpress.
2. Untuk mengisi tulisan, klik tulisan add new pada bawah Post. Isilah kotak isian atas dengan judul postingan kamu dan kotak di bawah dengan content atau isi pembahasan. Untuk menambahkan gambar klik add an image di sebelah upload/insert di atas kotak postingan.
3. Biasanya halaman pertama sebuah blog Wordpress akan ditampilkan 10 postingan dengan tulisan selengkapnya. Hal ini tentunya akan mengganggu kenyamanan dan memperlambat loading ke blog kamu. Untuk ini diperlukan menyingkat tulisan pada halaman pertama dengan hanya menampilkan sedikit tulisan pada alinea pertama dengan memenggal tulisan dan menampilkannya pada halaman berikutnya dengan mengklik tulisan ‘read more atau baca selengkapnya’. Caranya kamu harus menaruh cursor pada batas tulisan yang ingin kamu tampilkan pada halaman pertama dan mengklik tanda kotak putih di sebelah kiri tulisan ABC pada bagian atas. Akan muncul garis panjang yang memenggal tulisan kamu dan di ujungnya ada tulisan more.
4. Klik add new category untuk mengkategorikan pembahasan tulisan kamu ini.
5. Klik tulisan Publish untuk menerbitkan tulisan ini. Sekarang tulisan kamu sudah bisa ditampilkan pada halaman muka blog.
6. Untuk mengganti tampilan atau template yang ada sekarang tekan tulisan appearance, klik tulisan themes. Pilih salah satu dari beberapa template yang tersedia. Klik tulisan activate untuk mengaktifkan template baru kamu.
7. Untuk menambah unsur di sisi postingan sebuah template, drag atau geser widget ke sebelah kanan dan lakukan konfigurasi terserah kamu.
8. Untuk menambahkan link blog teman kamu, tekan tulisan link – add new. Isilah dengan deskripsi blognya dan alamatnya dengan http………
9. Untuk mengganti judul blog dan tagline (just another wordpress weblog) klik tulisan setting – general. Gantilah tulisannya dengan deskripsi dari blog kamu.
10. Selamat. Kini kamu sudah bisa melakukan konfigurasi dasar dan pengisian blog wordpess kamu. Untuk menguasainya lebih mendalam, belajarlah dari blogger lain dengan berkunjung ke blog mereka. Ada banyak sekali blogger-blogger ahli yang telah memberikan tips-tips dan tutorial bikin blog Wordpress dan lainnya di situs mereka.
Untuk melihat contoh tampilan blog di wordpress klik di sini.

Selamat belajar!
Semoga sukses!









1 komentar:

  1. Sangat bermanfaat untuk kita yang baru didunia internet, perlu dipraktekkan.

    BalasHapus