Laman

Iklan

Selasa, 28 Juli 2009

Tips Dalam Membuat Blog Website Profesional

Di Indonesia kini sudah terdapat banyak sekali blogger dan webmaster. Blog dan situs dalam negeri pun kian banyak bertebaran di Indonesia. Yang turut menggembirakan adalah bahwa di antara blogger-blogger itu sudah banyak yang sukses dan mendapatkan penghasilan dari karya dan jerih payah mereka itu. Walaupun tidak dipungkiri juga bahwa sebagian dari mereka yang membikin blog hanya sekedar hobi dan tempat mencurahkan uneg-uneg di hati saja.
Kebanyakannya blogger-blogger yang sukses itu mengaku bahwa untuk mendapatkan kesuksesan tidak semudah membalikkan telapak tangan seperti yang sering didengung-dengungkan oleh iklan internet. Butuh perjuangan dan usaha yang terus-menerus untuk mencapai hasil yang diinginkan. Diperlukan pengetahuan khusus dalam merancang website profesional yang mendatangkan traffic kunjungan yang banyak dan mendapatkan keuntungan dari banyaknya kunjugan itu.

Berikut beberapa tips dari blogger-blogger sukses dalam membuat website profesional

1. Halaman utama sebuah blog atau situs harus lebih spesifik supaya pengunjung dapat mengetahui produk yang kita tawarkan. Jangan sampai isi situs anda membuat pengunjung bingung atau tidak mengetahui produk apa sebenarnya yang anda tawarkan. karena tidak mengetahui atau menemukan apa yang mereka inginkan akhirnya dalam hitungan detik mereka pun angkat kaki dari situs anda.
2. Halaman utama harus dapat diakses maksimal 8 detik . Kalau untuk membuka situs anda pengunjung diharuskan menunggu proses loading yang lama, ini akan berpotensi hengkangnya mereka dari situs anda yang mengakibatkan orang tidak betah berkunjung lagi ke alamat anda.
3. Pilihlah warna latar belakang yang sesuai, jangan menggunakan warna yang tidak serasi dengan hati atau isi dari situs anda. Menurut ilmu jiwa warna hitam atau ungu melambangkan kesuraman, sedangkan warna orange melambangkan keceriaan. Pandai-pandailah dalam memilih warna dan menyesuaikan dengan produk yang anda tawarkan.
4. Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan animasi, karena selain dapat memperlambat loading blog juga mengganggu konsentrasi pengunjung ketika membaca informasi yang anda sajikan. Sebuah blog atau website yang mempunyai tampilan menarik dengan hiasan animasi tidak menjamin situs anda akan menarik banyak kunjungan.
5. Usahakan tidak memasang iklan banner di bagian atas halaman situs anda. Batasi jumlah banner yang ditayangkan, maksimal dua dan idealnya cukup 1 banner. Perlu diingat, semakin banyak banner yang ditayangkan, semakin lama proses akses ke blog anda.
6. Periksa ejaan yang salah dan pastikanlah gambar dan link pada blog anda terhubung dengan baik pada waktu online. Jika sebuah situs atau blog terdapat beberapa link yang error akan menyebabkan situs tersebut nampak tidak profesional
7. Lengkapilah website anda dengan tombol navigasi yang mudah dan tersusun rapi pada bagian atas, kiri ataupun kanan. Jika menggunakan tombol dalam bentuk gambar akan menyebabkan proses akses lebih lama. Hal ini dikarenakan gambar memiliki ukuran yang cukup besar dan tentu saja akan memperlambat proses loading. Klik di sini untuk tips mempercepat proses loading blog.
8. Terlalu banyak klik yang mengharuskan pengunjung untuk berpindah ke halaman lainnya akan membuat pengunjung tidak nyaman. Jadi perhitungkanlah sebaik-baiknya jumlah klik ke halaman lain blog anda.
9. Jika menggunakan JAVA pada website anda maka harus digunakan dengan tepat. Tawarkan kepada JAVA atau no JAVA kepada pengunjung karena dapat mempengaruhi kinerja masing-masing browser. Hindari adanya iklan “pop up” karena jika terlalu sering akan membuat pengunjung menjadi bosan.
10. Jangan menambahkan ‘autoplay’ suara ketika seseorang mengunjungi situs anda. Tawarkanlah kepada mereka apakah ingin menggunakan intro beserta audio (suara) ataukah langsung ke halaman utama.
11. Periksa website anda dengan beberapa jenis browser karena masing-masing browser mempunyai kemampuan yang berbeda.
12. Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah mengevaluasi peringkat nomor urut blog atau situs anda pada Search Engine. Apabila peringkat nomor urut blog anda pada hasil pencarian Search Engine menempati rating yang jelek,maka pertimbangkanlah untuk memperbaiki keyword dan kontent situs anda dan mengupdatenya. Buat apa mempunyai sebuah situs yang bagus kalau peringkat nomor urutnya pada Search Engine jelek. Hal ini menyebabkan blog atau situs anda sepi dari pengunjung dan segala jerih payah anda hanya akan sia-sia belaka.

Teruslah belajar. Jangan mudah menyerah. Semoga sukses!


4 komentar:

  1. Point no 2, 3 dan 4, hehe. . .ngena bgt sama blog yg saya punya mas. Jd malu nih, hihihi. . . .

    BalasHapus
  2. Mohon maafnya mas Martin. Kita sama-sama belajar dan saling tukar pengalaman aja, yahhh. Tidak ada tujuan untuk menghina orang lain, lho....

    BalasHapus
  3. Hehe. .yg merasa dihina sapa toh mas? Justru harusnya saya ngucapin trima kasih, krn mendapatkan saran positif dari mas rusdi :)
    Santai aja mas :D

    BalasHapus
  4. Yah.. syukurlah kalo gitu mas Martin. Salam sukses aja selalu untuk mas Martin

    BalasHapus