Laman

Iklan

Selasa, 30 Juni 2009

Panduan Membuat Toko Online

Kemajuan teknologi yang terus berkembang hari demi hari semakin memberikan kemudahan bagi setiap orang untuk melakukan berbagai aktivitas. Semua aktivitas itu dapat dikerjakan dengan cepat dan biaya yang sangat murah. Kalau dulu orang yang mau berbelanja harus pergi ke pasar atau ke swalayan dengan menempuh perjalanan terlebih dahulu dan terkadang harus melewati berbagai kemacetan lalu lintas. Kini hal itu tidak mesti lagi dilakukan karena saat ini orang pun bisa berbelanja berbagai keperluannya dari kamar hanya dengan duduk di muka komputer yang terhubung ke internet. Hal ini dikarenakan saat ini sudah banyak tersedia toko online di internet. Setelah satu atau dua hari melakukan transaksi dari internet barang yang dipesan pun segera sampai ke rumah sesuai yang kita inginkan.
Anda tertarik untuk membuat toko online? Baiklah, bagi yang ingin membuat toko online, di bawah ini akan saya beberkan secara ringkas ‘panduan membuat toko online’.

1. Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membeli sebuah domain dan webhosting dengan kapasitas space harddisk minimum 10 mb. Bagi anda yang pemula, anda bisa juga menggunakan webhosting gratis seperti www.000webhost.com.

2. Download program CMS yang anda senangi. Dengan program CMS ini nanti anda akan dapat membuat toko online. Seperti misalnya:
Joomla (www.joomla.org)
Zen Cart (www.zencart.com)
VirtueMart (www.virtuemart.net)
Drupal (www.drupal.org)
Oscommerce (www.osscommerce.com)
Dll……

3. Upload salah satu program CMS tersebut ke dalam folder webhosting anda yang sudah anda sewa menggunakan program FTP, kemudian extract dan buka alamat website anda untuk melakukan instalasi. Setelah semua selesai, maka anda tinggalkan melakukan pengaturan dan mengisi post anda dengan bahan yang telah anda siapkan.


Selain dengan cara di atas, ada lagi cara yang lebih mudah untuk membuat toko online.

Pertama-tama masuklah dulu ke dalam cpanel webhosting dari domain yang telah anda beli. Caranya tuliskan di browser anda nama domain punya anda. Contoh: http://www.domainanda.com/cpanel/. Silakan isi username dan password anda. Akan tampil halaman cpanel dengan berbagai icon yang macam-macam. Selanjutnya carilah icon FANTASTICO yang biasanya ditaruh di bagian bawah cpanel. Klik icon tersebut. Setelah itu akan tampil daftar berbagai aplikasi CMS pada halaman tersebut. Pilihlah salah satu yang anda senangi dan mudah menjalankannya. Misalkan anda memilih Oscommerce, maka kliklah Oscommerce dan pilih install, selanjutnya anda tinggal mengisi nama admin, email, dan password admin. Maka webstie anda pun hampir siap.

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah mempelajari fungsi masing-masing dari program CMS tersebut. Memang agak membingungkan bagi pemula.

Untuk menghemat biaya akses internet karena mungkin anda perlu waktu yang tidak sedikit untuk mempelajarinya sendiri, maka alangkah baiknya anda mempelajari fungsi program CMS pilihan anda itu secara offline. Panduan toko online berikutnya:
Trik Belajar Membuat Toko Online Secara Offline

Jangan menyerah, teruslah berusaha!
Semoga sukses!





8 komentar:

  1. Di 000webhost susah login ke cpanel hostingnya mas. Saya jg lg nyoba bikin nih, format forumnya pke joomla. Tp ya itu. .sampai sekarang mau msk ke hostingnya gak bisa-bisa.

    BalasHapus
  2. Met pagi mas Rusdi. . .
    Ada award buat sampean, nanti ambil ya di blog saya^^

    BalasHapus
  3. wah, trims, ya mas martin. Senang berbagi dengan anda. Nanti saya berkunjung. Maaf, nih lagi sibuk bikin webstore.

    BalasHapus
  4. apakah berpengaruh bagi SEO toko online yang gratis dan yang terbayar?

    BalasHapus
  5. ya tentu saja, mas! Dan itu tergantung pada pasilitas yang disediakan oleh webhosting yang kita sewa

    BalasHapus
  6. Mau jualan online dengan mudah? Pelajari dulu tips Membuat Toko Online dengan Jejualan.com Platform Online Shop NO 1 di Indonesia

    BalasHapus