Laman

Iklan

Sabtu, 06 Juni 2009

Langkah-langkah Yang Harus Dilakukan Sebelum Terjun Ke Dunia Marketing

Apakah yang anda lakukan sebelum memulai terjun di dalam dunia marketing? Apakah anda sudah menjalankan marketing sesuai dengan teori para ahli marketing?
Mungkin ada sebagian orang yang terjun ke dalam dunia marketing tanpa mengetahui dan mempersiapkan langkah-langkah yang seharusnya dilakukan agar bisnis yang dikembangkannya berjalan dan terus menanjak menuju kesuksesan yang diidam-idamkannya. Mereka hanya menjalankan usahanya karena ada kesempatan dan berdasarkan modal yang banyak. Hal seperti ini bisa berakibat tidak berkembangnya bisnis yang dilakukannya, bahkan kemungkinan terjadinya kegagalan bahkan kebangkrutan akan menimpanya kelak.

Bisnis apapun yang saat ini atau akan anda lakukan, anda memerlukan persiapan dan mengkaji langkah-langkah yang telah banyak dianjurkan oleh para ahli marketing. Ya, untuk melakukan apa saja tanpa didasari ilmu yang berhubungan dengannya hanya akan membuat bisnis anda untung-untungan.

Joko Susilo ST, seorang ahli marketing lokal ulung, yang sejak tahun 2001 telah merintis usahanya hingga saat ini telah menghasilkan puluhan juta setiap bulannya hanya dengan sedikit bekerja di muka komputer setiap harinya merumuskan beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum terjun ke dunia marketing.
“Proses marketing diawali dari melihat peluang pasar, melakukan riset pasar, memilih target pasar, menyusun strategi marketing, merencanakan program marketing, lalu menyusun, dan memantau hasilnya.”

Masih menurut beliau lagi ada empat tahap proses atau langkah marketing, yaitu:

1. Melakukan Riset Pasar. Proses marketing dimulai dari riset pasar untuk melihat seberapa besar potensi pasar, mengukur tingkat kebutuhan pasar, peluang pasar, dan ragam segmen yang tersedia. Juga mengetahui tingkat persaingan di pasar tersebut.
Sebagai contoh, sebelum meluncurkan Rumusan Rahasia Blogging, saya lihat betapa pasar blogging begitu besar. Tingkat kebutuhannya sangat tinggi. Pemilik blog masih sangat terbatas. Dan setahu saya, belum ada produk lain yang secara menyeluruh membahas secara tuntas dari A sampai Z tentang blogging. Rahasia Blogging bukan sekedar membahas tentang bagaimana membuat blog dan menghasilkan uang dari blogging. Namun lebih dari itu membuat blog sukses spektakuler.

2. Mengembangkan Strategi Marketing. Dengan memperhitungkan keunggulan anda, anda siapkan strategi positioning dan brand produk anda.

3. Menetapkan Program Marketing. Dari strategi marketing tersebut, kemudian lebih rinci ke program marketing. Apa sajakah program marketing yang anda rencanakan? Misalkan ketika baru meluncurkan produk, anda bertumpu pada SEO, PPC, dan beriklan di situs web iklan seperti iklan jitu.
Pada tahap ini, anda perlu hitung total anggaran marketing, alokasi pengeluaran di tiap program marketing yang dijalankan.

4. Evaluasi dan Perbaikan. Pada tahap terakhir ini kita lihat bagaimana hasil dari program-program marketing tersebut. Sudah sesuaikah dengan target anda? Dan dari hasilnya anda bisa rumuskan kembali program marketing apa yang perlu diperbaiki, mana yang perlu diperkuat, mana yang perlu dikurangi atau mungkin perlu ditiadakan. Dan begitu seterusnya.Sumber tulisan klik di sini.

Nah, bagaimana dengan anda? Tentunya sekarang anda sudah siap untuk terjun ke dunia marketing secara profesional berdasarkan dengan langkah-langkah yang harus dilakukan sebelum terjun ke dunia marketing seperti yang telah diuraikan tersebut di atas?
Mulailah secara bertahap dan penuh perhitungan dari sekarang. Jangan tunda lagi rencana anda itu.

Semoga Sukses!

7 komentar:

  1. thnks mas bro,,infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. saya masih mau menanyakan bagaimana bisa kita mendapatkan uang hanya dengan membuat blog saja ?

    BalasHapus
  3. great post. bagus nih bagi yang mau memulai karir untuk seorang marketing.

    BalasHapus
  4. Wonderful article! That is the type of info that
    are meant to be shared across the web. Shame on Google for not
    positioning this submit upper! Come on over and discuss with my site .
    Thank you =)

    Check out my web page; germany

    BalasHapus
  5. Appreciate the recommendation. Let me try it out.

    Feel free to visit my homepage ... vakantiehuizen frankrijk

    BalasHapus
  6. I'm gone to tell my little brother, that he should also go to see this blog on regular basis to obtain updated from most recent news.

    Check out my blog; france24tv

    BalasHapus