Laman

Iklan

Kamis, 13 Agustus 2009

Cara Menambahkan situs Pada Google

Cara menambahkan sebuah situs ke dalam hasil pencarian Google sangat mudah dan gratis. Bahkan anda tidak perlu melakukan submit atau mendaftarkan situs anda pada Google. Google adalah sebuah mesin pencari otomatis yang menggunakan sebuah perangkat lunak yang dikenal dengan sebutan “spiders” yang berfungsi untuk merayapi web dan menemukan situs-situs untuk ditambahkan pada daftar index Google. Pada kenyataannya, kebanyakan situs-situs yang telah terdaftar di dalam hasil pencarian Google tidaklah terdaftar secara manual, akan tetapi ditemukan dan ditambahkan secara otomatis ketika software “spiders” Google merayapi web.

Jika situs anda menawarkan produk tertentu, content, atau layanan (contohnya video, content, info bisnis lokal, atau daftar produk), anda dapat mencapai seluruh dunia dengan mendistribusikannya pada Google Web Search. Untuk informasi lebih lengkapnya silakan kunjungi Google Content Central. Untuk bisa memastikan bahwa situs anda sudah ditambahkan pada index Google, silakan cari URL anda menggunakan browser pada Search Engine Google.
Meskipun Google mampu merayapi milyaran halaman, tak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa situs yang terlepas dari jaring “spiders”. Hal ini bisa disebabkan oleh salah satu dari beberapa alasan di bawah ini:

1. Situs itu tidak terhubung dengan baik melalui beberapa link dari situs-situs lain di internet
2. Situs itu diluncurkan setelah Google selesai menjaring situs
3. Desain dari situs itu membuat Google kesulitan untuk mengefektifkan penjaringan content situs itu
4. Situs itu tidak aktif dalam beberapa waktu ketika Google berupaya untuk melacaknya atau ada error ketika Google mencoba untuk menjaringnya. Untuk mengetahui hal ini anda bisa menggunakan Tool Google Webmaster untuk mengetahui apakah Google menerima pesan error ketika mencoba untuk menjaring situs anda.

Tujuan Google untuk menghadirkan content dari internet adalah betul-betul fair dan akurat. Untuk merealisasikan hal ini, Google mempunyai panduan sebagaimana tips untuk membangun situs pelacak yang user ramah. Sementara itu tidak ada jaminan bahwa spider Google akan menemukan situs-situs tertentu, dengan mengikuti panduan ini akan meningkatkan kesempatan situs anda untuk tampil pada hasil pencarian Google.
Pertimbangkanlah untuk mendaftarkan sebuah peta situs yang mendetail pada halaman situs anda. Peta situs atau Sitemaps adalah sebuah langkah yang mudah untuk anda untuk mendaftarkan semua URL anda ke dalam index Google dan mendapatkan laporan yang mendetail tentang kemunculan situs anda pada Google. Dengan Sitemaps, anda bisa secara otomatis membuat Google terus menginformasikan semua halaman anda di dalam beberapa update terbaru yang anda buat untuk halaman-halaman itu. Mohon Perhatian bahwa mendaftarkan sebuah peta situs tidak menjamin bahwa semua halaman situs anda akan dapat dijaring atau ditambahkan pada hasil pencarian.

Semoga Sukses!

Related Post:

2 komentar:

  1. Hehe. . .kok barengan mas, saya jg blm lama bikin artikel yg temanya sama kyk ini :D

    Btw, ada award lg buat mas rusdi, nanti ambil ya Mas, ada award buat sampean, nanti ambil ya disini.

    BalasHapus
  2. Wah, gak tau mas. Yg jelas gak ada niat meniru. Saya cuman jalan2 di google dan ketemu artikel dari blogger dalam bahasa Inggris, Saya terjemahkan aja deh trus diposting, tuh. Oke, deh, mas Martin akan saya ambil awardnya, trims atas berbaginya, awardnya ya.

    BalasHapus