Laman

Iklan

Minggu, 23 Agustus 2009

Beberapa Peristilahan Dalam Ilmu Komputer Yang Perlu Diketahui

Keberadaan komputer pada saat ini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bukan hanya di luar negeri yang notabene telah jauh mendahului Indonesia di dalam bidang teknologinya, bahkan di dalam negeri sekali pun perkembangan komputer dan minat masyarakat untuk memilikinya tergolong sangat besar dan sangat menggembirakan bagi pelaku bisnis pasar elektronik. Maka tak heran apabila bisnis kotak canggih atau komputer ini menjamur di mana-mana.

Tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak SD pun telah dikenalkan dengan teknologi canggih yang satu ini. Sebagian orang mempelajarinya di bangku sekolah, yang lainnya belajar dari teman ditambah dengan panduan buku-buku komputer yang dibeli dipasaran.

Walaupun kebanyakan orang telah bisa mengoperasikan komputer sendiri, akan tetapi ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui berbagai macam peristilahan dalam ilmu komputer tersebut. Dengan mengetahui peristilahan dalam ilmu komputer akan membuat pengoperasian komputer akan lebih mudah. Berikut akan saya uraikan sebagian dari peristilahan dalam ilmu komputer yang perlu anda ketahui:

add-in, yaitu komponen-komponen elektronis yang dapat ditempatkan pada suatu printed circuit board yang sudah dipasang dalam suatu komputer untuk meningkatkan kapasitasnya. Contoh: Kita membeli board dengan memory 32 K untuk suatu microcomputer, tapi kita hanya membeli memory sebesar 16 lebih dulu. Maka board itu akan memiliki socket-socket kosong untuk kemampuan 16 K. Kalau kemudian kita membeli chipsnya untuk mengembangkannya menjadi 32 K, Maka memory yang baru itu merupakan suatu add-in.

add-on, yaitu device baru yang ditambahkan pada suatu komputer untuk mengembangkan kapasitasnya atau untuk menambah kapasitas yang baru lagi. Pada contoh yang saya kemukakan pada keterangan add-in di atas, board 32 K yang didapatkan pada waktu kita pertama membeli komputer merupakan suatu alat add-on.

Application, yaitu pada pemrosesan data, maka istilah ini digunakan untuk penggunaan komputer bagi pemecahan masalah tertentu atau bagi pelaksanaan tugas tertentu. Application sering juga digunakan untuk menyatakan suatu program.

Bandwith, yaitu jangkauan frequencies yang sanggup dibawa oleh suatu communication channel. Contoh: telepon yang jalurnya yang dapat membawa frequencies antara 300 dan 3000 hertz, memiliki bandwith sebesar 2700 Hz. Bandwith ini analog dengan kapasitas untuk membawa informasi, sama seperti diameter pipa menentukan berapa banyak air yang dapat digunakan pembawanya.

Blank, biasanya menyatakan characrter kosong (space, spasi,) meskipun blank jutga dapat menyatakan suatu byte di mana semua bitnya bernilai 0. Istilah ini sering membingungkan.

Bug, yaitu kesalahan dalam program yang menyebabkan program tak berjalan sebagaimana harusnya. Ini juga digunakan untuk menyatakan gangguan-gangguan pada hardware.

Byte, yaitu sekelompok bilangan tetap atau bit yang membentuk suatu character tertentu. Dikatakan juga untuk mesin instruksi, atau unit-unit logical informasi lainnya. Pola bitnya akan menentukan makna dari byte yang bersangkutan, seperti juga character yang tercetak menyampaikan suatu makna tertentu. Biasanya 1 byte terdiri dari 8 bit.

Card slot, yaitu suatu posisi pada printed circuit board yang terdapat pada suatu card cage atau suatu backplane.

CPU, yaitu singkatan dari central processing unit.

Character, yaitu dapat berbentuk huruf, nomor (digit) atau simbol grafis lainnya. Biasanya berbentuk byte.

Chip, yaitu suatu komponen elektronis kecil terbuat dari silikon, mengandung sirkuit-sirkuit yang kecil sekali. Ini juga dikenal dengan sebutan integrated circuit.

Circuit, yaitu suatu jalur listrik yang keluar dari sumbernya, melalui suatu resistensi yang melakukan kerja tertentu, dan kembali lagi ke sumbernya. Kadangkala juga harus melalui beberapa switch.

Digital, yaitu menyatakan informasi dengan mempergunakan nomor binary untuk memberikan simbol pada karakter atau nilai-nilai. Kebanyakan komputer merupakan mesin digital karena hanya dapat bekerja dengan informasi yang formatnya binary.

Firmware, yaitu program yang direkam secara permanen dalam PROM dan dengan demikian sudah menjadi bagian dari hardware yang melaksanakan fungsi-fungsi software. Juga dikenal dengan sebutan microcode.

Index, yaitu suatu daftar item-item dan pointer yang menyatakan di mana item-item dapat ditemukan. Ini dapat dibandingkan dengan indeks pada suatu buku.

Input, yaitu data yang dimasukkan ke dalam komputer.

Log off, yaitu menghentikan suatu session kerja pada terminal dan memindahkan terminal dari status aktif dalam sistem komputernya menjadi status yang tidak aktif. Dimasukkan suatu perintah melalui keyboard terminal (LOG OFF atau Bye), memberitahu pada sistem bahwa sekarang terminal itu tidak aktif lagi.

Log on, yaitu memulai suatu masa kerja pada terminal dan menempatkan terminal dalam status aktif dalam sistem komputernya.

Tag, yaitu satu atau lebih dari satu buah character yang disambungkan pada suatu item atau record sebagai pengidentifikasi.

Virtual, yaitu memberi kesan seakan-akan ada padahal tidak ada. Ini merupakan konsep yang penting pada sistem data processing skala medium sampai skala besar. Teknik-teknik virtual ‘menipu’ sistem komputer atau program sedemikian rupa, sehingga komputer atau program itu percaya bahwa sarana yang ada lebih banyak daripada yang sesungguhnya tersedia.

Demikian pengertian beberapa peristilahan dalam ilmu komputer yang perlu anda ketahui yang bisa saya tuliskan pada postingan kali ini. Silakan kritik atau ingin menambahkannya pada kotak komentar.

Salam sukses!

Related Posts:

Cara Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer Yang Kabur
Bill Gates
Beberapa Kriteria Virus Komputer
Cara Menanggulangi Virus Komputer

Tips Dan Trik Ngeblog:

Cara Membuat Banner

Cara Menambahkan Situs Pada Google
Tukaran Link Yuk

Cara Mengefektifkan Ruang Postingan Dengan Membuat Drop Down Menu
Trik Baru Nan Praktis Posting Blog di Blogger dan Wordpress
Cara Membuat Readmore Pada Posting Blogger
Cara Membuat Kotak Komentar Pada Posting Blogger

6 komentar:

  1. Catet + perhatikan baik2 buat nambah pengetahuan. Maklum gaptek, hehehe. . . .

    BalasHapus
  2. Sama, mas Martin. Saya juga gaptek. Mari kita saling berbagi ilmu dan pengalaman buat nambah pengetahuan, hehehe...juga.

    BalasHapus