Laman

Iklan

Sabtu, 13 Februari 2010

Cara Memformat Ulang Windows XP

Pada suatu waktu kita pernah menghadapi permasalahan pada komputer kita, entah itu aksesnya yang terlalu lambat, padahal memory yang terpasang cukup besar. Kadang juga masalah yang timbul adalah tidak berfungsinya beberapa system yang terinstall pada Komputer. Bisa juga komputer kita hang atau yang muncul pada layar cuman warna birunya saja, gak ada apa-apa lagi.

Salah satu penyebab dari error pada komputer ini bisa juga disebabkan oleh virus yang telah menginveksi sitem kerja komputer. Cara mengatasi error pada komputer ini bisa dengan melakukan scan virus dengan anti virus yang telah diupdate. Tapi apabila hal ini tidak bisa juga mengatasi permasalahan tersebut, maka tidak ada cara lain lagi selain daripada memformat ulang windows XP kita. Untuk melakukan format ulang Windows XP sebenarnya caranya tidaklah sulit. Silakan ikuti panduannya di bawah ini:

  1. Pertama-tama anda harus memback up terlebih dulu file-file penting yang ada pada my document dengan cara dipindah ke Local D atau menyimpannya ke dalam flash disk. Hal ini sangat penting dilakukan karena file-file tersebut nanti akan terhapus apabila anda telah memformat ulang windows anda itu.
  2. Yang kedua anda juga wajib mempunyai CD Windows XP dengan serial numbernya.
  3. Silakan masukkan CD Windows XP tersebut ke dalam CD Room.
  4. Restart komputer anda.
  5. Ketika komputer telah melakukan booting awal dari CD, silakan tekan tombol F8 beberapa saat. Ikuti panduan yang diberikan.
  6. Pada halaman Windows XP Profesional set up, terdapat tulisan yang berbunyi: To continue installing a fresh copy of windos XP without repairing, press esc. Silakan tekan tombol esc.
  7. Sorot pada: C:\Windows: Microsoft Windows XP …… Di sini saya lebih suka memilih pada c: partition 1 (fat 32)
  8. Muncul tulisan: Installing multiple operating systems on a single partition is not recommended…. Dst. Abaikan hal ini jika anda mengerti maksudnya. Pilih C: Continue set up.
  9. Saya lebih suka memilih ‘Format’: (Format the partition using the Fat file system (quick). Klik enter = Continue – F= Format – Enter.
  10. Proses format akan segera berlangsung. Di sini anda harus bersabar lebih kurang 10 menit. Terlihat di layar proses pencopyan file dari CD ke Komputer. Berikutnya computer akan restart dengan sendirinya, diganti dengan layar yang berbunyi: Show proses installing Windows. Harus sabar kurang lebih setengah jam lagi sampai selesai. Hehehehe… memang untuk memformat ulang windows hanya bagi orang-orang yang bersabar.
  11. Di tengah-tengah proses pemformatan, akan muncul settingan: Regional and language option. Klik Next. Beri nama Komputer anda – Next – Masukkan produk key yang telah anda salin pada selembar kertas – Next.
  12. Dan untuk langkah seterusnya sampai selesai mudah saja.

Selamat! Kini anda telah mempunyai sebuah Komputer baru yang masih kosong. Silakan isi dan install program-program yang anda inginkan.

Tidak ada yang sulit kalau kita mau belajar! Semoga berhasil!

7 komentar:

  1. Dana Hamdana@...kalo ga ada CD nya yaaa,,,pakai aja celana nya langsung,,,tapi awas hati-hati,,jangan sampai burung nya kejepit Retsleeting,,,,gkgkgkgkg

    BalasHapus
  2. kemplo kabeh...!

    BalasHapus
  3. klo gak ada cd nya ya pake sempak kamu aja...pertanyaan nya bego amat sih nih orang

    BalasHapus