Laman

Iklan

Selasa, 23 Februari 2010

Membuka Bisnis Baru

Alhamdulillah akhirnya bisa posting lagi setelah beberapa lamanya absen. Hal ini bukan dikarenakan lagi malas atau sudah kehabisan bahan. Tapi ini dikarenakan akhir-akhir ini aku sibuk dengan kegiatan membuka bisnis baru. Usaha yang kugeluti ini adalah fotografi. Fotografi kupilih bukanlah usaha yang utama, tapi hanya sekedar sampingan saja. Hehehehe!
Sebetulnya tidak ada sama sekali bakat yang kupunya dalam hal jepret menjepret ini, tapi semua dikarenakan beberapa fasilitas pendukung sudah kupunya seperti komputer dan printer, maka tidak ada salahnya aku memanfaatkan fasilitas ini agar bermanfaat buat nambah penghasilan. Kan lumayan buat uang jajan dan beli pakaian baru….

Baiklah, kalau kalian ingin tahu detailnya, kalau gak, ya silakan aja lompat ke blog atau postinganku yang lain.

Untuk membuka suatu bisnis, apalagi itu adalah suatu usaha atau bisnis baru yang sebelumnya tidak pernah digeluti ternyata membutuhkan banyak keberanian dan perjuangan. Bayangkan saja berapa banyak modal yang kuhabiskan untuk membeli fasilitas perlengkapan seperti kamera, printer dan lain-lain. Paling dikit modal yang sudah kukeluarkan sudah mencapai sepuluh jutaan. Bagiku ini sudah cukup banyak. Beda dengan bisnis online yang katanya hanya dengan mengeluarkan beberapa ratus ribu rupiah saja sudah bisa menghasilkan puluhan juta setiap bulannya. Tapi ini adalah perjuangan. Walaupun bukan penghasilan utama, tapi perlu juga beberapa pengorbanan. Tentunya gak ada dong orang yang langsung mendadak kaya tanpa usaha selain yang didapat dari menerima warisan mertua. Hehehe…

Bisnis baru yang kugeluti ini adalah fotografi perkawinan, terima cuci cetak foto dari hp atau kamera, bikin kartu nama, bikin undangan perkawinan dan lain-lain. Karena ini adalah suatu usaha baru bagiku, maka terkadang sering jepret sana sini atau jepret teman, lalu fotonya dikasih dengan gratis. Yah, maklum sambil belajar dan promosi. Biar pada mahir dan dikenal orang. Tul, nggak?

Berhubung ini cuman usaha sampingan, lagipula aku tidak bisa seharian di toko, maka tugas kubagi tiga. Adikku yang perempuan bertugas menerima pesanan, yang laki-laki tukang foto, sedangkan aku sendiri bertugas sebagai tukang cetak hasil foto. Untuk menambah kemahiran, aku suka berkunjung ke blog atau situs-situs fotografi untuk menambah wawasan dari fotografer-fotografer professional.

Berikut adalah beberapa link situs tempat mendownload software foto editing. Silakan klik link yang anda suka:

Software untuk membikin foto unik dan lucu, contohnya bisa anda lihat di atas. Link downloadnya:
www.photofunia.com

Software untuk membikin foto pernikahan:
http://www.freedownloadscenter.com/Multimedia_and_Graphics/Video_and_Animation_Tools/Wedding_Album_Maker_Gold_Download.html

Photoscape, software handal untuk bikin bingkai photo, animasi, tulisan di foto dan lain-lain. Yang sering saya pakai adalah software satu ini:
http://www.photoscape.org/ps/main/download.php

5dfly, adalah software untuk bikin animasi pernikahan, kalender, undangan, ulangtahun, love calender dan lain-lain:
http://www.5dfly.com/free-photo-template.php

Masih banyak lagi software foto editing yang bisa kita download di internet, baik yang berbayar maupun yang gratis. Silakan cari sendiri dengan cara menuliskan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan anda. Link-link di atas saya berikan untuk berbagi kepada pembaca, semoga saja bermanfaat!

Alhasil, untuk bisa sukses dalam setiap bisnis, kita harus gigih dan juga kreatif serta pandai memanfaatkan fasilitas dan sarana serta skill yang kita punyai.

Semoga sukses dengan bisnis saya dan anda. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar