Laman

Iklan

Jumat, 26 Februari 2010

Khasiat Akar Saluang Belum

Kalimantan memang kaya akan hasil hutan. Tidak hanya kayu yang bisa dimanfaatkan untuk bangunan perumahan, tetapi juga tumbuh-tumbuhannya yang berkhasiat dan bisa menjadi obat tradisional yang ampuh untuk mengobati bermacam-macam penyakit. Berbagai khasiat dari tumbuh-tumbuhan, bahkan akar-akaran itu telah lama dibuktikan dan dipakai oleh orang pedalaman Kalimantan secara turun-temurun. Namun yang sangat disayangkan adalah bahwa tidak banyak potensi alam yang menguntungkan itu dipatenkan oleh orang kita, malahan salah satu andalan obat-obatan tradisional itu yaitu Akar Pasak Bumi lebih dulu diteliti oleh orang Amerika dan telah dipatenkan oleh mereka. Tentunya ini adalah suatu kerugian buat kita.

Selain akar Pasak Bumi yang mempunyai khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati sakit pinggang serta badan lesu, satu lagi ramuan tradisional Kalimantan yang terkenal dan bahkan telah dipasarkan di beberapa wilayah Kalimantan, khususnya Martapura Kalimantan Selatan. Obat tradisional itu bernama Saluang Belum. Saluang Belum mempunyai khasiat untuk meningkatkan gairah dan kekuatan laki-laki. Akar Saluang Belum ini pun cukup terkenal dan bahkan juga merupakan hasil alam kedua yang laris dan terkenal di pasaran setelah Pasak Bumi.

Kota Martapura Kalimantan Selatan terkenal sebagai penghasil permata khususnya berlian dan tempat perdagangan permata dan aksessoris bermutu. Biasanya para pemilik toko permata selain menyediakan permata dan aksessorisnya, mereka juga menyediakan kerajinan tangan Kalimantan dan hasil alam Kalimantan, tentunya berupa akar-akaran obat tradisional yang sudah dikemas. Penulis pernah selama sepuluhan tahun ikut orangtua yang berdagang permata di Pertokoan Cahaya Bumi Selamat Martapura.

Ada istilah bahasa Banjar yang sering digunakan oleh ayah untuk menarik minat pembeli Seluang Belum. Katanya: “Akar Seluang Belum, satu lobang rasanya masih belum.” Maksudnya adalah karena ampuhnya khasiat akar Seluang Belum, tidak cukup satu istri untuk melayani gairah orang yang telah mengkonsumsi ramuan ini. Ada lagi istilah yang sering digunakan penjual, yaitu: Apabila ingin disayang istri, minumlah ramuan ini. Tapi, itu adalah istilah yang digunakan untuk menarik minat pembeli. Terlepas dari semua itu, yang jelas memang Akar Seluang Belum telah dibuktikan melalui beberapa penelitian.

Prof. DR. H. Ciptadi, Ketua Lembaga Penelitian Universitas Palangkaraya (Unpar) Kalteng mengatakan, “Setelah dilakukan penelitian dengan seksama, ternyata terdapat senyawa di dalam tumbuhan Seluang Belum yang mampu meningkatan vitalitas laki-laki. Pemanfaatan obat tradisional ini didapat hanya dengan merebus segelas air rendaman akar Seluang Belum ke dalam air panas dan airnya diminumkan cukup satu gelas sehari. Tidak boleh meminumnya secara berlebihan karena bila berlebihan bisa membahayakan kesehatan pula.” Tutur dosen senior Unpar yang juga lulus Magister (S2) Biokimia Institut Teknologi Bandung tahun 1991 ini.

Akar Seluang Belum dan lain-lainnya ini bisa anda dapatkan di pertokoan Cahaya Bumi Selamat Martapura. Jika anda malas datang ke Kalimantan karena jaraknya yang cukup jauh dari tempat anda, anda pun bisa belanja obat-obatan tradisional Kalimantan tersebut melalui toko online. Bagi yang berminat, silakan klik link ini. Toko online ini saya kelola sendiri karena kebanyakan pembeli toko permata adalah para pendatang dari luar. Kebanyakan dari mereka bertanya bagaimana seandainya mereka ingin mendapatkan barang yang mereka beli lagi sedangkan mereka telah pergi ke tempat asal mereka. Jual beli pun bisa dilakukan lewat telepon. Karena hal ini rasanya kurang effektif, maka muncul ide untuk bikin toko online tersebut.

Terima kasih atas kesediaannya membaca tulisan ini. Semoga sukses!

Related Posts:

2 komentar:

  1. Nice info yang sangat bagus gan .,
    kunjungan balik blog saya juga gan ?

    BalasHapus
  2. terimakasih informasinya...sangat membantu sya membuat artikel mengenai akas seluang bilum...

    BalasHapus