Laman

Iklan

Jumat, 30 Januari 2009

Obat Alami Dari Hutan Kalimantan

akar pasak bumi

akar pasak bumi

Hutan alam Kalimantan banyak sekali menyimpan berbagai kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan. Dari pohon kayu ulin sampai kepada obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan alam itu kebanyakan berupa daun-daunan atau akar-akaran. Jenis akar-akaran yang sudah terkenal sejak zaman dahulu berfungsi sebagai obat adalah akar pasak bumi. Akar pasak bumi sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat suku Banjar dan lain-lain sebagai obat untuk meningkatkan stamina dan kekuatan. Bahkan sudah lama akar pasak bumi dijadikan sebagai obat utama dari berbagai produk, sebut saja Srongpas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Prof. Madya Dr. Johari Mohd. Saad, Ph. D yang melakukan penelitian pada beberapa tikus jantan dan tikus betina. Menurut penelitian tesebut, tikus jantan yang diberi ekstrak pasak bumi menunjukkan perilaku lebih agresif terhadap tikus betina.

Ekstrak ethanolic yang terkandung dalam pasak bumi dapat menambah jumlah hormon testosteron pria. Ethanolic merangsang bekerjanya chorionic gonadotrpin (hCG) yang bisa membantu terbentuknya testosteron.

Akar pasak bumi selain sebagai afrodisiak juga manjur untuk malaria. Penyakit yang menghancurkan sel-sel darah merah ini disebabkan plasmodium yang hidup dalam nyamukanopeles betina. Kandungan senyawa kuasinoid pada akar pasak bumi dapat melumpuhkan plasmodium falcifarum. Selain kuasinoid akar pasak bumi juga mengandung senyawa erikomanon yang ampuh mengobati malaria.

Selain sebagai afrodisiak dan antimalaria, pasak bumi mencegah serangan kanker. Senyawa kuasinoid dan alkaloid yang terkandung dalam pasak bumi terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Abdul Razak Mohd Ali dari Forest Research Institute of Malaysia. Sebanyak 8 alkaloid ditemukan dalam pasak bumi, salah satunya 9 methoxycanthin 6 yang berfungsi sebagai antikanker payudara.

akar pasak bumi

akar pasak bumi

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen of Pharmacognocy, Tokyo College of Pharmacy & The Faculty of Medicine, Tokyo University, Jepang. Menemukan senyawa antileukimia dari pasak bumi . Selain afrodisiak, anti kanker, antimalaria dan antileukimia, pasak bumi juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh bagi para penderita HIV.

Bagaimana…? Anda tertarik untuk mendapatkan akar pasak bumi ini. Anda akan dapat dengan mudah menemukannya di pusat Pertokoan Cahaya Bumi Selamat Martapura. Hampir semua toko permata menyediakan akar pasak bumi ini dan beberapa ramuan kalimantan lainnya. Harganya? Jangan khawatir, anda bisa mendapatkan akar pasak bumi di Martapura dengan harga murah, mulai dari 5.000 sampai dengan 25.000 rupiah tergantung dari kemasan pasak bumi itu. Untuk pasak bumi yang sudah diolah dalam bentuk gelas ini yang sedikit lebih mahal dari yang dalam bentuk kemasan. Yaaa…. datang aja, deh ke Martapura sekalian untuk beli permatanya, oke?

Related Posts:

Cara Membedakan Permata Asli dan Imitasi

Permata dan Khasiatnya

Martapura Kota Intan

2 komentar:

  1. Boleh juga nih. memang kaya benar aset hutan kalimantan. saya sudah coba ramuan minyak lintah kalimantan ternyata jos. punyaku jadi lebih besar dan lebih panjang. trims infonya

    BalasHapus