Laman

Iklan

Sabtu, 07 November 2009

Tips dan Teknik Agar Situs Cepat Terindex Oleh Search Engine Google

Setelah susah payah membikin blog atau situs, tentunya hal yang selanjutnya kita harapkan adalah agar blog kita itu bisa tampil pada hasil pencarian halaman oleh Google. Semua orang pasti tidak ingin apabila situs atau blognya tidak ada pengunjung atau sepi karena tidak ditemukan pada browser mereka. Untuk itu diperlukan beberapa tekhnik agar hal tersebut bisa diatasi dan sesuai harapan.

Berikut ini adalah kelanjutan dari postingan yang terdahulu. Silakan klik di sini untuk membuka halaman terdahulu. Walaupun tanpa menggunakan petunjuk ini blog anda sudah bisa muncul pada serch engine, akan tetapi tidak ada salahnya bagi anda sedikit meluangkan waktu untuk mempelajari tips dan teknik agar blog cepat terindex oleh search engine Google berikut karena sebenarnya tips berikut ini adalah terjemahan dari situs resminya Google itu sendiri yang saya terjemahkan ke bahasa Indonesia.

Secara Tekhnis


  • Gunakanlah sebuah teks browser seperti Lynx untuk menguji situs atau blog anda, karena kebanyakan search engine memandang situs anda sebagai Lynk would. Apabila aplikasi seperti JavaScript, cookies, session IDS, frames. DHTML, atau Flash menahan anda dari menemukan keseluruhan situs anda di dalam sebuah text browser, maka laba-laba (dalam istilah search engine) search engine akan mengalami masalah ketika merayapi blog anda.

  • Izinkan search bots untuk merayapi situs anda tanpa melalui sesi IDs atau alasan yang menghalangi langkah mereka melalui situs itu. Tekhnik seperti ini berguna untuk mengikuti jejak individual perilaku pemakai. Dengan menggunakan tekhnik seperti ini akan bisa mengatasi pengindexan yang tidak sempurna.
  • Pastikan bahwa web server anda mendukung ‘the If-Modified-Since HTTP header. Fitur seperti ini mengizinkan web server anda untuk menyampaikan kepada Google apakah konten anda telah berubah sejak Google terakhir kali merayapi situs anda. Dengan didukung oleh fitur ini akan menghemat badwith dan ongkos anda.
  • Gunakan robots.txt file pada webserver anda. File ini menyampaikan kepada mesin perayap directori yang mana yang bisa atau tidak bisa dirayapi. Pastikan bahwa robot txt atau sesuai dengan situs anda, jadi anda tidak akan memblokir perayap Googlebot. Silakan kunjungi http://www.robotstxt.org/faq.html untuk mempelajari bagaimana caranya memerintahkan robots ketika mereka mengunjungi situs anda. Anda bisa mengetes robots.txt file anda untuk memastikan bahwa anda sedang menggunakannya dengan benar dengan menggunakan robots.txt analysis tool yang ada pada Google Webmaster Tools.
  • Apabila perusahaan anda membeli sebuah CMS (content management system), pastikan bahwa sistem itu membuat halaman dan links yang bisa dirayapi oleh search engine.
  • Gunakanlah robots.txt untuk mencegah perayapan hasil pencarian atau penambahan halaman otomatis yang tidak menguntungkan untuk pengguna yang datang dari search engine.
  • Lakukan pengetesan situs anda untuk memastikan bahwa situs anda dapat muncul dengan benar menggunakan beberapa browser.
Bersambung.........

Related Post:

Cara Menambahkan Link Blog Lain Pada Blog Kita
Membikin Blog Itu Gampang
Tips Membikin Blog Agar Ramai Dikunjungi Orang
Cara Agar Blog Atau Website Bisa Terindex Oleh Google
Tukaran Link Yuk

5 komentar:

  1. tipsnya bagus mas rusdi, tapi kalo caranya dikasih tau juga, pasti lebih lengkap :D

    BalasHapus
  2. thx yaw buat tips2 nya.....
    oy numpang promosi,
    kunjungi websiteku y d www.banjiruangsaku.com
    Mesin Uang Otomatis
    thx

    BalasHapus
  3. Thanks,tips2nya..Membuka cakrawala pengetahuan yang baru..

    BalasHapus
  4. thanks bro..smoga berkah ya!

    BalasHapus