Laman

Iklan

Senin, 30 November 2009

Waspadalah Terhadap Situs Black SEO


Berbagai macam cara dilakukan orang agar bisnisnya di internet mengalami kemajuan dan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Hampir semua jenis usaha atau bisnis bisa dilakukan, dari yang sah secara hukum sampai kepada black bisnis seperti melakukan transaksi situs porno. Untuk bisa mensukseskan bisnisnya orang perlu sebanyak-banyaknya mengiklankan situsnya dan mendapatkan rangking yang baik pada search results. Untuk mendapatkan rangking yang baik itu diperlukan tekhnik SEO tertentu yang terkadang sulit dilakukan oleh semua orang.

Berhubung tekhnik SEO sangat penting artinya bagi sebuah situs, maka bermunculanlah situs-situs yang menawarkan jasa kepada situs yang lain yang ingin agar situsnya mendapatkan rangking yang bagus pada search results.

Perlu anda ketahui tidak semua situs SEO itu bisa memberikan layanan seperti janji-janji mereka, bahkan lebih parah kemungkinan situs anda bisa dihapus dari index Google karena cara yang mereka lakukan menyimpang dan melanggar ketentuan Google. Maka dari itu kita perlu waspada terhadap situs black SEO ini.

Tulisan berikut ini adalah kelanjutan dari tulisan saya pada postingan sebelumnya mengenai masalah SEO. Silakan klik di sini untuk menuju ke halaman yang dimaksud.

Berhati-hatilah Terhadap Situs SEO Yang Tidak Jelas

Anda perlu menanyakan segala sesuatunya kepada pengelola situs tersebut apabila hal tersebut tidak jelas. Tanyakanlah kepada mereka cara yang bagaimana akan mereka usahakan untuk membantu anda. Jika situs SEO tersebut membuat satu trik yang dilarang atau melanggar ketentuan Google dengan mengatasnamakan anda, maka situs anda kemungkinan besar akan dihapus dari index Google. Tentunya hal ini mengakibatkan anda tidak akan menemukan situs anda lagi di internet. Pada akhirnya, anda bertanggungjawab atas tindakan yang dilakukan oleh situs SEO yang anda sewa itu. Oleh karena itu alangkah baiknya anda mengetahui dengan pasti bagaimana cara mereka untuk menolong situs anda itu. Apabila mereka mempunyai akses ke FTP ke server anda, maka mereka harus bisa menjelaskan semua perubahan yang mereka buat ke situs anda.

Gratis Untuk Semua

Hindarilah situs SEO yang mempunyai semboyan gratis untuk semuanya, seperti gratis links, link popularity schemes atau mendaftarkan situs anda ke ribuan search engines. Hal ini tidak banyak gunanya karena tidak akan berdampak pada rangking situs anda pada serch engine.
Pilihlah Dengan Bijak

Sementara anda memilih-milih apakah harus ikut SEO, anda mungkin juga ingin meneliti terhadap industri SEO. Tentu saja Google adalah salah satunya. Google tidak akan berkomentar tentang perusahaan SEO tertentu, tetapi Google pernah menemukan perusahaan yang menyebut diri mereka SEOs yang mana mereka telah melakukan praktik mereka itu yang jelas-jelas di luar batas praktek bisnis yang dapat diterima. Jadi berhati-hatilah.

Pastikan Anda Tahu Ke mana Uang Anda Pergi

Sementara Google tidak pernah menjual rangking yang lebih baik di dalam hasil pencariannya sendiri, justru beberapa Search engine lainnya menggabungkan pay-per-click- atau pay-for-inclusion dengan web hasil pencarian regular mereka. Beberapa situs SEO menjanjikan rangking yang tinggi pada search engine, akan tetapi mereka menempatkan situs anda pada bagian periklanan lebih banyak daripada pada search results. Sebagian situs SEO bahkan akan merubah harga mereka untuk menciptakan ilusi bahwa mereka mengendalikan search engines yang lain dan mampu menempatkan situs di tempat pilihan mereka. Scam seperti ini tidak bekerja pada Google sebab advertising Google mempunyai ciri yang jelas dan dipisahkan dari hasil pencarian Google.

Domain Bayangan

Salah satu scam yang biasa digunakan adalah menciptakan domain bayangan yang menjadi corong ke sebuah situs dengan mengalihkan tujuan. Domain bayangan ini sering dipunyai oleh situs SEO yang mengaku dapat bekerja atas nama klien. Bagaimanapun, SEO dapat menunjuk domain ke sebuah situs yang berbeda, atau bahkan ke sebuah domain yang mempunyai saingan yang banyak. Apabila hal ini terjadi, klien harus membayar untuk mengembangkan sebuah situs yang mempunyai saingan yang kuat yang dimiliki seluruhnya oleh SEO.

Praktek gelap lainnya adalah dengan menempatkan di sebelah halaman yang telah terisi dengan keywords atau kata kunci pada situs klien di suatu tempat. SEO menjanjikan hal ini akan membuat halaman tersebut menjadi lebih relevan untuk hasil pencarian yang banyak. Hal ini adalah salah sejak halaman tertentu jarang atau tidak mempunyai kata kunci yang bagus. Lebih membahayakan lagi, adalah bahwa halaman doorway atau pintu masuk ini sering berisi link tersembunyi ke klien SEO lainnya yang kemungkinan bisa saja meliputi situs yang isinya ilegal.

Hal-hal Lainnya Yang Perlu Anda Waspadai

Ada beberapa tanda peringatan yang anda mungkin sedang bekerjasama dengan penjahat SEO. Jadi apabila anda ragu-ragu terhadap mereka, maka anda harus mempercayai insting anda sendri. Dengan kata lain, segeralah menghindar apabila anda menemukan SEO seperti di bawah ini:

  1. Memiliki Domain bayangan
  2. Menaruh links kepada klien mereka yang lain
  3. Menawarkan untuk menjual keywords pada address bar
  4. Tidak mempunyai ciri yang jelas antara hasil pencarian (search results) yang sebenarnya dan iklan yang muncul pada halaman hasil pencarian
  5. Berani menjamin untuk mendapatkan rangking yang tinggi, tetapi tekhniknya tidak jelas
  6. Mendapatkan traffic dari Search engines gadungan, spyware atau scumware
Kabar gembiranya bagi anda yang merasa telah ditipu oleh SEO, anda bisa melaporkannya ke alamat: Federal Trade Commission (FTC) di Amerika Serikat dengan alamat link: http://www.ftc.gov/ . FTC ini menangani keluhan tentang praktik bisnis yang curang dan pelanggaran di dalam bisnis internet.
Semoga bermanfaat!

2 komentar:

  1. Nice infoyang diberikan anda sangat bermanfaat.,
    Ditunggu kembali artikelnya yang baru
    Kunjungan balik blogsaya juga boss

    BalasHapus
  2. info yang bagus s0b,....
    visit and follbacnya,.........
    http://softgames7.blogspot.com

    BalasHapus