Laman

Iklan

Jumat, 05 Maret 2010

Trik dan Cara Menginstal Tulisan Arab Pada Microsoft Word

Pada settingan default Microsoft, font tulisan, dan language default yang terinstal adalah English. Jadinya apabila komputer belum disetting manual maka komputer secara otomatis akan mengoreksi tulisan yang kita ketikkan di MS Word dengan bahasa Inggris. Misalkan kita menulis komputer, maka program default akan merubahnya ke dalam bahasa Inggris menjadi computer apabila kita tekan spasi. Begitu pula apabila kita mau menulis Arab, maka tidak ada pilihan yang tersedia di sana. Agar bisa menulis Arab di Komputer, maka kita harus melakukan instalasi tulisan Arab agar bisa ditulis dan dibaca pada Microsoft Word.

Untuk trik dan cara menginstal tulisan Arab pada Microsoft Word tidaklah sulit. Silakan pelajari trik dan cara menginstal tulisan Arab pada Microsoft Word berikut ini:

  1. Pertama-tama yang perlu anda persiapkan adalah CD Windows XP atau Microsoft Office. Nantinya yang anda gunakan adalah yang dipinta oleh komputer, karena pengalaman saya terkadang yang dipinta adalah Windows XP, terkadang Microsoft Office.
  2. Silakan klik Start - All Programs - Control Panel.
  3. Klik dua kali ikon Regional and Language Options yang ada pada control panel
  4. Pilih tab languages yang ada di atas
  5. Centang kotak tulisan 'install files for complex script and right to left languages (including Thai)'
  6. Akan muncul tulisan Install suplemental language support. Klik ok
  7. Begitu diklik ok segera muncul tulisan please insert compact disk labelled Windows XP....., maka anda harus memasukkan CD Windows XP yang telah anda persiapkan sebelumnya itu ke dalam CD Room komputer anda lalu klik ok
  8. Proses mengcopy file yang diperlukan akan segera berlangsung. Setelah selesai, anda diminta untuk merestart komputer agar hasil instal tulisan Arab tadi bisa segera digunakan
  9. Setelah komputer hidup kembali, agar bisa memunculkan pilihan penggunaan font bahasa Arab pada keyboard maka harus kembali membuka control panel - Regional and Language Options - Languages.
  10. Klik tab tulisan details. Di sini terlihat bahwa tulisan keyboard yang digunakan adalah US. Silakan klik tab tulisan Add untuk menambah option atau pilihan penggunaan font bahasa keyboard.
  11. Pilih Arabic. Ok. Dan terakhir klik tulisan Apply, tab pilihan bahasa segera muncul di bawah sebelah kanan desktop komputer. Silakan diklik satu kali dan pilih Arabic agar bisa menulis Arab pada Microsoft Word.
  12. Selesai!
Perhatian: Selalu pindah tab toolbar di bawah sebelah kanan untuk menyesuaikan keinginan anda, jika anda hendak menulis Arab, klik tab Arabic, dan bila tidak, silakan pindah ke English.

Semoga berhasil!

Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha dan belajar!

Related Posts:
  1. Cara Membikin Bingkai Pada Foto
  2. Produk Terbaru Dari Microsoft
  3. Beberapa Peristilahan Dalam Ilmu Komputer Yang Perlu Diketahui
  4. Cara Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer Yang Kabur
  5. Cara Menanggulangi Virus Komputer

3 komentar:

  1. Makasih Banyak Ya,,, Pantesan dari tadi gw pake CD Office ga Bisa2,,, Ternyata pake CD Windows XP Toh......

    BalasHapus
  2. setelah klik add kok g' ada Arabic y om..??

    BalasHapus
  3. Utk mas Rizal, pengalaman saya terkadang windows meminta CD Office, tapi kebanyakannya yg dipinta adalah windows XP. Utk mas Ghofur, Silakan coba ulangi langkah 10 dan 11. Kayaknya ada sedikit salah settingan aja, mas.
    Semoga bisa membantu.

    BalasHapus