Halaman

Iklan

Sabtu, 21 November 2009

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Kita

Salam hormat kepada semua pembaca setia blog aku yang sederhana ini. Pada postingan kali ini sebenarnya adalah jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh salah seorang pembaca blog Tips Sukses yaitu saudari Suci Nurjannah pada postingan saya yang terdahulu. Berhubung penjelasan yang akan saya berikan agak panjang, maka saya lebih memilih menjawab pertanyaannya itu dalam bentuk sebuah postingan baru. Siapa tahu selain berguna bagi Suci, juga berguna bagi pembaca lainnya yang mempunyai masalah yang sama.
Ada empat pertanyaan yang diajukan oleh Saudari Suci, yaitu:


Utk kotak komentar saya ada kok kak,,namun saat di klik, ia menimbulkan jendela baru..mohon di cek     ya kak,,karena saya jd panik
Utk histat sya msh bingung cra pakenya kak,,
Menurut kk,widget apa saja yg hrs sya kurangi?
Nah maksudnya keyword itu gmn cara bikinnya? saya masih bingung..


Sebenarnya saya bukan ahlinya dalam hal ini. Masih banyak blogger lainnya yang jauh lebih ahli daripada saya. Tapi tak apalah, mudah-mudahan penjelasan saya yang sederhana ini bisa membantu dan kepada para webmaster silakan mengkritik dan memberikan tambahannya.
Baiklah, untuk menjawab pertanyaan yang pertama mengenai masalah kotak komentar ini sebenarnya telah saya posting pada tulisan saya yang terdahulu. Silakan klik di sini untuk membacanya. Adapun mengenai error kotak komentar dek Suci cobalah diperiksa kembali mungkin ada kesalahan tulis atau copy scriptnya atau penempatan scriptnya yang tidak tepat pada template.



  1. Untuk masalah histats, kamu bisa mendaftar sebagai anggota dengan membuka situsnya histats.com. Setelah selesai konfirmasi lalu login dan klik add a website, Isilah data pada kotak yang tersedia – continue. Pilih ikon histats counter 4 lines yang akan ditampilkan pada blog kamu – continue. Klik continue sekali lagi untuk mendapatkan code. Silakan copy kode HTML yang diberikan ke blog kamu. Selesai. Histats ini berguna untuk mengetahui jumlah pengunjung blog kita pada hari ini dan jumlah total pengunjung serta pengunjung yang sedang online.
  2. Keberadaan Widget pada blog memang penting. Selain mempunyai fungsi tertentu yang bermanfaat juga sebagai penghias blog. Blog tanpa widget bagaikan sebuah taman tanpa bunga. Akan tetapi blog yang dihias dengan terlalu banyak widget justru akan mempunyai efek negatif yaitu loading blog menjadi lambat. Maka dari itu gunakanlah widget seperlunya saja. Widget yang perlu keberadaannya pada blog menurut saya adalah: Shoutmix, histats dan sejenisnya, ikon Facebook, Pagerank. Yg tidak perlu adalah kalender, gambar, video itu tidak terlalu penting. Karena akan memberatkan blog. Cuman kalau kamu merasa nyaman dengan adanya tambahan widget seperti itu, ya terserah saja. Lain orang tentunya lain pendapat. Tul, gak?
  3. Yang dimaksud dengan keywords itu adalah kata kunci yang digunakan dalam hasil pencarian Search Engine. Misalkan orang ingin mengetahui informasi mengenai cara mengetahui jumlah pengunjung blog. Kira-kira kalimat apa yang akan diketikkannya pada web browser? Mungkin yang akan diketikkannya adalah cara mengetahui jumlah pengunjung blog kita. Nah, ini adalah kata kunci. Gunakanlah kalimat yang menjadi kata kunci ini sebagai judul blog anda. Lebih jelasnya buatlah judul halaman blog dengan kata-kata yang sering dituliskan orang pada browser mereka. Buatlah judul yang sering dicari orang di internet. Informasi apa yang sering dicari orang di internet. Umpamanya masalah blogging. Susunlah kalimat yang nyaman diucapkan dan kira-kira kalau anda yang sedang mencari informasi itu, maka bagaimanakah bunyi kalimat yang akan anda ketikkan di browser?
Setelah kita mendapatkan judul yang bagus sebagai kata kunci, maka kita perlu menyesuaikan judul itu dengan isi halaman. Karena kalau tidak sesuai maka mesin perayap Google tidak akan menaruh judul blog kita pada hasil pencarian Google. Usahakanlah mengulang kata kunci itu atau judul blog kamu ke dalam content atau isi blog itu. Coba kamu perhatikan judul postingan ini, kamu akan menemukan bahwa aku telah mengulang kalimat Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog kita ini beberapa kali. Walaupun kata kunci ini tidak jaminan blog kita akan tampil pada search results, karena masih ada beberapa hal yang harus ditambahkan, tapi biasanya kata kunci memegang peranan yang sangat penting bahkan lebih penting daripada trik lainnya.

Oke, kiranya ini saja jawaban aku atas pertanyaan Suci. Semoga dapat dimengerti baginya dan juga bermanfaat bagi pembaca lainnya. Amien! Kalau masih ada pertanyaan atau kurang jelas silakan ajukan di kotak komentar. Trims!

58 komentar:

  1. alhamdulillsah sya dah bisa buat histat,,tpi untuk yg kotak komentar saya masih bingung kak krn saat saya klik kotak komentar saya ada kok,tpi knp kl sama kk gak ada?

    BalasHapus
  2. Hmmm... rasanya saya sulit menjelaskan kesalahannya itu karena tidak mengetahui isi template dek Suci. Mungkin kita bisa bicara lebih panjang di Facebook mengenai masalah ini...

    BalasHapus
  3. kak saya sudah kirim wall spy kita bisa lewat FB,,saya selalu Online kok,,trima kasih yaa

    BalasHapus
  4. thanks bro atas tutor nya...kalo sempet kunjung balik y...

    BalasHapus
  5. Trims atas kunjungannya, kunjungan baliknya telah dilaksanakan!

    BalasHapus
  6. mas, gmana cara kita tau jumlah pembaca di satu judul posting kita saja?
    ditunggu kunjungan baliknya. http://celotehopang.blogspot.com
    trims...

    BalasHapus
  7. Caranya kamu harus mendaftar ke Google Webmaster. Silakan dibrowse aja langsung ke Google Webmaster. Selain mengetahui jumlah pengunjung kamu juga akan tahu jumlah situs lain yg memberi link ke blog kamu dll.
    Silakan coba aja sendiri...
    Kunjungan baliknya sdh saya laksanakan. Trims!

    BalasHapus
  8. mas mau nanya nih untuk idealnya sebuah blog yang eksis.. jumlah pengunjungnya berapa dan peringkat di search Engine berapa...tims soalnya saya masih baru ni didunia blog,tlg mas sekali-sekali mampir ke blog saya,saya butuh masukan n sarannya.

    BalasHapus
  9. Mslh jumlah pengunjung itu menurut saya yang paling idealnya adalah 50 kunjungan perhari. ini untuk blogger yang mempunyai postingan di bawah 50 buah. Tp tentunya blogger profesional bisa mencapai ratusan pengunjung dlm jumlah itu.
    Trims atas kunjungannya. Tentu, aku akan melakukan kunjungan balik.

    BalasHapus
  10. Thanks InfonYa Gan... Sangat Membantu sekali :)

    http://annazmalikpordjocity.blogspot.com/

    BalasHapus
  11. Tanya bos, Bagaimana perbandingan tingkat keakuratan antara Histat dan Statistik milik Blogger/Blogspot ?

    BalasHapus
  12. Saya lebih suka menggunakan Histats karena lebih menarik dan berbagai informasi yang diperlukan bisa ditampilkan langsung pada situs. Mengenai keakuratan saya tidak pernah menggunakan statistik blogger jadi tidak tahu. Untuk Histats saya kira sudah sangat akurat karena selain dari Histats saya juga menggunakan Sitemeter dan tidak ada perbedaan dalam penghitungan jumlahnya. Cukup memuaskan.

    BalasHapus
  13. saya masih pemula dalam bloger, bagaimana caranya agar blog saya dikunjungi banyak orang karena sampai saat ini masih sedikit yang visit ke blog

    BalasHapus
  14. Agar blog dikunjungi banyak orang cara yang umum digunakan adalah pemilihan kata kunci yang tepat. Pilihlah kata kunci yang kira-kira dicari oleh banyak orang di internet. Berikutnya adalah sering mengupdate blog kita. Lebih lengkapnya masalah ini sudah saya tulis pada kategori tips blog saya dengan judul tips blog agar ramai dikunjungi banyak orang.
    Wassalam!

    BalasHapus
  15. WAH MAKASIH YA... JADI TAMBAH ILMUNYA NIH....

    BalasHapus
  16. youk mas tukeran link yuk, saya masih blogger pemula jadiu belum mahir kali ngeblblok

    BalasHapus
  17. mantap bro, cekidot www.RoadtoBisnis.blogspot.com
    thanks

    BalasHapus
  18. thanks gan, info'nya sangat bermanfaat..

    BalasHapus
  19. thanks, sila kunjung balik,http://stlevipardosi.blogspot.com/

    BalasHapus
  20. Tanks ilmu nya bos, aku juga lagi belajar nih buat blog.....

    BalasHapus
  21. Ilmunya bermanfaat sekali bagi saya yang pemula. Terima kasih banyak yaaaaaaaa.

    BalasHapus
  22. nice info gan......., kunjungan balik di lapak ane ea.....,

    BalasHapus
  23. blogwalking sob, salam kenal and visit me back

    BalasHapus
  24. bagus ,,,, ma'lumah tsabiqoh saya bertambah,,,makasih mas,,? :)

    BalasHapus
  25. nice info.. newbie nh..
    mo tnya nh gan.

    cara mengetahui jumlah pengunjung yang mendownload data dari blog kita.
    thank.. untuk jawabanya

    visit : adrafter43.blogspot.com

    BalasHapus
  26. saya sering berkunjung di blog-blog, postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus
  27. tampilan simpel tapi artikel sangat bermanfaat bro....

    BalasHapus
  28. Mas bro... Tolong dicek blog ane dong,,,,Pendapatnya tentang blog saya amat membantu.Tks

    BalasHapus
  29. niec info yang menarik gan.,
    kunjungan balik blog saya juga gan ?

    BalasHapus

  30. sangat bermanfaat bagi saya untuk membacanya.,semoga bisa menjadi ilmu bagi kita semua.
    Ditunggu kunjungan balik blog .,

    BalasHapus
  31. Makasih yah inponya,,,
    salam sukses

    BalasHapus
  32. Makasih temen2 atas infonya,idem aja pertanyaannya, sama ko? minta masukannya aj ya yang kebetulan buka blogku...

    BalasHapus
  33. Tanks untuk infonya Gan,
    www.bajubola99bekasi.com

    BalasHapus
  34. Tanks untuk infonya Gan,
    www.bajubola99bekasi.com

    BalasHapus
  35. Keren banget artikelnya gan....bagi yang minat software CAT gratis main kemari http://soalcasnfree.blogspot.com

    BalasHapus
  36. Artikel yg bagus.....mampir ya ke blog aku di dglengu.blogspot.com mohon kritikannya...
    Thanks

    BalasHapus
  37. Artikel yg bagus.....mampir ya ke blog aku di dglengu.blogspot.com mohon kritikannya...
    Thanks

    BalasHapus
  38. terimakasih atas infonya

    salam indonesiakitaberjuang

    BalasHapus
  39. jadi tambah bingung bang,,, biar jelasnya gmna ya bang... hehehehe
    www.pulautidungdanial.com

    BalasHapus
  40. tutorial Cara Mengetahui Jumlah Postingan Blog Orang Lain sangat keren sekali. dengan begini para blogger bisa tahu jumlah artikel teman blogger kita.
    thanks udah sharing gan.

    BalasHapus
  41. thanks buat informasi nya gan

    kunjingi tempatparafashionista.blogspot.co.id :)

    BalasHapus
  42. yang ingin tau tentang ikan hias silahkan kunjungi blog sederhana
    tipstipsmerawatikanhias.blogspot.com

    kunjungan balik kk

    BalasHapus
  43. Makasih kakk.. artikelnya bermanfaat ^ ^ sukses ya kakk..

    BalasHapus
  44. sepertinya mudah tapi kok masih awam banget ya ane... gimana nih biar blog kita banyak yang mengunjungi...

    BalasHapus
  45. Trmksih,,
    http://kikialfiyah.blogspot.co.id/2016/03/ibu-dan-ayah.html?m=1

    BalasHapus
  46. Aku lagi cari2 artikel kek gini, ketemu blog ini jadi mampir n baca, makasih yaa sis aku langsung trapin..;)

    BalasHapus
  47. thank ya info
    Jangan Lupa Mampir jg ya Gan di blog ane ROBOCRAFT Robot Korek
    terimakasih

    BalasHapus
  48. terimakasih informasinya. sangat membantu bagi kami yang pemula. mudah mudahan pengunjung agan tambah banyak n ditunggu postingan selanjutnya

    BalasHapus
  49. infonya sangat membantu min
    ubah tampilan website bisnis anda dengan menggunakan jasa pembuatan website Tangerang

    BalasHapus
  50. Dapatkan berbagai macam penawaran menarik hanya pada toko velg mobil murah tangerang ya.

    BalasHapus
  51. https://pintarrs.blogspot.com/?m=1

    BalasHapus