Laman

Iklan

Kamis, 04 Maret 2010

Cara Membikin Cover CD

Dahulu sebelum ada media penyimpanan optikal, seperti CD dan DVD dan lain-lain, file-file audio disimpan dalam pita magnetic, dibungkus dengan kotak yang kita sebut dengan nama kaset. Sekarang, hampir semua file-file tersebut disimpan dalam bentuk digital dan disimpan dalam piringan-piringan optikal seperti CD dan DVD.

File musik biasanya disimpan dalam CD, sedangkan film dengan ukuran yang lebih besar disimpan dalam DVD. Bentuknya kurang lebih sama. Baik CD dan DVD disimpan dalam kotak pembungkus yang dilengkapi dengan cover yang menggambarkan isinya. Tahukan anda bahwa cover CD ini bisa dijadikan koleksi? Para kolektor bisa menemukan pada website cdcovers.cc. Bg yang berminat dapat mendownloadnya ke situsnya langsung. Adapun tata cara membikin cover CD melalui situs tersebut silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Silakan kunjungi website http://www.cdcovers.cc/
  2. Agar nantinya anda lebih mudah mengunjungi website ini, maka silakan download aja toolbar cdcovers.cc
  3. Setelah anda mendownload dan melakukan instalasi, kini toolbar cd covers akan tampil pada browser anda. Silakan klik ikon cdcovers.cc nya yg ada pada browser. Anda akan langsung diarahkan ke situs resmi CD cover.
  4. Klik ikon cover yg ada di atas kiri halaman situs.
  5. Pilih dan klik huruf pertama dari tema cd cover yang ingin anda bikin itu.
  6. Tuliskan nama judul cover cd atau anda bisa memilih tema yg telah disediakan.
  7. Lihat pada bagian bawah, akan muncul tulisan: front, CD 1, inside dan lain-lain. Klik salah satu yang anda inginkan.
  8. Setelah beberapa saat kemudian akan muncul gambar cover CD. Untuk mendownload cover cd tersebut cukup dengan klik kanan mouse dan pilih save image as.
  9. Cover CD anda sudah selesai dan siap untuk diprint.
Anda bisa mendapatkan kertas untuk cover CD pada toko komputer.
Mendapatkan cover CD pada situs ini memang sangat menarik karena begitu banyak koleksi gambar cover. Semuanya bisa anda download dengan gratis dan bisa dijadikan koleksi. Kita pun tidak perlu mengedit gambarnya karena semua gambar itu sudah dalam bentuk cover.
Selain dengan cara mengambil dari situs tersebut di atas, sebenarnya kita juga bisa membikin cover CD langsung dengan menggunakan software Nero tanpa harus terkoneksi ke internet. Caranya juga sangat mudah. Cara membikin cover CD menggunakan software Nero ada di bawah ini:

  1. Pastikan anda sudah mempunyai software Nero yang biasanya digunakan untuk mengcopy atau memburning file ke dalam disket.
  2. Klik ikon Nero Start Smart pada desktop computer anda dua kali.
  3. Pilih ikon gambar tanda plus atau Extras yang ada pada sebelah kanan tampilan program Nero.
  4. Klik ikon make label or cover.
  5. Di sini kita akan mencoba membikin cover sendiri dengan syarat kita sudah mempunyai gambar yang akan dijadikan cover nantinya. Pilih empty document – oke.
  6. Akan nampak kotak segi empat yang masih kosong tidak ada tulisan atau gambar. Klik kotak warna hijau di sebelah kiri yang bertulis insert an image. Setelah untuk menyesuaikan ukuran gambar bisa anda atur sendiri.
  7. Untuk menambah tulisan klik ikon insert artistic text di sebelah kiri. Tulislah judul kotak CD yang anda kehendaki.
  8. Untuk membikin gambar cover CD nya anda pilih ikon Disk 1 pada sebelah kanan bawah. Untuk mengisi gambar atau tulisannya sama seperti cara di atas.
  9. Klik file – Print.
  10. Selesai.
Semoga bermanfaat!

5 komentar:

  1. lg nyari software buat bikin cd cover...pantas utk di coba nih tipsnya...trims ya

    BalasHapus
  2. Thank's ya.., atas Info.a.... bner2 brmanfaat...!!!!!!!!!!!!??

    BalasHapus
  3. masih :), Lesehansoftwer.blogsport.com

    BalasHapus