Laman

Iklan

Sabtu, 07 November 2009

Cara Agar Blog atau Website Bisa Terindex Oleh Google

Dengan membaca petunjuk ini akan membuat website atau blog anda bisa ditemukan dan terindex oleh Google dan memberikan rangking pada blog atau website anda. Jika anda memilih untuk tidak melakukan sesuai petunjuk ini, akan tetapi saya sangat menganjurkan kepada anda untuk memperhatikan kepada petunjuk yang saya berikan yang secara garis besar mencegah agar jangan sampai blog atau situs yang telah susah payah anda buat itudihapus secara keseluruhannya dari index Google. Jika sebuah situs atau blog dihapus dari index Google, maka tentunya blog itu tidak akan muncul lagi pada hasil pencarian Google.com atau partner Google lainnya. Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi pada situs kita, bukan?

Lalu bagaimanakah caranya agar blog atau website kita bisa cepat terindex oleh Google? Pertanyaan seperti ini biasanya sering diajukan oleh blogger pemula yang ingin agar blognya tampil pada halaman Google, syukur-syukur bisa tampil pada halaman pertama dan mendapat urutan satu.

Tidak usah khawatir, saya akan mencoba menjawab pertanyaan itu dengan beberapa trik yang sebenarnya ini adalah petunjuk yang diberikan oleh situs resminya Google sendiri yang saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Berikut adalah jawaban dari pertanyaan di atas:

Secara Garis besar ada 4 hal yang harus dilakukan agar blog atau website kita terindex oleh Google, yaitu:

1. Desain dan konten blog
2. Secara tekhnis
3. Harus sesuai dengan prinsip dasar
4. Beberapa hal yang harus dihindari

Jika Blog anda telah siap, maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah:
Daftarkan blog anda itu ke http://www.google.com/addurl.html
Daftarkanlah sebuah peta situs (Sitemap) menggunakan Google Webmasters Tools. Hal ini berguna agar Google bisa mempelajari situs atau blog anda untuk menambah jumlah halaman anda pada index Google.

1. Petunjuk Pengisian dan Design Blog

- Buatlah sebuah situs atau blog dengan hirarki yang jelas dan tulisan yang dikasih link, setiap halaman paling tidak harus dapat satu teks dengan link.
- Tawarkanlah sebuah peta situs kepada pengunjung anda dengan link yang mengarah kepada bagian terpenting dari blog anda. Apabila peta situs itu lebih dari seratus, maka anda harus menaruhnya ke halaman yang lain.
- Tulislah sebuah informasi yang berguna, dan tulislah halaman yang secara jelas menggambarkan content blog anda.
- Penting sekali bagi anda untuk memikirkan kata kunci yang tepat dan banyak di tulis orang pada mesin pencari agar blog anda bisa ditemukan orang lain, dan pastikan bahwa di halaman anda benar-benar mencantumkan kata kunci itu.
- Cobalah menggunakan text sebagai pengganti gambar untuk menampilkan nama, isi atau links. Software perayap Google tidak mengenali text yang dimasukkan di dalam gambar. Apabila anda memang harus menggunakan gambar untuk textual content, cobalah menggunakan “ALT” untuk memasukkan beberapa kata yang mendeskripsikan tes itu.
- Pastikan dulu bahwa elemen judul anda dan atribut ALT benar-benar dapat mendeskripsikan content anda dan akurat.
- Periksalah, mungkin ada link yang rusak dan betulkan HTML nya.
Jika anda memutuskan untuk membuat sebuah halaman yang dinamis, maka berhati-hatilah, sesungguhnya tidak setiap jaring perayap search engine mudah merayapi halaman dinamis seperti halaman-halaman yang statis.
- Usahakanlah agar link yang diberikan pada tiap halaman itu dalam jumlah yang wajar (kurang dari seratus).

Bersambung.....

Related Posts:
Gratis Hosting 50 mb
Cara Membuat Banner
Cara Menambahkan Situs Pada Google
Tukaran Link Yuk

Cara Membuat Drop Down Menu
Trik Baru Posting Di Blogger dan Wordpress
Cara membuat Readmore Pada Posting blogger
Cara membuat Kotak Komentar Pada Blogger

Tulisan lainnya:
Produk Terbaru dari Microsoft
Beberapa Peristilahan Dalam Ilmu Komputer Yang Perlu Diketahui
Cara Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer Yang Kabur
Bill Gates

Cara Menanggulangi Virus Komputer

9 komentar:

  1. Saya mempunyai blog dan blog itu baru saya buat kemaren, tapi pas saya cari di google kok tidak muncul y?? Kan di blog saya saya kasih tulisan tips sms gratis.
    Dan alamat blog saya adalah
    http://waruxmania.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Hmmm....
    Sebelumnya setelah saya periksa blog anda dgn postingan judul tsb ternyata masih belum memenuhi kriteria seperti yg telah saya tulis di atas. Cobalah menulis dengan serius dan perhatikanlah kriteria2 yg harus anda sertakan! Tulislah isi yg tidak terlalu banyak, tp jangan jg terlalu sedikit. Dan yg lebih penting lagi adalah kata kunci yg harus dipunyai oleh judul blog anda. trims!

    BalasHapus
  3. gimana dong mas ..udah 2mg nge blog,postingan uda 11 tapi kok masi zero pengunjung.ada waktu ngunjungi blog saya ngaak?? trus kasi komen kurangnya dimana?? please...... trus mau tanya caranya ngecek link kita dah dipasang ma bloger laen gimana. timakasih sebelumnya.. sukses terus...

    BalasHapus
  4. Masalah zero pengunjung mungkin blognya mas Farid terletak pada nomor urut yang kesekiannnn..... Jadinya gak ditemukan oleh orang lain. Agar bisa dikunjungi orang blog kita harus bisa tampil pada nomor urut yg bagus pada search resultsnya si mbah Google. Untuk ini memerlukan kata kunci dan beberapa trik pendukung. Gak sulit, kok.
    Mohon maaf, mana alamat blognya mas agar saya bisa berkunjung.
    Trims!

    BalasHapus
  5. http//dokterdoc.blogspot.com saya tunggu masukanya mas. kayae di judul udah lumayan buat jualan,tinggal trik yang mana lg nih mas dini farid

    BalasHapus
  6. Sebelumnya mohon maaf. Bukannya sy menggurui. Menurut saya utk judulnya memang menjual, tp harus ada kata kunci pada konten blog mas Farid. Bahkan kt kunci itu bisa disisipkan pada kotak komentar, lho! Sbb kata kunci inilah yg nantinya akan muncul pd search resultnya Google. Adapun pd konten blog mas, mhn maaf sy blm menemukannya pd bbrp buah postingan. Maaf, sy tidak cek semua. Kurangnya yg utama pd mslh ini.
    Utk ngecek link kita ada cara tertentu bisa dgn submit ke Google Webmaster. Tp yg mudahnya biasanya blog tukaran link ngasih tau di mana link blog kita akan dipajang.
    Utk link ke blog saya sepertinya mas Farid salah menaruhnya atau bukan pd tempat biasanya. Bukannya menaruh di arsip blog.
    Silakan pelajari cara menaruh link blog lain pd tulisan saya dengan judul 'tukaran link.'
    Jangan menyerah.
    Semoga sukses!

    BalasHapus
  7. mw tanya ni mas. gimana cara pakainya webmaster tools itu dan apa maksudnya daftarkanlah sebuah peta situs(sitemap) tolong dikasih tau caranya y.

    BalasHapus
  8. Kamu bisa mengetikkan webmaster tools pada google. Selanjutnya buatlah akun webmaster. Ikutilah petunjuk yg diberikan oleh situs tsb.Mengenai peta situs ada petunjuknya juga di sana.

    BalasHapus
  9. kalo supaya bisa diapprove googel adsense gimana? sya sudah membuat blog dlam bahasa inggris, dengan jumlah 10 tulisan masih ditolak juga. Apakah karena tidak diputus per halaman? atau karena isinya copas? atau karena layout yang masih berantakan? atau karena belum ada katagori? Mohon sharing. Blog ini juga ga didaftarkan di google adsense kenapa? padahal pengikut dah banyak.

    BalasHapus