Laman

Iklan

Jumat, 20 November 2009

Beberapa Hal Yang Perlu Kita Pertimbangkan Dalam Menggunakan SEO

SEO adalah singkatan dari kata ‘search engine optimization’ atau search engine optimizer, yang bila diartikan ke bahasa Indonesia adalah ‘Optimalisasi Mesin Pencari’. Keputusan menggunakan SEO adalah sebuah keputusan tepat yang bisa membuat sebuah situs terkenal karena muncul pada hasil pencarian Google pada rangking yang bagus. Yang lebih menguntungkannya lagi adalah bahwa Google tidak pernah meminta bayaran untuk memasukkan atau memberikan rangking sebuah situs pada hasil pencarian Google. Bahkan Google berbagi informasi yang gratis tentang bagaimana caranya untuk mengoptimalkan situs kita pada hasil pencarian. Informasi gratis ini dapat anda temukan pada link di bawah ini dalam bahasa Inggris:

Webmaster Tools
Webmaster Central Blog
Discussion forum

Sebelum memulai membuat blog atau bagi anda yang telah mempunyai blog, alangkah baiknya apabila kita mengetahui lebih jauh dan lebih mengenal bagaimanakah cara kerjanya Search Engine itu. Saya merekomendasikan anda untuk mempelajari dari link di bawah ini:

Google Webmaster Guidelines
Google 101: How Google crawls, indexes and serves the web

Apabila anda telah berencana untuk menggunakan tekhnik SEO, maka semakin cepat semakin baik. Waktu yang tepat adalah ketika anda memutuskan untuk mendesain ulang situs anda atau berencana untuk meluncurkan sebuah situs yang baru. Dengan begitu kita dapat yakin bahwa situs kita itu telah didesain sesuai dengan ketentuan Search Engine Google.

Yang sangat disayangkan adalah selagi Google mau berbagi infomasi layanan yang berharga mengenai SEO, ada beberapa pakar SEO yang termasuk dalam daftar hitam disebabkan oleh usaha mereka melakukan manipulasi search engine results dengan cara yang tidak fair. Dengan Melakukan hal itu maka berarti telah merusak ketentuan Google yang bisa menyebabkan hal negatif bagi kehadiran sebuah situs pada Google, atau bahkan yang lebih parah lagi adalah penghapusan situs itu dari index Google. Wah, tentunya kita berharap hal ini tidak akan pernah terjadi pada situs yang telah susah payah kita kelola, bukan?

Beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam menggunakan SEO

Berhati-hatilah terhadap perusahaan SEO dan konsultan atau agen web yang mengirim email tanpa diminta. Tawaran-tawaran yang menjanjikan, namun cara kerjanya tidak jelas sebaiknya anda tidak langsung melayani permintaan itu demi keselamatan situs anda pada search engine.

Tidak ada Seorang pun yang dapat menjamin mendapatkan rangking 1 pada Google

Berhati-hatilah terhadap pengusaha SEO yang menjamin bisa memberikan rangking 1 pada situs anda. Mereka mengaku mempunyai hubungan khusus dengan Google, atau mengiklankan diri mendapat prioritas utama oleh Google. Ketahuilah bahwa sesungguhnya tidak ada prioritas utama untuk Google. Pada kenyataannya satu-satunya cara untuk mendaftarkan situs ke Google adalah dengan langsung mendaftar pada situs Google itu dengan alamat: Add URL atau dengan mendaftarkannya pada Sitemap dan anda bisa mendapatkannya dengan tanpa perlu mengeluarkan ongkos sama sekali.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang harus kita pertimbangkan dalam menggunakan SEO yang penting kita ketahui. Untuk kelanjutan masalah ini Insya Allah akan saya tulis pada postingan saya berikutnya.
Selamat berkarya dan semoga sukses!

Related Posts:


3 komentar:

  1. betul mas. .

    setelah baca artikel mas rusdi,saya malah pny rencana nih hehe

    BalasHapus
  2. Rencana apa, mas? mau nikah? hehehe...
    Maaf bercanda...

    BalasHapus
  3. Terima Kasih Gan infonya - sharingnya :)
    Salam dr Kami : http://www.seragamkaosjaket.com - share dan like ini juga yha Agan2 link berikut : https://www.facebook.com/pages/pesan-seragam-kantor/101628176608223?ref=hl :)

    BalasHapus