Halaman

Iklan

Jumat, 05 Maret 2010

Beberapa Tips Dalam Memperluas Jaringan Sosial

Pada saat ini situs jaringan sosial yang dijalankan secara online telah menjadi trend dan dapat dinikmati oleh segala lapisan masyarakat. Tidak hanya anak muda dan mahasiswa bahkan orang yang sudah dewasa serta orang kantoran sekali pun telah kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook ini.

Menurut data terakhir ComScore’s (perangkat industri online untuk mengukur khalayaknya) lebih dari 600 juta orang menjadi pengguna aktif jaringan sosial, blog dan situs foto.

Sementara penelitian yang dilakukan Synovate untuk Microsoft dengan subyek usia 15-24 tahun di Asia, menunjukkan bahwa kaum muda Asia menghabiskan waktu rata-rata hampir 5 jam (4,8 jam) per-hari hanya untuk online.

Memang menyenangkan banyak mempunyai teman, bahkan dapat mengungkapkan segala unek-unek dan keluh kesah kita pada jejaring sosial ini. Namun apabila kita telah kecanduan, jadi lupa waktu,deh…akibatnya, bukan hanya mengganggu kesehatan, bahkan juga menyebabkan kita melalaikan kewajiban yang harus kita kerjakan.

Berikut adalah beberapa tips dalam memperluas jaringan sosial yang bermanfaat bagi kita dalam mengikuti trend dunia yang sudah mewabah bak virus ganas ini. Semoga dengan memperhatikan beberapa tips dalam memperluas jaringan sosial yang saya berikan ini dapat menjadi rem bagi yang kecanduan dan tidak justru berakibat negatif bagi kita.

Pandai Memilih

Ada banyak sekali situs jaringan sosial yang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja yang menginginkannya. Saya sebutkan saja seperti halnya Facebook, Twitter, De.li.cious, Flickr, Picasa Web, Ning, Linkedin dan lain-lain. Tentunya kita tidak dapat mengikuti semuanya, bukan? Saya pun menyarankan anda hanya memilih dan aktif pada salah satunya saja. Jangan tergiur dengan tawaran untuk bergabung dengan banyak situs jaringan sosial itu karena akan menyebabkan anda lupa waktu dan hanya akan membuang-buang tenaga. Tanyakan dulu pada diri anda, untuk apa anda bergabung dengan situs jaringan sosial? Apabila hanya untuk menambah teman, sebaiknya ada batasnya. Jika tujuan anda adalah untuk promosi dan bisnis online, maka memang semakin banyak jaringan social yang anda ikuti, semakin, baik bagi bisnis anda itu. Tapi semuanya tergantung kepada bagaimana anda mengatur waktu anda . Untuk ini saya lebih menyarankan anda utk bergabung dengan situs jaringan yang lebih besar seperti Facebook, Friendster, Windows Live Home Page atau MySpace.

Fokus

Karena anda telah bergabung dengan banyak situs jaringan social, tentunya akan kerepotan apabila harus mengecek satu persatu perkembangan terbaru setiap harinya. Oleh karena itu anda harus tetap fokus pada salah satu yang anda anggap paling menguntungkan dan lagi digandrungi oleh semua orang di seluruh dunia. Lebih baik fokus pada salah satu daripada melompat ke sana kemari yang bisa berakibat anda tidak konsentrasi.

Introspeksi Diri

Karena beberapa situs jaringan social memberikan tempat yang tidak sedikit bagi anggotanya untuk mengupload content atau foto, maka orang pun lebih suka mengupload sebanyak-banyaknya foto pribadinya yang menurut saya justru hal itu tidak akan banyak manfaatnya. Kenali dan introspeksilah diri anda. Siapakah anda dan apa manfaat atau tujuan anda mengedarkan banyak foto tersebut. Kalau artis yang suka mengupload foto-fotonya maka hal itu wajar karena mereka memang diidolakan oleh banyak masyarakat. Beda dengan kita sebagai orang awam yang tidak dikenal kecuali teman satu kampung. Belum tentu foto kita akan dilihat orang. Pandai-pandailah mengatur dan menjaga informasi tentang diri yang ingin Anda tampilkan. .. Buatlah pengaturan privasi secara baik

Tetap Aktif

Usahakan agar anda berhubungan dengan teman-teman secara rutin, misalnya ikut ambil bagian dalam suatu diskusi atau sekedar mencurahkan uneg-uneg yang ada dalam hati. Alangkah lebih baik dan manfaat lagi apabila anda mengikuti perkembangan dalam negeri dan dunia dan mengomentari tentang kejadian atau peristiwa-peristiwa penting yang telah terjadi. Tapi pandai-pandailah memilih kata karena tulisan anda akan dapat dilihat oleh orang di seluruh dunia. Jangan sampai kalimat yang anda keluarkan itu menjadi boomerang atau masalah untuk anda karena menyinggung seseorang.

Ada Batasnya

Berhubungan dalam jaringan sosial secara online memang sangat mengasyikkan. Tapi yang perlu diingat adalah jangan sampai hal ini membuat kita terlena sampai lupa waktu dan melalaikan tugas kita yang lainnya. Targetkanlah berapa lama dalam satu hari anda duduk di muka komputer hanya untuk berkomunikasi melalui situs jaring sosial ini. Jangan sampai anda melebihi batas waktu dari yang telah ditargetkan tersebut.

Demikian. Semoga bermanfaat!

Related Posts:

  1. Mengenal Cara Kerja Google
  2. Trik Mempercepat Download
  3. Asyiknya melihat Bintang Di Langit Dengan Google Earth
  4. Jaminan Kebebasan Menulis Bagi Para Blogger
  5. Cara Mendownload Musik dan Video Pada Situs Multiply
  6. Cara Download Video Dari Youtube.com

2 komentar:

  1. wah tips yang sangat bermanfaat untuk diikut kita dalam penerapannya, thanks so much.

    BalasHapus