Laman

Iklan

Jumat, 22 Januari 2010

Mengenal Cara Kerja Google

Pada saat ini dunia teknologi dan informasi hampir menjadi dua kata yang tak bisa dipisahkan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, semua informasi di seluruh dunia dapat diketahui oleh semua orang hanya dengan membaca koran, menonton televisi, dan yang paling canggih lagi adalah melalui internet. Bahkan dengan melalui internet ini orang bisa menentukan informasi tentang apa saja yang dikehendakinya dalam beberapa saat hanya dengan mengetikkan beberapa kata kunci pada Search Engine seperti Google.

Tentunya banyak orang yang terkagum-kagum dengan cara kerja Google yang dapat begitu mudah menyajikan seluruh informasi yang dicari hanya dalam beberapa saat itu. Bagaimana sih caranya kok Google bisa memberikan informasi sesuai yang kita butuhkan? Tentunya ada penjelasan ilmiah tentang hal ini. Silakan simak baik-baik tentang cara kerja Google yang saya sajikan di bawah ini:

Tentunya anda pernah mencari informasi tentang sesuatu di sebuah buku besar, bukan? Nah, penjelasan secara ringkasnya seperti itulah yang selama ini dilakukan oleh Google. Ketika kita melakukan pencarian melalui Google, Program Google lalu memeriksa index yang ada pada database untuk menemukan hasil pencarian yang paling relevan untuk disajikan kepada kita.

Untuk penjelasan secara detilnya ada tiga proses di dalam pengiriman informasi kepada kita, yaitu;

  1. Crawling

    Crawling atau perayapan adalah satu proses di mana mesin Google menemukan halaman situs yang baru dan diupdate untuk ditambahkan pada index Google.

    Google menggunakan satuan komputer yang besar untuk merayapi jutaan halaman pada website. Program yang melakukan perayapan itu disebut Googlebot (atau biasa dikenal dengan nama sebagai sebuah robot, bot atau spider). Googlebot menggunakan proses algoritma: yaitu program komputer yang menentukan situs mana yang akan di rayapi, seberapa sering, dan berapa banyak halaman yang akan diambil dari setiap situs.

    Google merayapi proses dimulai dari daftar URL situs, yang dihasilkan dari proses perayapan atau pencarian yang baru dilakukan, dan ditambahkan dengan data Sitemap atau peta situs yang diberikan oleh webmaster. Ketika Googlebot mengunjungi setiap dari website ini ia akan mendeteksi link-link pada setiap halaman dan menambahkannya ke daftar untuk dirayapi.

    Google tidak menerima pembayaran untuk merayapi sebuah situs, akan tetapi Google mendapatkan bayaran dari layanan AdWords, sebuah layanan pemasangan iklan bisnis yang dikelola oleh Google.

  2. Indexing

    Googlebot memproses setiap halaman yang dirayapi untuk menyusun index raksasa dari setiap kalimat yang dilihatnya dan lokasinya pada setiap halaman. Sebagai tambahan, Google memproses informasi termasuk kata kunci kontent tags dan atribut, seperti judul tags dan
    ALT atribut. Googlebot bisa memproses banyak, tapi tidak semua jenis content. Sebagai contoh, Google tidak bisa memproses content yang terdiri dari beberapa rich media file atau halaman dinamis.

  3. Serving Results (Penyajian hasil pencarian Google)

    Ketika seorang pengguna internet memasukkan kata kunci informasi yang ingin dicarinya, mesin Google mencari index untuk menyesuaikan halaman dengan kata kunci tersebut dan menyajikan hasil pencarian yang menurutnya paling relevan dengan yang dimaksud oleh pengguna internet. Ada lebih dari 200 faktor yang menjadi pertimbangan, salah satunya adalah PageRank. PageRank adalah ukuran bahan pertimbangan yang penting dari sebuah halaman berdasarkan link yang didapat dari halaman lain. Secara ringkasnya, setiap link ke halaman sebuah situs dari situs lain menambah peringkat atau PageRank ke situs tersebut. Tidak semua link sama. Google telah berusaha keras untuk meyakinkan penggunanya untuk meneliti link spam dan lainnya yang berparuh negatif dalam hasil pencarian. Jenis link yang terbaik adalah yang diberikan berdasarkan kualitas dari konten situs itu.

    Agar sebuah situs mendapatkan peringkat yang bagus di dalam hasil pencarian adalah dengan memastikan bahwa Google bisa merayapi dan mengindex situs anda dengan benar. Untuk mempelajari masalah ini silakan klik link ini.

Semoga bermanfaat dan sukses untuk anda!

3 komentar:

  1. mas artikelnya bagus banget.izin copy paste artikel nya ya

    BalasHapus
  2. Copy paste diizinkan asalkan mencantumkan link kepada sumber tulisan ini.
    Terima kasih!

    BalasHapus
  3. Satu perajaran dari sebuah artikel yang anda tulis, saya ucapakan banya terimakasih mungkin tidak hanya bermanfaat bagi saya akn tetapi ber manfaat untuk semua orang juga.

    kunjungan balik blog

    haturnuhun :D

    BalasHapus