Laman

Iklan

Selasa, 19 Januari 2010

Mencari Ide Menulis Itu Tidak Susah

Seperti yang pernah saya bilang pada postingan sebelumnya bahwa membikin blog itu gampang, akan tetapi yang gak gampang bagi sebagian blogger adalah mengelola blog tersebut hingga mencapai target yang diinginkan. Target umum dari sebuah blog biasanya adalah traffic rank atau jumlah kunjungan yang banyak, baru mendapatkan keuntungan berupa materi atau kepuasan dari blog yang telah susah payah dikelola tersebut.

Masalah yang semua blogger pernah mengalaminya, tidak perduli yang sudah master atau newby ato pemula adalah kehilangan ide dalam menulis. Pada suatu waktu blogger akan mengalami hal ini yang berakibat pada menurunnya jumlah kunjungan karena blog tidak diupdate dalam jangka waktu tertentu.

Untuk mencari ide menulis atau agar jangan sampai terjadi kemacetan dalam menulis artikel pada blog semua orang mempunyai tekhnik dan triknya masing-masing. Pada kesempatan ini saya hanya ingin share kepada sesama blogger mengenai mencari ide menulis pada blog yang sebenarnya tidak susah-susah amat.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mulai membikin blog

1. Hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membikin blog adalah tema. Tema apa yang akan anda pilih menentukan kelancaran postingan anda nantinya. Tulislah hal-hal yang telah anda kuasai atau ingin anda kuasai. Misalkan anda telah menguasai komputer, tulislah tema mengenai ilmu komputer. Atau anda adalah seseorang yang sangat ingin bahkan berambisi untuk menjadi seorang blogger, buatlah tema mengenai tips atau trik seputar dunia blogging. Misal Tema adalah ‘Dunia Blogging’. Saya bilang seperti ini karena dengan menulis sesuatu yang belum anda kuasai tapi anda sangat ingin menguasainya anda akan mendapatkan dua keuntungan. Pertama, anda akan termotivasi untuk mempelajari tips dan trik blogging. Kedua, begitu anda mengetahui trik atau caranya lalu anda praktekkan, anda pun bisa menulis pengalaman atau ilmu yang baru anda pelajari itu untuk dishare kepada blogger lainnya. Praktis, bukan?

Dari tema yang telah anda bikin itu, buatlah terlebih dulu sub tema apa saja yang akan ditulis nantinya. Umpamanya:

Tema anda adalah Dunia Blogging. Sub tema:
Tips dan Trik bikin blog
Cara mempercantik blog
Tekhnik agar blog bisa terindex oleh Google
Cara Meningkatkan Traffic kunjungan blog
Dll…

Sub tema di atas belum anda kuasai, tapi anda ingin mengetahui lalu menguasainya baru bisa anda share.
2. Yang juga sangat penting adalah domain. Usahakan nama domain juga sesuai tema. Misal, seandainya anda menulis tentang dunia blogging pada blogspot maka berilah nama blog anda itu dengan duniablogging.blogspot.com. Kalau nama ini sudah ada yang punya usahakanlah memberi nama yang agak mirip.
3. Usahakanlah membuat judul sesuai dengan tema. Tapi kalau lagi nemu jalan buntu, ya gak apa apabila anda menulis judul tidak sesuai dengan tema blog anda. Yang penting jangan sampai berhenti menulis hanya gara-gara masalah judul yang tidak selaras dengan tema blog.

Trik Agar Tidak Kehabisan Modal Dalam Menulis Blog

Kehabisan modal? Wah, bangkrut dong.

Ada beberapa hal yang selalu saya lakukan agar tidak kehabisan ide atau modal dalam menulis.

  1. Sering berkunjung ke blog lain.
  2. Menyusun rencana atau judul-judul yang akan diposting nantinya. Judul di sini sudah ada gambarannya dari tema blog yang sudah direncanakan tadi.
  3. Melakukan pengkategorian tentang isi atau judul postingan.
  4. Sering mendownload ebook gratis dan banyak belajar di sana
  5. Yang paling sering aku lakukan adalah berkunjung ke blog lain lalu apabila ada di antaranya yang menarik aku simpan blog itu ke komputer dengan mengklik save as. Suatu waktu apabila ada waktu kosong kupelajari tulisan itu lalu dapat ide untuk menulis tema yang dilhami dari tulisan orang tersebut. Tapi saya keberatan kalau dibilang menjiplak atau copas, sebab yang saya ambil adalah ide judul atau tulisan tersebut dengan membikin judul dan isi baru yang berbeda.
  6. Sering berkunjung ke situs-situs berbahasa Inggris atau situs resmi dari sebuah perusahaan seperti situs resminya mbah Google. Dengan begini saya bisa dapat petunjuk yang valid mengenai suatu masalah. Setelah mendapat petunjuk lalu saya terjemahkan tulisan tersebut dan dishare lewat blog. Untuk memudahkan saya menterjemahkan bahasa Inggris, saya menggunakan Transtool. Bagi yang tidak mempunyai software ini, anda bisa menggunakan Google Transtool aja. Dengan Software ini akan bisa menterjemahkan banyak bahasa.
  7. Apabila lagi mampet, maksudnya gak dapet ide juga bisa mencari blog yang mengizinkan tulisannya dicopas walau dengan syarat harus menyertakan link atau sumber tulisan. Yah, gak papa sekali-sekali meskipun dibilang gak kreatif, tapi kan gak ada yang marah. Hehehe! Tapi yang satu ini hanya apabila terpaksa, artinya sudah kehabisan ide menulis.

Selamat menulis. Semoga sukses!

1 komentar: