Laman

Iklan

Sabtu, 16 Januari 2010

Cara Memindah Blog Kita ke Webhosting Berbayar Milik Kita

Mempunyai blog dengan domain dan hosting gratis memang enak. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian domain dan sewa tempat hosting, juga kita tidak dibebankan dengan keterbatasan bandwith yang bermuatan kecil. Kita bisa sebanyak-banyaknya menulis dan mengupload file. Akan tetapi blog gratisan juga mempunyai keterbatasan, di antaranya kita tidak bisa membikin nama domain dengan yang kita kehendaki. Apabila anda mempunyai blog di blogspot, maka alamat domain anda adalah: namadomainanda.blogspot.com.

Bagi yang sudah lama menjajal blog gratisan dan sekarang ingin mempunyai blog yang berbayar biar kelihatan lebih profesional, anda tidak perlu menulis ulang postingan anda itu. Bahkan kita bisa memindah isi postingan blog dan lain-lainnya ke domain webhosting berbayar yang telah kita beli dan telah sah menjadi milik kita itu.

Bagi yang mempunyai blog di blogspot silakan baca tutorial memindah blog kita ke webhosting berbayar di bawah ini.

  1. Klik Dashboard
  2. Klik Pengaturan dari blog yg akan anda atur
  3. Klik Publikasikan
Akan ada teks seperti ini:

Anda berpublikasi di blogspot.com
Berpindah ke:

• Domain Kustom (Arahkan nama domain terdaftar milik Anda sendiri ke blog Anda)
• FTP (penerbitan di server ISP Anda)
• SFTP (penerbitan aman di server ISP Anda)
Klik FTP
4. Di sini akan ada isian yang harus anda isi:Server FTP : isikan misalnya ahrusdi.com
URL Blog. misalnya ahrusdi.com
5. Alamat FTP: berupa direktori yang ada di server kita, jika kita menginginkan mempublikasi file blogspot di root folder atau folder utama, kosongi isian ini.
6. Nama Berkas Blog: isikan index.html
7. Nama file feed: isikan atom.xml

8. Username FTP: biasanya berupa username cpanel hosting web anda

9. Password FTP: biasanya berupa password cpanel hosting web anda

10. Verifikasi Kata : masukkan kode kata yg ditampilkan

11. Klik Simpan Setelan


Selesai!

Kini anda telah mempunyai blog yang hak kelola sepenuhnya di tangan anda.
Semoga sukses!

12 komentar:

  1. makasih infonya....trims...visit back giriayoga.blogspot.com...n juga blog ini uda tak follow,follow balik ya???

    BalasHapus
  2. Dear Om Rusdi,

    Artikel ini sangat bermanfaat tp sy masih kesuitan nih. Saya sdh beli domain berbayar di google n mnrt mrk domain sy yg lama dari www.domain.blogspot.com akan berubah ke www.domain.com stlh 3 hari tp stlh 3 hari kok malah error dan gak bs dibuka dua2nya. Saya sudah coba otak atik ttp tdk bs. Mohon bantuannya om...
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  3. nice info mas..

    kira2 blog lama tersebut bisa dikembalikan lagi nggak kalau domain berbayar kita tidak diperpanjang?

    BalasHapus
  4. Sy pernah menghapus domain gratisan sy. Tp stlh jangka waktu bbrp bulan sy ingin balik lagi ternyata msh bisa mengembalikan domain gratisan yg tlh dihapus itu. Klo mslh pindah domain sy nggak tahu krn nggak pernah nyoba. Biasanya ada keterangannya pd domain gratis atau berbayar ttng mslh tsb. Mungkin di antara pembaca ada yg ingin menambahkan....

    BalasHapus
  5. Pak, saya punya http://retrobikini.blogspot.com/. Dan blog tersebut banyak mengunakan gambar. Kira-kira webhosting apa yang cocok bagi blog tersebut? tembakaudesa@gmail.com

    BalasHapus
  6. Akan lebih baik jika postingan ini disertai gambar gan, biar lebih jelas

    BalasHapus
  7. betul http://liputan7one.blogspot.co.id

    BalasHapus
  8. betul http://liputan7one.blogspot.co.id

    BalasHapus
  9. terimakasih tipsnya gan, saya masih nabung2 nih buat beli hosting+domain berbayar hehehe sementara maen2 di ppd dulu buat kumpulin balance $ nya.

    BalasHapus
  10. bagus informasinya mudah dimengerti..
    tq min

    BalasHapus