Laman

Iklan

Sabtu, 04 Desember 2010

Cara Berhitung Pada Microsoft Excel

Dulu sebelum tahu caranya berhitung pada Microsoft Excel, saya melakukan penghitungan untuk tugas kantor dengan menggunakan kalkulator. Kalau dulu kala berhitung dengan menggunakan kalkulator adalah cara yang canggih dan tercepat. Tapi sekarang ternyata ada yang lebih cepat lagi. Yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel. Hebatnya kita dapat menghitung angka dan hanya dengan mengetikkan bilangan yang kita inginkan maka jumlahnya akan berubah secara otomatis. Yang kita lakukan hanya satu kali memformat untuk penjumlahan, pengurangan, pembagian dan lain-lain yang kita inginkan.
Baiklah, langsung saja silakan pelajari teknik berhitung pada Microsoft Excel berikut ini.

Untuk berhitung penjumlahan, yang perlu anda lakukan adalah memblok bilangan yang ingin anda jumlahkan tersebut serta satu sel kosong di sebelahnya lalu klik tombol ‘sum’ (∑). Maka secara otomatis komputer akan memberikan hasil dari penjumlahan tersebut. Untuk menghitung hasil rata-rata dari suatu nilai anda bisa menggunakan (Average), yaitu diklik tulisan di bawah tanda ‘sum’. Untuk lebih jelasnya silakan diklik gambar di bawah ini:



Untuk berhitung pengurangan, pembagian, dan perkalian pertama-tama tuliskan bilangan yang akan dikalikan lalu tuliskan tanda sama dengan setelahnya. Arahkan pointer mouse ke sel 1 dan klik tanda bintang. Setelah itu masuk ke sel dua dan tekan enter. Selesai. Untuk lebih jelasnya, silakan diklik gambar berikut ini:

Catatan:
Berhitung perkalian menggunakan tanda (*). Pengurangan menggunakan tanda ( - ). Dan pembagian menggunakan tanda ( / )
Sebenarnya masih banyak sekali fungsi-fungsi penghitungan dan lain-lain yang bisa dimanfaatkan pada program Microsoft Excel. Namun kali ini hanya ini yang bisa saya tulis.


Related Posts:

Beberapa Kriteria Virus Komputer
Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer
Beberapa Peristilahan Dalam Ilmu Komputer Yang Perlu Diketahui
Tekhnik Perbaikan Printer  
Cara Mengedit video

8 komentar:

  1. saya smpai skrng krang bisa dlam mnjalam kan microsoft xl ni.
    brikn penjelasan yank paling d mengerti.....?

    BalasHapus
  2. makasih infonya.
    ya emang kaya ribet kalw ngejumlah pake exel,
    tapi nanti saya coba.

    BalasHapus
  3. oke gan saya tunggu info selanjutnya.mksh

    BalasHapus
  4. mantap bener bagi-bagi ilmunya...maju terus..

    BalasHapus
  5. terima kasih banget infonya. sangat bermanfaat :)

    BalasHapus