Laman

Iklan

Selasa, 30 November 2010

Cara Mengedit Video

Setelah kita merekam sebuah moment penting menggunakan handycam atau hp kamera, hal selanjutnya yang harus kita lakukan agar video yang kita rekam tersebut menjadi enak ditonton adalah mengedit video yang telah kita rekam tersebut. Sebenarnya ada banyak sekali software di internet yang bisa digunakan untuk mengedit video ini, tapi untuk kali ini saya hanya akan mengupas cara mengedit video dengan menggunakan Windows Movie Maker yang sebenarnya sudah ada pada setiap Windows.
Cara Mengedit video menggunakan windows movie maker:

  1. Klik all program. Pilih ikon Windows Movie Maker
  2. Setelah jendela Movie Maker terbuka, untuk mulai bekerja silakan masukkan file video yang akan diedit dengan cara klik import video untuk mengedit video.
  3. Silakan drag file video yang sudah diimport tadi ke dalam storyboard dengan cara klik dan tahan kemudian geser salah satu atau beberapa file video ke dalam storyboard.
  4. Untuk membuat judul video atau menambahkan tulisan ke dalam video silakan klik make title or credits. Pilih salah satu opsi yang anda kehendaki. Anda pun dapat mengubah animasi teks dengan memilih pada pilihan animasi teks yang tersedia.
  5. Silakan pilih transitions yang anda kehendaki pada menu edit movie, view video transitons untuk menambahkan transisi ketika video beralih kepada step berikutnya.
  6. View video effects digunakan untuk menambahkan efek pada video seperti memperlambat sebuah adegan, menjadikannya hitam putih dan buram seperti video lama, efek pixelate dan lain-lain. Klik dan drag effek video ke dalam timeline video yang anda kehendaki.
  7. Anda dapat menambahkan file audio seperti musik atau lagu ke dalam beberapa atau seluruh adegan video anda.
  8. Anda juga dapat memasukkan gambar atau bahkan menjadikan gambar itu menjadi sebuah video slide show dengan cara klik import picture.
  9. Semoga berhasil!

    Related Posts:

17 komentar:

  1. tks. gan informasi penting nih buat saya.maklum bergelut di bidang itu.

    BalasHapus
  2. info menarik gan,, ane juga sering membuat video dengan move maker

    BalasHapus
  3. good job gan,aku praktekin langsung dan its work!!!!

    BalasHapus
  4. nanya sdikit gan,,, gmna tu cara nampilin atau mencoba videonya sebelum d save . . . -_-

    BalasHapus
  5. emang pake move maker bisa di percepat durasinya tampa harus memotong vidionya,,???

    BalasHapus
  6. wah mantep nih gan patut di coba . makasih infonya gan.

    BalasHapus
  7. gan kalo cara edit suara di video gimana.???
    pgn cba pke suara kartun
    hahahaha

    BalasHapus
  8. teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, Editing Film, master Animator, Master Officer

    BalasHapus