Laman

Iklan

Jumat, 11 Juni 2010

Tinta Warna Printer Tidak Sempurna

Bagi anda yang bekerja seperti mencetak foto menggunakan printer rumahan tentunya kesempurnaan catridge printer dalam menyemburkan seluruh tintanya sangat diperlukan. Apabila salah satu saja dari warna printer itu yang tidak sempurna atau bahkan macet, tentunya akan mempengaruhi keseluruhan hasil kualitas foto yang akan dicetak. Apabila ini dibiarkan, pastinya pelanggan atau anda sendiri akan kecewa karenanya. Lalu bagaimanakah cara mengatasi tinta warna printer yang tidak sempurna itu? Berikut tips dan trik memperbaiki tinta warna printer yang bermasalah itu:
1. Buka sebuah dokumen word atau excel. Klik file dan pilih print.
2. Klik properties yang ada pada sebelah kanan atas.
3. Klik Maintenance dan pilih cleaning. Printer akan bekerja memompa tinta yang ada di dalam catridge dan menghembuskannya keluar sehingga akan memaksa tinta yang membeku pada lobang kecil catridge untuk keluar. Dengan demikian maka nantinya printer dapat mencetak dengan normal kembali. Lakukanlah hal ini beberapa kali.
4. Cek hasil cleaning tadi dengan mengklik Nozzle check print check pattern. Printer akan mencetak kertas dengan menyemburkan warna hitam, merah, biru dan kuning. Silakan bandingkan hasilnya antara yang kiri dengan yang kanan seperti pada layar monitor. Apabila warna hasil cetakan tadi bergaris terputus-putus berarti belum sempurna.
5. Agar hasil lebih maksimal, klik deep cleaning. Setelah selesai, test lagi hasil deep cleaning itu dengan memilih Nozzle check. Ulang-ulangilah beberapa kali cara tadi sampai didapatkan hasil warna yang lebih sempurna.
6. Apabila masih belum berhasil juga, cara lainnya terpaksa catridge harus direndam dengan air hangat beberapa lama. Cara ini juga terbukti ampuh untuk mencairkan tinta yang membeku dan menutup lubang semburan catridge.

Tekhnik di atas dilakukan apabila kerusakan warna disebabkan oleh tinta membeku karena printer sudah tidak terpakai dalam jangka waktu minimal tujuh hari. Agar tidak tidak terjadi pembekuan pada lobang catridge maka printer harus sering dipakai, minimal dalam jangka waktu tiga hari harus ada mencetak keseluruhan warna. 

Agar printer jangan sampai lama tidak terpakai, ada tekhnik yang harus dilakukan yang biasanya saya pun menerapkan tekhnik ini….

Bagaimana caranya, mas?

Lho, ya gampang aja. Apabila saya punyak banyak pekerjaan yang harus dicetak tapi tidak mengharuskan segera selesai saya biasanya mencetak secara kredit. Maksudnya? Hari ini mencetak pekerjaan itu 30 persen, besok 30 persen dan hari lain sisanya. Gitu aja kok repot…. Ingat, printer tak ubahnya seperti motor. Agar mesinnya awet, maka tiap hari harus dihidupkan sebentar walaupun tidak akan dibawa ke mana-mana.
Tapi perlu diketahui, bahwa tidak mutlak kerusakan warna printer disebabkan oleh tintanya beku. Bisa juga disebabkan oleh karena terlalu banyaknya tinta printer memenuhi permukaan bawah catridge. Untuk mengatasi hal ini hanya perlu dibersihkan pada permukaan catridge tadi dengan menggunakan tisue.

Selesai!

Semoga berhasil!

Related Posts:

Tekhnik perbaikan printer 
Merubah tampilan Windowx XP Menjadi Vista
Cara membikin cover CD
Beberapa Kriteria virus komputer
Cara Menanggulangi virus komputer
Bill gates

8 komentar:

  1. terima kasih, sangat bermanfaat infonya..

    BalasHapus
  2. kayaknya ini catridge warna ane yang bermasalah mas :D
    udah di coba begitu juga tetep gak mau keluar ..
    nasib yaa nasiiibb :((

    BalasHapus
  3. Makasilah atuh...

    BalasHapus
  4. penjelasannya sangat efektif ... i like it ...

    BalasHapus
  5. printer saya hp deksjet d2466 tidak ada maintenance di properties nya gimana ya ??

    BalasHapus
  6. mas pas saya rendam tapi yang keluar cuma tinta warna iji stabilo doang sih

    BalasHapus