Laman

Iklan

Jumat, 04 Juni 2010

Catridge Printer Bocor

Berikut ini adalah pembahasan mengenai tekhnik perbaikan printer kelanjutan dari postingan saya sebelumnya. Silakan klik di sini untuk membaca tulisan sebelumnya itu.

Dalam mencetak dokumen, baik itu berupa file tulisan atau gambar, sering sekali kita mengalami permasalahan pada hasil cetakan printer. Printer yang saya bahas di sini khususnya yang bermerek Canon. Entahlah yang menggunakan printer merk lain, tapi biasanya permasalahan yang dihadapi dan cara memperbaikinya kurang lebih sama saja. Permasalahan hasil cetak itu di antaranya adalah tidak ada tulisan yang muncul, tulisan putus-putus atau hasil cetakan warna tidak sempurna.
Sebelum melakukan langkah perbaikan, maka harus diketahui dulu penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi.


Penyebab-penyebab cetakan printer bermasalah bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Disebabkan oleh tinta printer pada catridge sudah mulai habis
2. Disebabkan tinta printer sudah membeku atau sebagian telah membeku pada lobang bawah catridge
3. Yang terakhir justru bisa juga disebabkan oleh karena tinta printer bocor.

Pada postingan saya kali ini akan saya bahas pada penyebab yang terakhir saja.
Biasanya kalau catridge printer telah bocor atau tintanya justru melimpah pada lobang catridge akan menyebabkan hasil cetakan malah rusak atau bahkan tidak ada tulisan yang tercetak sama sekali.
Lalu bagaimana cara memperbaikinya?
Gampang saja, gak usaha panik apalagi sampai nekat membeli yang baru. Kan mahal harganya, ya? Gak jadi dong menghemat….!

Langkah-langkah Perbaikan Apabila Catridge Printer Telah Bocor:

1. Ambillah selembar tisue yang lembut. Tahanlah bagian bawah catridge printer yang bocor tadi beberapa lama sampai tidak menggenang lagi di bawah catridge. Silakan tes catridge tadi dengan mencetak beberapa lembar kertas.
2. Apabila hal di atas masih belum berhasil juga maka cara yang kedua adalah anda terpaksa harus menyedot tinta yang sudah ada dalam catridge tadi sampai habis dengan menggunakan jarum suntik. Setelah habis semua baru isi kembali tintanya dan lakukanlah tes hasil perbaikan tadi.
3. Langkah ketiga apabila cara yang kedua masih belum berhasil juga terpaksa anda harus membongkar catridge tadi dengan menggunakan pisau. Ambillah busa yang ada di dalam catridge dengan hati-hati dan jangan sampai merusak busa. Bersihkan catridge dari sisa-sisa tinta yang masih ada dengan merendamnya di dalam air sampai menjadi putih bersih. Setelah itu busa yang basah itu harus dijemur dulu sampai kering agar nantinya tinta yang akan disuntikkan tidak bercampur dengan air sehingga menyebabkan hasil cetakan tidak tajam. Setelah busa telah kering, pasang kembali busa ke tempat semula dan tutup catridge tadi dengan menggunakan lem Alteco. Kalau anda merasa kesulitan melem tutup catridge, ikatlah dulu catridge itu dengan menggunakan karet agar lem dapat menempel kuat. Setelah kering lem baru karet itu bisa dilepas.
4. Masih belum berhasil juga? Mungkin busanya telah rusak dan tidak bisa meresap tinta lagi. Gantilah dengan yang baru atau kalau ada yang bekas catridge rusak punya teman.
5. Masih belum berhasil? Cara yang terakhir ini pasti berhasil: Gantilah catridge printer anda dengan yang baru. Hehehe…..! sama juga bo’ong!

Sekian cara mengatasi tinta catridge yang bocor. Kalau ada yang mau menambahkan, silakan saja. Saya juga merasa bukan ahlinya.!

Semoga sukses!

 
Related Posts:

Tekhnik Perbaikan Printer

Merubah Tampilan Windows XP Menjadi Vista 
Trik Install Tulisan Arab Pada Komputer
Cara Membikin Cover CD
Cara Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer Yang Kabur


    6 komentar:

    1. pengalaman banget sepertinya...hehe

      BalasHapus
    2. Pilihlah No 5 :D

      BalasHapus
    3. oke gan ane will try this at home..

      BalasHapus
    4. mantap nih artikel_nya

      sob mau tanya kalou ngisi tinta yang di suntik jangan tembus busa yah sob jarumnya

      BalasHapus