Halaman

Iklan

Sabtu, 30 Mei 2009

Tips Agar Blog Bisa Diakses Lebih Cepat

Anda pernah mencoba membuka satu situs yang loadingnya sangat lambat, atau bahkan gagal dalam mengakses situs tersebut? Apa yang terjadi kemudian? Kemungkinan besarnya anda membatalkan untuk mengunjungi situs tersebut. Lalu kenapa hal itu bisa terjadi? Bagaimana cara mengatasinya? Berikut saya akan mencoba menguraikan beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut, tapi kali ini lebih dikhususkan kepada pengguna blogger atau blogspot dulu.
Post
Lamanya loading blog anda akan menjadi effektif dengan jumlah blog yang tampil pada halaman utama. Anda bisa dengan mudah melakukan edit jumlah post yang akan ditampilkan pada halaman utama dari Settings I formatting tab. Anda bisa memilih jumlah post yang ingin anda tampilkan pada halaman utama. Saya menyarankan anda menayangkan satu saja post pada halaman utama.
Java Script dan Link
Agar akses blog anda lebih cepat, saya menyarankan anda menggunakan Google/Bloger Widgets, JavaScript dan links. Bagaimanapun juga, apabila anda menggunakan JavaScript dan link, blog anda akan dapat diakses lebih cepat apabila anda menaruh semua JavaScript pada bagian bawah blog anda.
Gambar dan Video
Semakin banyak gambar, video dan multimedia yang lainnya maka akan semakin lambat blog anda diakses. Memang, gambar dan multimedia lainnya juga penting untuk memikat pengunjung blog anda, akan tetapi sangat penting sekali anda mengoptimalkan kecepatan akses ke blog anda. Apabila anda tidak menghiraukan hal seperti ini, maka para pengunjung akan membatalkan kunjungannya dan segera beralih ke website lainnya.
- Perkecil ukuran gambar anda atau gunakanlah thumbnails yang disisipi link menuju gambar ukuran penuh.
- Apabila anda menggunakan gambar yang disimpan di situs lainnya, maka sebaiknya menyimpannya di Album Web Picasa yang disediakan oleh Blogger.
- Apabila anda ingin memajang gambar dengan jumlah yang banyak, anda bisa mengupload semua gambar ke dalam Album Web Picasa dan berikan link ke album itu pada post di sidebar.
- Apabila anda telah menambahkan CSS ke dalam blog anda, pastikanlah bahwa anda menaruhnya pada bagian atas halaman.
- Hal yang paling penting dari blog anda yang dapat menarik perhatian pengunjung adalah bahwa mereka dapat mengakses blog anda dengan lebih cepat. Untuk menolong anda mengetahui bagian mana yang membuat akses menjadi lambat, maka saya punya saran yang bagus, yaitu menggunakan Stopwatch. Supaya bisa menggunakan Stopwatch caranya sangat mudah. Masukkanlah URL blog anda ke dalam text box dan kliklah “Start Stop Watch”. Dengan begitu maka Stopwatch akan membuka blog anda dalam sebuah bingkai dan akan menyimpan waktu akses setiap sesuatu pada blog anda, termasuk gambar, video, widgets dan lain-lain. Catatlah apa saja yang membuat akses blog anda menjadi lambat dan aturlah dengan hati-hati menggunakan saran-saran yang telah saya berikan.

6 komentar:

  1. wah sangat membantu nich bos ...emang lagi pengen setting blog saya supaya tambah ringan ngaksesnya :-) thnx for sharing

    BalasHapus
  2. artikel yang bagus... thank's

    kunjungi saya ya! http://indra-komputerartikel.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. info yang bermanfaat sob......lanjutkan tips dan triknya ....makasih sob

    BalasHapus