Laman

Iklan

Selasa, 12 Mei 2009

Sejarah Bruce Lee





Pada suatu pagi tanggal 27 Nopember 1940, (Pada tahun naga China), Lee Jun Fan telah lahir di San Francisco. Ibunya, Grace tidak pernah merencanakan memberikan sebuah nama Amerika, dan ayahnya pada waktu itu menyelenggarakan sebuah pertunjukan opera China yang populer di New York. Jadi sebenarnya adalah salah seorang pegawai rumah sakit yang memberikan nama Bruce. Ibunya tidak keberatan dan mulai saat itu bayi itu dinamai Bruce Lee. Seorang legendaris telah lahir.

Karier film Hongkong Bruce dimulai ketika dia Cuma berusia enam tahun. Sutradara dari film terakhir ayahnya melihat dia di suatu tempat dan dia sangat tertarik, lalu menawarkan Bruce bergabung di dalam film ayahnya itu. Ini adalah permulaan, pada masa berikutnya lebih dari dua puluh film dihasilkan dan terus meningkat kepopulerannya di antara para pemirsa Hongkong.

Bruce mulai berlatih beladiri terutama untuk mengatasi ketakutannya karena dihina di suatu perkelahian di jalanan. Dia banyak terlibat di dalam perkelahian tanpa alasan sama sekali. Dan apabila tidak menang, dia marah. Hasilnya, di bawah bimbingan seorang guru besar Yip Man Wing Chun, Bruce menjadi seorang ahli beladiri yang pandai, tidak pernah takut lagi untuk berkelahi. Bagaimanapun, Bruce sebenarnya mempunyai lebih dari seorang guru. Seiring dengan berjalannya waktu, Bruce tumbuh dewasa.

Bruce mulai berlatih beladiri terutama untuk mengatasi ketakutannya karena dihina di suatu perkelahian di jalanan. Dia banyak terlibat di dalam perkelahian tanpa alasan sama sekali. Dan apabila tidak menang, dia marah. Hasilnya, di bawah bimbingan seorang guru besar Yip Man Wing Chun, Bruce menjadi seorang ahli beladiri yang pandai, tidak pernah takut lagi untuk berkelahi. Bagaimanapun, Bruce sebenarnya mempunyai lebih dari seorang guru. Seiring dengan berjalannya waktu, Bruce tumbuh dewasa. Antusiasmenya terhadap beladiri semakin nyata. Dia adalah seorang pemuda, enerjik dan pilih tanding. Dia berkenalan dengan kungfu dasar Wing Chun. Sejak dia menjadi seorang yang sangat pandai, Mr. Yip sangat menyukainya dan mengajarkan dia banyak tekhnik rahasia kungfu Win Chun. Dia pun menjadi seorang ahli di bidang Kung Fu Wing Chun.

Ketika Bruce berusia kurang lebih empat belas tahun, dia menemukan bahwa tarian bisa menjadi sebuah kesenangan. Dia mempunyai ketangkasan untuk itu dan dengan cepatnya menjadi ahli, tidak pernah kekurangan penggemar. Banyak keseimbangan dan cara mengatur kaki menjadi jelas di dalam tekhnik pertarungannya nanti. Tarian favoritnya adalah Cha Cha, dan dia menghabiskan banyak waktu melatih tarian yang sulit dengan rutin. Dia sering menjadi juara tarian Cha Cha Hong Kong.

Pada usia 19 tahun, Bruce banyak terlibat di dalam perkelahian jalanan. Jadi pada tahun 1959 orangtuanya memutuskan untuk mengirim dia untuk tinggal dengan temannya di Amerika Serikat, ketika dia lulus sekolah SMA. Ketika dia tinggal di Seattle, Bruce diijinkan untuk tinggal di loteng restoran sebagai pertukaran atas jasanya sebagai seorang pelayan. Bruce menyelesaikan sekolah SMA dan melanjutkan kuliah. Pada siang hari dia pergi kuliah di Universitas Washington dan malam harinya dia bekerja di restoran. Setelah beberapa bulan dari saat ini, dia memutuskan bahwa gaya hidup seperti ini bukan untuk dia jalani. Dia berhenti dari pekerjaannya di restoran dan memulai mengajar Kung-fu. Pada usia dua puluh dua tahun, Bruce mengarang sebuah tulisan yang sangat unik yang dia beri judul ‘GUNG-FU CHINA’. Sebuah seni filosofis dari BELA- DIRI.

Sebelum Bruce menyelesaikan kuliah filsafatnya, dia bertemu dengan Linda Emery, seorang mahasiswi wanita berambut pirang yang mendaftarkan diri sekelas dengannya dan pada tahun 1964 mereka menikah. Setelah itu, dalam waktu singkat mereka pindah ke Kalifornia. Pada tahun 1965, anaknya Bruce, Brandon lahir. Beberapa tahun kemudian anaknya Shannon dilahirkan.

1 komentar: