Laman

Iklan

Minggu, 06 Desember 2009

Cara Mudah Membuat E Book


Jika anda adalah salah seorang yang hobi menulis dan punya bakat untuk menulis, maka segeralah salurkan bakat anda itu dan sebarluaskan karya anda ke seluruh pelosok Indonesia. Hanya dengan sekedar menulis informasi bahkan anda pun dapat meraup penghasilan yang lumayan.

Biaya cetak buku kan mahal?

Gampang, kali ini anda tidak perlu mengeluarkan ongkos biaya percetakan, anda cukup menulis di komputer anda dalam format e-book dan menyebar luaskannya lewat internet.

Bagaimana cara membuat e-book, saya kan tidak paham caranya?

Gampang, apabila anda serius ingin membuat e-book dan ingin tahu caranya membuat ebook, maka ikutilah tutorial saya di bawah ini:

Mmm… Sebelumnya saya ingin minta maaf seribu maaf. Sebenarnya tidak ada tekhnik atau cara khusus dalam membuat e-book. Tanpa saya ajari pun anda tentu sudah bisa melakukannya.

Penasaran?

Baiklah, saya terus terang saja, untuk membuat e book, yang anda perlukan hanyalah anda harus menulis terlebih dahulu pada software yang biasa anda gunakan, seperti Microsoft Word, Excel dan sebagainya, lalu setelah selesai, anda menyimpan file itu ke dalam bentuk PDF. Untuk bisa merubah ke dalam bentuk PDF, diperlukan software khusus yang banyak bertebaran di internet, dari yang gratis sampai kepada yang berbayar.
Contoh yang berbayar adalah:

Hyper Maker HTML by Bersoft – harga $ 195

Neobook – harga $ 189

Mediapacker – harga $ 9.95


Adobe Acrobat professional – harga $ ?

Bagaimana, apa anda mau membeli software tersebut hanya untuk membuat e – book?

Dulu saya juga merasa putus sudah harapan untuk membikin e book. Tapi ternyata pada beberapa waktu yang lalu secara tak sengaja saya menemukan sebuah software dari Microsoft Office itu sendiri atau tepatnya Microsof Office Add-in. Bagi yang kepingin silakan mendownload softwarenya di sini.

Caranya sangat mudah. Setelah anda mendownload software yang dimaksudkan, sekarang anda harus menginstall software itu di komputer. Silakan cek hasil instal tadi dengan membuka dokumen Word atau Excel lalu klik save-save as. Periksa pada save copy of document, biasanya hanya ada empat format document pilihan penyimpanan file, kalau sekarang bertambah satu PDF or xps, maka berarti anda telah berhasil menginstal software pembuat e- book tersebut. Silakan uji dengan membukan sebuah dokumen yang sudah jadi lalu klik save –save as PDF or XPS.

Selamat! Sekarang anda sudah bisa membuat e-book sendiri dengan mudah dan gratis tanpa harus membayar sepeser pun.

Kalau ada yang gratis, kenapa harus memilih yang berbayar?

Baca Juga Yang Ini:

6 komentar:

  1. Kak,,makasih ya comment nya,,kak,,kt kk kan lbh bagus kL loadingnya cepet,,nah pertanyaan sy,,gmn cranya agar bLog sya Loadingnya gag lemot,,pdhL sya lihat,gadget2 yg sy gunakan mrpkn gadget standar yg biasa ad pd bLog2 lain,,apa ada cra kHusus? Trs kak,,ptnyaan sya yg lwt message FB kok bLm diBalas? ♈h@πk ¥Ou y

    BalasHapus
  2. Utk cara khusus agar loading cepet aku gak tau. Tapi emang kebanyakan script atau gadget akan memperlambat loading ke blog kita. Klo dibilang standar, iya, sih. Tp perhatikan jg bgm kecepatan yg diperlukan masuk ke blog mereka itu.
    Untuk pertanyaan pd FB bukan gak, dibales, tp belum sempat

    BalasHapus
  3. yup, bener mas rusdi.
    kebetulan saya biasa pake mjbookmaker :D

    BalasHapus
  4. kak,,makasih ya comment nya,,,btw bLog saya ada salju nya loh kak,,keliatan gk? hehe

    BalasHapus
  5. Terimakasih, dek Suci. Blog kamu semakin bagus aja dan memang ada saljunya, mantep deh... Teruslah berkreasi, ya...
    Klo boleh kasih saran, yg harus kamu lakukan sekarang adalah mencari cara agar pengunjung ke blog kamu meningkat!

    BalasHapus
  6. thank uda comment di blog q, miftahularzak.blogspot.com

    templatenya cma dgoogling heheheheheheheheheheheheheheheheheheheheh
    q da jd followers mu jg, jgn lpa tap kunjungi blog q yaaa, thanks da puji blog q

    BalasHapus