Halaman

Iklan

Kamis, 13 Agustus 2009

Cara Memasarkan bisnis online Melalui Internet

Anda memiliki sebuah website bisnis online? Apapun bentuknya, baik berupa toko online, situs atau blog yang mendapatkan penghasilan dari iklan, situs pribadi, perusahaan, situs program affiliate dan lain-lain, yang jelas semuanya pasti memerlukan satu cara atau trik tertentu agar bisnisnya atau blog anda itu dikunjungi oleh banyak orang. Semakin banyak kunjungan ke sebuah situs, semakin banyak juga peluan g mendapatkan penghasilan dari bisnis online tersebut. Lalu bagaimanakah memasarkan bisnis online melalui internet tersebut?

Sudah tidak dapat disangkal lagi bahwa banyaknya kunjungan ke sebuah situs adalah salah satu faktor penting bagi kesuksesan sebuah usaha online. Untuk melakukan hal ini diperlukan strategi promosi dengan mengoptimalkan Search Engine dan iklan yang akan saya uraikan di bawah ini.

1. Memanfaatkan Search Engine

Search Engine atau mesin pencari adalah pilihan pertama yang saat ini paling banyak digunakan untuk mencari informasi di internet. Untuk bisa terindex mesin pencari , memerlukan teknik SEO tersendiri yang telah saya bahas pada postingan yang terdahulu. Sembari belajar SEO, daftarkanlah URL situs bisnis anda di beberapa search engine berikut ini:
Google.com/addurl.html
Submit.search.yahoo.com/free/request
Addurl.altavista.com/addurl/new
Addurl.alltheweb.com/add_url
Submit2.jayde.com/
Overture.com/d/about/advertisers/
Addme.com
Search.msn.com/
Dll

2. Iklan Klik

Iklan klik adalah salah satu pilihan kebanyakan pelaku bisnis online untuk mempromosikan bisnisnya karena metode ini dianggap sangat ampuh dan terbukti mampu mendatangkan trafik dan keuntungan yang cukup signifikan. Anda dapat memanfaatkan iklan yang dibayar perklik seperti dari:
Google-adwords.google.com
Bidvertiser.com
Kliksaya.com
Kumpulblogger.com
Adsensecamp.com
Dll
Keuntungan iklan yang dibayar perklik ini adalah :
Anda hanya membayar jika iklan anda diklik orang
Dapat menentukan pengeluaran perhari, sehingga jika jumlah tagihan melebihi budget, maka iklan otomatis tidak akan ditayangkan.
Dapat menentukan segmen pengunjung yang diinginkan
Menentukan kata-kata pencarian tertentu saja, misalkan jika ada orang yang mencari kata bisnis maka iklan anda baru akan muncul.

3. Iklan Baris/Mini

Iklan mini dari dulu telah menjadi cara promosi bisnis online melalui internet yang cukup digemari para pelaku bisnis online. Pada iklan baris ini anda cuman cukup mendaftar kemudian menulis artikel iklan yang anda kehendaki. Selain itu memajang iklan pada iklan baris ini juga gratis dan mudah tanpa harus melalui proses dan persyaratan yang macam-macam. Oleh karena gratis, maka iklan baris juga memiliki kelemahan, yaitu setiap kali ada yang posting iklan baru, maka iklan kita otomatis akan turun ke bawah. Berikut beberapa alamat website iklan mini yang saya maksudkan:
www.iklanbaris.co.id
www.iklanmini.co.id
www.iklanbekas.com
dll.

4. Iklan Banner

Terdapat banyak sekali website yang menyediakan ruang untuk pemasangan banner berupa gambar. Website yang sudah populer yang memiliki pengunjung banyak biasanya memiliki tarif yang mahal namun umumnya efektif. Keuntungan iklan banner ini adalah ekspos iklan yang lebih tinggi yang didukung oleh popularitas web di mana anda memasang banner.

5. Komunitas

Cara memasarkan bisnis online yang tidak kalah populernya adalah dengan ikut aktif di forum-forum dan grup diskusi. Dengan cara ini secara tidak langsung anda dapat mengenalkan bisnis anda kepada komunitas yang umumnya memiliki kesamaan dalam hal tertentu. Keuntungan dari bisnis ini adalah promosi anda lebih diterima karena anda merupakan bagian dari komunitas yang cukup dikenal di sana.
Seiring dengan kemajuan zaman, sebenarnya semakin lama semakin banyak saja cara dan trik orang mempromosikan dan memasarkan bisnis online melalui dunia maya atau internet. Namun pembahasan ini saya cukupkan sampai di sini saja. Saya persilakan para pengunjung untuk menambahkan atau memberi komentar di kolom kotak komentar yang telah saya sediakan. Tiap komentar yang berisi tanggapan atau pertanyaan Insya Allah akan saya tanggapi balik dan kunjungan balik ke blog atau situs anda. Terima kasih!
Semoga Sukses!


14 komentar:

  1. Info keren bos,sangat brmanfaat.
    Salam kenal

    BalasHapus
  2. Thanks :-)
    www.batikartshop.multiply.com

    BalasHapus
  3. Thanks forum sharing... artikelnya sangat bermanfaat... silakan mampir ke toko online saya: buqubeqas.blogspot.com

    BalasHapus
  4. jangan lupa tambahan melalui sosmed yang ada.... gratis dan bs silaturahmi juga, kunjungi juga ya, ke www.cikiniflorist.com.
    thank's alot

    BalasHapus
  5. trims infonya...jangan lupa mampir ke info bisnis per hari dapet 170ribu-850ribu milik saya di www.meliasehatsejahtera.meximas.com

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. If you are interested in making cash from your visitors by running popup ads - you can use one of the most reputable networks - Clickadu.

    BalasHapus