Halaman

Iklan

Kamis, 29 Januari 2009

Cara membedakan permata asli dan imitasi

zamrud

zamrud

Bagaimana sih caranya membedakan permata asli dan imitasi?

Pertanyaan di atas sering dilontarkan oleh orang yang awam akan permata. Ya, sebelum kita belanja permata, sebaiknya kita mengetahui dulu ciri-ciri permata asli dan imitasi. Hal ini sangat penting kita ketahui karena bila tidak demikian , tidak jarang orang membeli permata palsu walaupun si penjual sudah meyakinkan bahwa permata yang dibelinya itu adalah asli. Akhirnya kita sendiri yang akan kecewa dan kita pun mengalami kerugian besar.

Berdasarkan pengalaman saya selama berdagang permata, banyak di antara pembeli yang merasa kecewa setelah diberitahukan permata yang dibelinya di suatu tempat itu bukan permata alami tapi hasil tiruan tangan manusia. Bahkan ada di suatu daerah segerombolan penipu yang selalu beraksi di sebuah taksi. Kerjanya adalah menipu para penumpang dengan cincin permatanya yang palsu tapi dibilangnya asli. Penipu ini bersama beberapa kawannya menjalankan sandiwara dengan mengatakan bahwa dia ingin menjual cincin simpanannya berupa permata yakut dengan harga murah karena terpaksa untuk modal pulang kampung. Ya, dia mengaku sebagai perantau yang kehabisan bekal di tengah jalan dan demi ongkos pulang kampung, maka dia rela menjual cincin simpanannya yang berupa yakut asli itu dengah harga yang sangat murah. Teman di sebelahnya lalu memanas-manasi dengan katanya “Wah ini memang yakut asli dan sekarang harganya sampai dua jutaan. Andai saja aku ada uang sekarang pastilah aku yang akan membelinya.” Begitulah katanya. Penumpang yang tertarik mendengar pembicaraan itu lalu melakukan transaksi dan akhirnya dibelilah permata itu dengan harga beberapa ratus ribu saja.

Rubby/merah delima

Rubby/merah delima

Apakah penumpang tersebut telah membeli yakut itu dengan harga murah? Ternyata tidak. Dia sebenarnya telah kena tipu dan harga cincin itu sebenarnya tidak sampai ratusan ribu. Paling mahal harganya 80.000 saja. Lho, kenapa? Karena cincin dengan mata yakut itu sebenarnya adalah palsu. Bermodalkan anjuran si penjual / penipu untuk menjual kembali cincin itu ke Martapura, maka orang tersebut pergi ke Martapura dan ingin menjual cincin itu dengan harga 500.000 an. Tapi setelah capek menawarkan ke sana ke mari akhirnya dia kecewa karena tidak ada satu buah toko pun /seorang pun yang berminat membeli cincin kebanggaannya itu. Terakhir sekali dia datang ke toko kami di CBS Martapura, maka tanpa ada yang disembunyikan kami pun mengungkap apa yang sebenarnya dialami oleh orang tersebut. Akhirnya dia sadar bahwa telah kena tipu.

Kejadian seperti di atas, tidak satu kali itu saja terjadi dan pada tempat dan penipu yang sama. Bahkan ada seorang polisi yang karena waktu itu dia tidak berpakaian seragam polisi juga kena tipu. Semoga sang penipu lekas sadar akan perbuatan jahatnya dan semoga dia mendapat ganjaran setimpal agar tidak ada lagi orang yang menjadi korban mereka.

Lalu bagaimana, sih caranya membedakan permata asli dan imitasi itu? Simaklah beberapa tips yang saya berikan di bawah ini:

1 Kaca itu bening, sedangkan batu alami kebanyakannya mengandung serat-serat di dalamnya. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat.

2. Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa permata anda itu asli.

3. Berat. Coba bandingkanlah permata asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu.

4. Bila permata anda itu adalah berlian, maka untuk membuat anda benar-benar yakin akan keasliannya, maka anda bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini.

5. Bila anda masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya demi keselamatan anda.

Hanya ini saja cara membedakan permata asli dan imitasi yang saya ketahui berdasarkan pengalaman saya selama belasan tahun berjualan permata di Martapura. Anda bisa menambahkan kekurangannya di kotak komentar. Terima kasih!

Related Posts:

Permata dan Khasiatnya

Obat Alami dari Hutan Kalimantan

Martapura Kota Intan

58 komentar:

  1. tips yang bagus, saya sendiri tidak bisa membedakan yang palsu dan asli ... makanya tidak bisa jualan permata ... btw, salam kenal, kunjungi saya

    BalasHapus
  2. mantap gan!! saya lagi terrtarik batu juga nih.. hehehe

    BalasHapus
  3. Silakan berkunjung aja ke tempat saya di Martapura. Di kota ini memang dikenal dengan kota intan dan tempat pemasaran permata yang cukup terkenal di indonesia. He..he..he.. promosi nih, yee... Oh, ya aku juga lagi belajar bikin toko permata online nih, sdh daftar domain di http://tkpermata.com. Tapi belum selesai, doain aja, ya semoga sukses.

    BalasHapus
  4. orang geologi dan pertambanganpun kadang terkecoh antara batu permata asli dan tidak jika tdk melalui tes kekerasan dlm skala mohs....hati-hatilah.

    BalasHapus
  5. Bagaimana dengan batu olahan yang dasarnya memang dari batu juga pasti sangat sulit membedakan.
    Kadangkala kalau beli ditoko saya kira toko yang sudah biasa menjual batu permata tidak akan menipu pembeli, kita tanyakan saja langsung apakah ini batu asli atau olahan?

    BalasHapus
  6. Apakah Berarti,kalau yang ditetes air pecah pasti bukan batu ya ?
    atas jawabannya kami ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  7. Klo saya sih utk membedakan permata asli dan imitasi gak pernah menggunakan air. Sebab byk jg permata imitasi yg bila ditetesi air, airnya gak mengalir.

    BalasHapus
  8. sertifikasikan batu permata anda, lantas anda patut berpuas siri dengan keaslian batu permata anda

    BalasHapus
  9. ane juga punya batu gan warnanya merah,orang bilang sih merah delima cuma ane juga belum yakin kalo batu ane tu asli pa ngga gan.......ane udah coba masukin ke air di gelas cuma ga jd merah ya????padahal sih kata orang orang yng ngasih batunya asli gan...............

    BalasHapus
  10. Mohon maaf, mas Ryand. Utk mengetahui keaslian batu delima bisa digunakan cara spt sy tulis di atas. Adapun dgn cara direndam di gelas air, gak bakalan deh jadi merah. Cuman ane jg pernah dengar cara yg spt itu, tp katanya itu klo delima asli yg harganya ratusan juta rupiah. Susah nyari batunya, lbh susah lg nyari uangnya, hehehe...

    BalasHapus
  11. apakah perbedaan batu zamrud kalimantan dan zamrud laenya..
    apakah batu zamrud kalimantan termasuk zamrud laenya...

    BalasHapus
  12. perbedaan nya ya sih kelimantan sama laenya yang beda..hehehe

    BalasHapus
  13. tipasnya oke banget pak. moga dagangannya makin laris juga :))
    Tambahan info klo kurg yakin batu permatasnya asli atau palsu saya rekomendasikan disertifikatkan saja ke www.aviannoorgemslab.com
    pengelolanya alumni GIA Bangkok

    BalasHapus
  14. mohon pencerahan nih, saya ada batu ruby (orang toko emas nyebut tuby crystal) di dlm nya bnyk butiran udara dan bukannya serat seperti benang, apakah itu asli atau palsu?

    BalasHapus
  15. biasanya kalo asli itu ada butiran serat seperti benang atau seperti retak. kalo seperti butiran udara itu biasanya masakan atau palsu. Tp sy tidak bisa memastikan keaslian ruby saudara kalo tidak melihatnya secara langsung. Tapi secara umumnya batu permata asli itu cirinya seperti yg tlh sy tulis di atas. sekian!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta pencerahannya ni, saya awam banget di dunia perbatuan kaya gini, saya dikasih sama ayah saya batu kalimaya India, kata yang jual sih itu namanya.

      batunya bening polos, bentuknya seperti batu permata pada umumnya, tidak bulat seperti batu akik/giok, dan pada batu kalimaya saya itu muncul sinaran sinaran warna warni disekelilingnya, warna dasar batunya polos bening, seratnya tidak dapat dilihat karena batunya tidak berbentuk bulat halus..

      kira kira itu asli atau tidak ya?
      saya masih awam sekali..
      mohon pencerahannya...trimakasih..

      Hapus
  16. apakah batu kaca ada yang dingin gan,,trims

    BalasHapus
  17. Saya memiliki sebuah batu permata, setelah di tes menggunakan air (ditetesi air permukaanya),airnya tetap mengembung/tidak mengalir. Kata teman saya yang ngetes katanya permata tersebut asli berlian. Bener ga ya perkataan teman saya itu? apakah ada cara lain untuk mengetahui keaslian permata yg saya miliki,selain ngeteskan ke toko perhiasan? Mohon dibalas. Terimakasih

    BalasHapus
  18. Sy punya batu zamrud,tp dalam nya sprt gelembung air,asli gak tuh? Sy stay di banjarmasin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau gak palsu ya masakan bos. Coba d rasakan berat jenisnya.
      Silahkan klik dewatapermata.com. saya jamin jujur karna saya pernah belanja online d sna. Eit bkan promosi cma saran. Hehehhe

      Hapus
  19. saya mau beli batu zamrud ke mas rusdy aja... biar dapat yang asli.... boleh ga gan?
    kira2 beraba harganya ya?
    kalo boleh email ke saya ya mas di ad_ryan_aja@yahoo.com

    BalasHapus
  20. Wah, mohon maaf, mas Ryan. Saya sdh ganti profesi. Gak jualan lagi. Sekarang sibuk di kantoran. hehe...

    BalasHapus
  21. Ane punya sedikit tips neh mudah2an berkenan dhati
    saya cuma membuktikan hukum fisikanya aja tp mudah mudahan bermanfaat. Cara mengetes permata anda itu asli
    * sediakan kerikil seukuran jempol tangan anda
    * gesekan permata anda bersama kerikil seperti menghidupkan korek kayu ditempat yg cahayanya kurang seperti kamar yg tiada cahaya
    * jika timbul percikan api maka bisa djamin permata anda 100% asli
    * berhati hatilah karna permata bisa lecet sebab biasanya kekerasan mohs batu berbeda beda tapi bisa djamin 100% asli..
    * semoga bermanfaat..

    BalasHapus
  22. bedana kalimaya banten am kalimantan ap?ciri batu dlm na itu berserat atw polos dgn kilauan cahaya pelangina itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ada kalimaya kalimantan ya.

      Hapus
    2. Minta pencerahannya ni, saya awam banget di dunia perbatuan kaya gini, saya dikasih sama ayah saya batu kalimaya India, kata yang jual sih itu namaya.

      batunya bening polos, bentuknya seperti batu permata pada umumnya, tidak bulat seperti batu akik/giok, dan pada batu kalimaya saya itu muncul sinaran sinaran warna warni disekelilingnya, warna dasar batunya polos bening, seratnya tidak dapat dilihat karena batunya tidak berbentuk bulat halus..

      kira kira itu asli atau tidak ya?
      saya masih awam sekali..
      mohon pencerahannya...trimakasih..

      Hapus
    3. kalimaya india atau kalimaya australi ya masakan... kalimaya itu cuma d propinsi banten...

      Hapus
  23. sy ada koleksi bnyk nih, aslii www.giriaji.com

    BalasHapus
  24. I love akik stone specially the blood stone color ( batuk akik merah darah ) looks so beautiful indeed on my finger with silver sterling 925...I bought one last time while I was on holiday in jakarta...I think some where in east jakarta jatinegara if I'm not mistaken because my driver took my there he knows his way around jakarta...I also bought ruby star from the same place...I love collecting natural stone..I can just walk there for hours and hours enjoying all the lovely color on all ring stones...Thanks for sharing...

    BalasHapus
  25. hehehehehehe.... Mantap gan sarannya. Di t4 q lg musim batu permata nih gan.

    BalasHapus
  26. slmt pagi gan,,,mantap bgt tipsnya,,,sy bbrp hri yg lalu di kasi temen berupa batu warna merah,kata orang namanya jenis ruby,sy cermati memang di dlm batu itu kayak pecah2 gtu gtu seratnya,,,klu jenis berlian ada yg warna merah apa nggak gan ?,,,,tq.

    BalasHapus
  27. Gan, minta sarannya, bagaimana cara membedakan batu kalimaya asli & tiruan,

    BalasHapus
  28. trima kasih tips nya pak semoga bermanfaat

    BalasHapus
  29. trima kasih tips nya pak semoga bermanfaat

    BalasHapus
  30. Gan ane punya batu yg katanya zambrud kalimantab gan, warnaya ijo tua menyala. Katanya tuh batu peninggalan kake ane. Tapi tuh batu ane tetesin air buyar, trus ane gesekin ke gores. Tapi dalem berserat seperti pecahan gitu. Mohon pencerahan untuk para master

    BalasHapus
    Balasan
    1. zamrud kalimantan itu obsidian (kaca).. bisa dikatakan batu palsu.

      Hapus
  31. gan,, ane mau tnya,, ane ad batu papraca,, nah tuh batu kena benda keras trus pinggirnya pecah dikit.. nah masih ada nilai jualnya,, hehe
    trus apa karena pecah gtu batu ni palsu,,
    ane gk tau ni palsu apa asli,, tpi ad serat2nya hehehe

    BalasHapus
  32. Gan ane mau tanya, ane dpt batu blh diksh, btu dlm berserat sprti awan trus ditmpl dngn taaaapiiii dlnya ada 1-2 titik gtu menyerupai butiran
    Makasih mhn pnjlsn

    BalasHapus
  33. Gan ane mau tanya, ane dpt batu blh diksh, btu dlm berserat sprti awan trus ditmpl dngn taaaapiiii dlnya ada 1-2 titik gtu menyerupai butiran
    Makasih mhn pnjlsn

    BalasHapus
  34. Gan ane punya batu zamrud kalimantan...ane sempat nanya2 ke tukang batu katanya ini sintetis...batu zamrud kalimantan itu gak ada yg natural...bener gak sih Gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan sintetis, tp obsidian (kaca).. maaf, bsa dikatakan itu zamrud palsu.
      klo sintetis itu msh batu alami, tp telah mengalami treatment (oiled, dll)

      Hapus
  35. Gan .. ane punya ruby star, tanpa serat.., namun pas ditest pake diamond selector skala kekerasannya 9, kira-kira asli nggak gan ruby ane..., mohon pencerahan... tksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mmg ruby safir msuk htungan sktr 9 skala mohs, tp klo dengan diamond selector atau mgkn gemlogis itu hny dpt mngukur tingkat kekerasan batu, blm bisa diketahui apakah itu sdh melalui proses treatment atau untreated (bnr2 alami tnp treatment apapun). sy yakin dgn dgn nilai skala sbesar yg anda sbutkan, itu BATU RUBY ASLI, tp pertanyaannya apakh RUBY NATURAL atau RUBY SINTETIS, itu yg blm diketahui pasti, kcuali stlh mlalui serangkaian uji lab dgn alat yg lbh spesifik. klo hasilnya diketahui bhw batu itu sudah melalui proses threatment (heated, gf, dsb) berarti itu ruby sintetis.

      Hapus
    2. Mau tanya gan..
      Sy org awam ttg batu..
      Ada temen nawarin batu rambut sedana serat hitam.
      Emngnya ada rambut sedana yg seratnya hitam..??
      Bukanya batu rambut sedana itu seratnya emas atau perak ya..??
      Mohon pencerahanya

      Hapus
  36. Wah keren yaa... jadi kepingin beli batu ruby nih... memang harus hati2 memilih permata supaya gak tertipu...

    Nah sista juga jika sudah cantik memakai batu permata asli, dapat memilih jilbabnya di www.meidiani.com atau untuk ibadah cari mukena di www.mukena-meidiani.com

    BalasHapus
  37. kota intan itu bukan martapura,tapi kabupaten landak kalbar,ini ibarat telor mata sapi.wkwkwkwk

    BalasHapus
  38. JUAL BONGKAHAN BATU BACAN ASLI MALUKU UTARA,BACAN DOKO DAN PALAMEA (TERNATE DAN HALMAHERA)

    Daftar harga sebagai berikut;
    ✿ BACAN DOKO DARI TERNATE (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta 200 Ribu
    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

    ✿ BACAN PALAMEA DARI HALMAHERA (Maluku Utara)
    -Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
    -Berat 5 Ons Rp 1 Juta 200 Ribu
    -Berat 1 Kg Rp 2 Juta 200 Ribu
    -Berat 2 Kg Rp 4 Juta
    -Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1permata batu bacan.

    ✿ Kondisi bahan ;
    – Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
    – Bahan tua (galian lama)
    – Hasil tambang sendiri
    – Bukan bacan rawatan,tapi murni hasil alam
    – Kualitas super kristal, sudah tembus
    – Sudah tembus
    – Beberapa titik sudah ada yang kristal
    – Bahan keras dan padat
    – Siap gosok poles
    – Daging utuh, tanpa kapur
    – Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
    – Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita

    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
    Kartu XL;087842902216
    Kartu AS;082330690216
    Kartu IM3;085824196216
    PIN BB: 53DD0682

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Rawabadak rt 004 rw 007,desa amasing kota utara kec.Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan

    BalasHapus
  39. Mau tanya gan..
    Sy org awam ttg batu..
    Ada temen nawarin batu rambut sedana serat hitam.
    Emngnya ada rambut sedana yg seratnya hitam..??
    Bukanya batu rambut sedana itu seratnya emas atau perak ya..??
    Mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam..numpang tanyak agan2,gue ada nemu batu warna kecoklatan muda bening,pas gue senter serat dalam nya kayak awan2 remang gitu,,itu asli batu ape bukan sih..tolong info nya gan bagi yg ahli batu TQ

      Hapus
  40. Batu mulia palsu yang hampir menyerupai dengan yang asli itu seringnya dari batu obisidian.
    Sebab obsidian mempunyai kekerasan yang hampir sama dengan batu mulia & juga kalau ditetesin air, air ga kan mengalir. Batu obsidian juga mempunyai warna yang berwarna-warni.

    BalasHapus
  41. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

    BalasHapus
  42. wah penjelasan yang bagus terimakasih banyak gan. Jika kamu ingin melihat berbagai koloksi batu permata asli bersertifikat yang kai jual, silahkann kunjungi http://www.permatastar.com. Salam.

    BalasHapus