Halaman

Iklan

Kamis, 07 Januari 2010

Kesaksian Orang-orang Yang Kenal Dengan Gus Dur

Menyimak tentang riwayat kehidupan Gus Dur ternyata sangat menarik. Apalagi riwayat itu datang dari orang-orang yang kenal langsung dengan Gus Dur. Siapa yang tidak mengenal tokoh fenomenal satu ini dengan segala polah tingkahnya yang unik. Silakan simak baik-baik!

Sudah seminggu sejak beliau berpulang kerahmatullah, pada beberapa stasiun televisi masih saja diperbincangkan tentang pribadi dan kehidupan beliau yang tergolong unik dan hanya orang-orang tertentu yang memiliki karakter seperti beliau. Di samping sikapnya yang sering kontroversional, ternyata banyak sekali sisi positif yang bisa dicontoh dari lika-liku kehidupan beliau. Hal ini terbukti dari banyak sumber orang dekat Gus Dur yang semuanya sama memuji sifat dan kearifan beliau.

Pada sebuah stasiun televisi swasta atau sebut saja TV One adalah salah satu televisi yang setiap malam yang sudah satu
minggu selalu menyajikan berita dan perbincangan mengenai Gus Dur. Terutama sekali mereka mengundang orang-orang dekat Gus Dur untuk diwawancarai, di antaranya adalah Wimar Witoelar sebagai juru bicara Gus Dur sewaktu masih menjadi presiden, ajudan, sahabat, keluarga, orang yang pernah ditolong Gus Dur dan lain-lain yang mengenal dan pernah bersahabat dengan beliau.

Wimar Witoelar ditanya oleh pembawa acara, “Apakah Gus Dur pernah marah kep
adanya atau bersedih atas apa yang menimpa beliau?”

Jawab Wimar Witoelar ketika itu bahwa ia sebagai bawahannya Gus Dur satu kali pun dia tidak pernah dimarahi atasannya itu. “Kalau waktu di sekolah dulu saya setiap hari dimarahi oleh guru, tapi kalau sama Gus Dur, satu kali pun tidak pernah. Saya tidak pernah melihat Gus Dur bersedih atau mengeluh. Justru saya yang sering bersedih melihat beliau dimusuhi oleh orang-orang yang tidak paham akan beliau.”


Gus Dur pernah sewaktu di Makkah mengajak sahabat beliau KH. Said Agil Siradj jalan-jalan mencari seorang Ulama yang khawas atau arif billah (Wali). Setelah jalan beberapa saat, sampailah mereka kepada seorang yang terlihat alim dilihat dari pakainnya. Sahabat beliau itu menanyakan kepada Gus Dur, inikah orang yang kita cari? Jawab Gus Dur bukan. Ketika sampai di sebuah tempat ada seorang ulama dengan pakaian kebesaran seorang Ulama dan dikelilingi oleh banyak muridnya. Ketika dikatakan kepada Gus Dur tentang Ulama tersebut maka jawab Gus Dur juga bukan. Mereka lalu melanjutkan perjalanan dan sampai kepada seorang yang terlihat biasa saja dan tidak terlalu istimewa. Ketika ditanyakan kepada Gus Dur tentang orang tersebut maka jawab Gus Dur iya. Inilah orang yang kita cari.

KH. Said Agil Siradj lalu memperkenalkan Gus Dur kepada orang itu dan mengutarakan maksud mereka yaitu minta do’akan kepadanya. Ulama yang dianggap Gus Dur Khawas itu pun lalu mendo’akan beliau. Setelah selesai lalu Ulama Khawas tersebut lalu pulang sambil mengeluh:

“Tuhanku! Dosa apa ha
mba sehingga engkau memperkenalkan jati diri hamba kepada orang-orang itu?”

Rupanya beliau yang terlihat berpenampilan sederhana itu adalah seorang waliyullah yang sedang menyamar dan tidak ingin jati dirinya diketahui oleh orang lain. Ditambahkan oleh KH. Said Agil bahwa tidak ada yang bisa mengetahui seseorang itu Wali melainkan mereka sama-sama Wali jug
a.

Ajudan Gus Dur menceritakan bahwa pada waktu Pak Habibie masih menjadi presiden, waktu itu Gus Dur sedang berada di rumah sakit karena memang sakit. Sewaktu terbaring di tempat tidur, tiba-tiba beliau berseru “Aku akan menjadi presiden!” Beliau mengulang perkataannya itu dengan keras. Mendengar hal ini spontan orang-orang yang ada di sana hanya terenyuh dan menganggap Gus Dur sedang mengigau karena waktu itu tidak ada wacana atau jalan bagi Gus Dur untuk m
enjadi seorang presiden. Tapi ternyata apa yang beliau ucapkan itu bukan igauan tapi justru menjadi kenyataan.

Pernah di daerah Jawa seorang Ulama tewas dibunuh oleh perampok di rumahnya. Setelah diselidiki oleh kepolisian ternyata motifnya adalah kriminal biasa. Tapi alangkah mengejutkannya Gus Dur membantah dan mengatakan motifnya adalah politik. Orang-orang pun dibuat bingung dan banyak yang tidak percaya. Satu minggu setelah peristiwa naas itu baru terkuak motif yang sebenarnya bahwa pembunuhan itu memang rekayasa politik.

Gus Dur seringkali tertidur sewaktu acara resmi bahkan sampai mendengkur. Sewaktu Gus Dur akan tampil menanggapi pembicara lainnya Gus Dur hendak diberitahukan tentang apa saja yang disampaikan oleh pembicara terdahulu, akan tetapi jawab Gus Dur gak perlu. Saya tahu apa yang telah disampaikan oleh mereka. Dan ternyata memang Gus Dur menanggapi segala pertanyaan lawan dialognya dengan lancar.

Selain memiliki otak yang cerdas, Gus Dur juga terkenal dekat dengan Ulama dan punya kebiasaan suka berziarah ke makam-makam auliya di seluruh pelosok negeri. Gus Dur pernah datang ke kampung halaman penulis di Martapura Kalimantan Selatan. Beliau singgah ke rumah seorang Tuan Guru Besar seorang Alimul Allamah Al Arif Billah Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani yang dikenal sebagai Wali Kuthub pada zaman beliau ini. Gus Dur mengajak beliau keliling dan ziarah ke makam Alimul Allamah Al Arif billah Syekh Muhammad Arsyad al Banjari. Ulama yang terkenal Waro’ ini pun setuju padahal tidak ada seorang pun sebelum dan sesudah ini yang dapat perlakuan istimewa dari beliau seperti Gus Dur.

Untuk menguak atau mengungkap cerita dan kesaksian orang-orang yang kenal dengan Gus Dur ini banyak sekali bahkan akan menjadi sebuah buku yang terlalu tebal untuk dibaca. Saya rasa cukup sampai di sini saja tulisan mengenai kesaksian orang-orang yang mengenal Gus Dur ini.

Semoga kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari tulisan di atas.
Salam!

4 komentar:

  1. Almh gus dur adalah sosok inspiratif dengan gaya2 guyonan khasnya...semoga amal ibadah beliau di terima di sisi allah swt ..amiinn..

    http://uwenkdoank.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Halo orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH dipuji, nama saya Mahmud Simon, warga INDONESIA tetapi saya tinggal di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya menuntun saya kepada pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ny. Nurliana Novi, pemberi pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ELINA JOHNSON LOAN FIRM, setelah saya ditipu oleh pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan dan siapa yang harus dipercaya, lalu dia datang dan memberikan senyum lebar di wajah saya sebagai kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman dari dia, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya telah melihatnya dan saya adalah bagian dari pengalaman, hari ini hidupku mendapat giliran baru berkat ibu Elina, ya kamu mungkin takut karena kesaksian palsu yang telah kamu dengar tetapi aku adalah saksi dan jika aku mengatakan kebohongan semoga ALLAH mengambil nyawaku, orang-orangku di sana jika kamu mau pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percayai,

    Ny. Elina Johnson dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM hanya menghubungi dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »untuk info lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran tentang cara mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi pada nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH dipuji.

    BalasHapus
  3. Dewan Direktur WhatsApp .. +447456405237
     Perusahaan pinjaman real-time online cepat dan nyata telah datang dengan paket pinjaman yang lebih besar untuk semua klien tahun ini 2019. Terapkan untuk pinjaman Anda sekarang, apakah Anda memerlukan pinjaman, apakah Anda memerlukan pinjaman cepat, apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi, apakah Anda memerlukan pinjaman besar, apakah Anda memerlukan pinjaman, apakah Anda memerlukan pinjaman untuk investasi muka, apakah Anda memerlukan pinjaman jangka panjang, apakah Anda memerlukan pinjaman jangka pendek, apakah Anda mendapatkan pinjaman tanpa jaminan, melunasi pinjaman hari yang Anda butuhkan, apakah Anda memerlukan pinjaman hari yang buruk, seluruh pinjaman modal negara yang saya butuhkan, apakah Anda ingin pinjaman mobil, apakah Anda ingin pinjaman Hipotek, apakah Anda ingin pinjaman yang dijamin, apakah Anda ingin pinjaman rumah, kemudian sebuah perusahaan pinjaman yang membawa kami kembali ke paket serendah 1%, pinjaman tanpa bunga, Anda bebas untuk mendapatkan pinjaman cepat, untuk mewujudkan tujuan Anda di tahun baru ini, semoga tuhan memberkati Anda, BERLAKU SEKARANG (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  4. blog pada komentar komentar pinjaman. Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau memperluas bisnis Anda?
    Apakah Anda mengalami kesulitan dalam memperoleh pinjaman dari Pemberi Pinjaman keras atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
    Maka khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
    Kembali ke kami untuk negosiasi jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
    JENIS PINJAMAN KAMI
    Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban keuangan. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.

    Data pemohon:
    1) Nama Lengkap:
    2) Negara
    3) Alamat:
    4) Seks:
    5) Bekerja:
    6) Nomor Telepon:
    7) Posisi saat ini di tempat kerja:
    8 Penghasilan bulanan:
    9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    10) Periode pinjaman:
    11) Apakah Anda mendaftar sebelumnya:
    12) Tanggal Lahir:
    Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
    {gloriasloancompany@gmail.com} atau
    Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
    Salam Hormat

    BalasHapus