Laman

Iklan

Senin, 14 Juni 2010

Melakukan Bisnis Internet Tanpa Bikin Produk

Dalam bisnis online internet mungkinkah hal tersebut bisa dilakukan?

Ternyata dalam berbisnis lewat internet banyak sekali hal yang bisa dilakukan. Tanpa harus mempunyai produk sendiri kita juga dapat menghasilkan keuntungan yang melimpah dari bisnis di dunia maya ini. Sebut saja bisnis affiliate marketer. Hanya dengan berbekal mengikuti affiliate program kita bisa meraup keuntungan tanpa harus repot-repot bikin produk dan tanpa melayani segala keluhan, pertanyaan dan tanpa harus mengelola website anda karena semuanya yang melakukan adalah empunya affiliate program itu. Anda hanya perlu mempromosikan web replika anda. Itu saja. Mudah, bukan?Kalau anda ingin lebih jauh mengetahuinya silakan klik di sini sebagai salah satu contoh affiliate program yang menjanjikan keuntungan bagi anda.

Bagaimanakah cara mempromosikan affiliate program?

Mengenai cara mempromosikan affiliate program telah saya bahas di sini. Silakan klik di sini jika anda ingin membacanya.

Sebagai tambahan dari postingan yang terdahulu tersebut adalah satu tekhnik lagi yang belum saya sebutkan, yaitu follow up calon member anda. Caranya bisa anda lakukan via email, sms ataupun phone call langsung. Bagaimana anda mengetahui nomor hp mereka? Biasanya sewaktu pengunjung tertarik terhadap produk tersebut lalu mereka mengisi form order. Nah, pada forum order ada isian agar pemesan tersebut mencantumkan nomor hpnya. Dari sini anda bisa memanfaatkan tekhnik ini untuk melakukan follow up mereka agar segera melakukan pembayaran. Beritahu mereka bahwa apabila mereka membeli saat ini akan mendapatkan bonus menarik dan apabila lambat harga produk akan dinaikkan. Anda bisa menggunakan kata-kata di bawah ini sebagai contoh follow up lewat sms.

- Bagaimana kabar pendaftaran anda, pak? Apakah ada kesulitan?
(nama anda – nama web program yang anda ikuti)
- Segera transfer uang anda karena apabila lambat harga produk akan kami naikkan.
- Apabila anda transfer pembayaran hari ini akan kami berikan bonus menarik
- Anda telah mendaftar program kami. Segeralah lakukan pembayaran untuk aktifasi.
- Keanggotaan anda akan segera diaktifkan setelah anda melakukan pembayaran.
- Dll…

anda bisa bikin template naskah sms dan simpan di handphone anda. Sehingga jika sewaktu-waktu anda ngin melakukan follow up, bisa lebih praktis dan cepat.
Intinya, tulis follow up yang memancing mereka untuk menjawab. Dan jika jawaban mereka positif... misal “oh saya jadi join, mungkin sore ini”, maka mereka akan merasa bertanggung jawab untuk membuktikan ucapannya.
Satu lagi, jika bisa buat sms anda personal. Cantumkan nama penerima di sms anda agar penerima lebih merespon sms anda. Untuk data pendaftar beserta nama dan no HP nya bisa anda lihat di tabel Calon Member di Member Area.

Bagaimana? Anda tertarik mengikuti affiliate program? Silakan klik di sini jika anda merasa tertarik dan ingin mengetahui lebih jauh. Dan klik di sini jika anda ingin program affiliate yang lainnya.

Semoga sukses!

 
Related Posts:
Cara mendapatkan uang lewat blog 
Strategi promosi online
Tips internet marketing
Strategi pemasaran
Cara mempromosikan bisnis online melalui internet

Read More......

Minggu, 13 Juni 2010

Cara Mempromosikan Bisnis Lewat Blog

Postingan berikut adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya mengenai strategi promosi online. Klik di sini untuk membaca postingan sebelumnya.

Pada postingan yang terdahulu telah saya bahas tentang strategi promosi online, yaitu dengan cara mengiklankan website produk anda ke situs iklan gratis dan berbayar serta aktif di dalam Newsgroup dan forum.

Bagi anda yang mempunyai produk yang bukan dari hasil karya anda sendiri melainkan produk hasil jual kembali. Maksud saya anda telah membeli sebuah produk berupa informasi dalam bentuk e-book atau lainnya kemudian anda diberikan izin untuk menjual ulang produk informasi berupa e-book tersebut dengan ketentuan anda mendapatkan 50 persen dari hasil penjualan. Dalam bahasa bisnis internet hal ini dikenal dengan istilah affiliate atau reseller. Cara promosi yang bisa dan tergolong mudah untuk melakukannya adalah dengan mereview produk tersebut lewat blog. Bukan hanya situs berbayar bahkan melalui blog gratisan seperti Blogger, Wordpress, Multiply dan lain-lain pun bisa anda lakukan.Cara mempromosikan bisnis lewat blog bisa anda lakukan dengan membuat artikel-artikel menarik yang berhubungan dengan web affiliate anda itu. Tulislah pengalaman-pengalaman anda selama menggunakan produk affiliate itu. Anda harus mengutarakan seadanya jangan bombastis, kejujuran juga menjadi satu faktor penting dalam bisnis internet. Lebih baik juga apabila anda menulis pengalaman-pengalaman orang lain yang telah berhasil dan mencapai apa yang menjadi tujuan mereka setelah menggunakan produk tersebut. Anda bisa membaca contoh web affiliate itu dengan mengklik link ini. Atau klik link ini.

Hal yang tak kalah penting juga adalah dengan menyisipkan link ke web produk affiliate tersebut. Alangkah bagus lagi apabila disertai dengan banner yang selalu muncul di setiap halaman blog anda. Dan yang perlu diperhatikan adalah tema blog anda jangan sampai berbeda jauh dengan produk web affiliate itu. Misalkan web affiliate anda adalah mengenai bisnis, maka tema blog anda harus masalah bisnis juga. Apabila web affiliate anda mengenai bisnis online, tapi blog anda bertema sosial atau politik maka harapan untuk cepat sukses dari kegiatan bisnis anda dijamin akan lambat.

Logikanya begini, web affiliate anda adalah seputar bisnis online. Yang ditawarkan oleh affiliate anda itu adalah trik menghasilkan uang melimpah dari bisnis internet. Blog anda bertemakan politik. Pastilah pengunjung yang berdatangan ke blog anda itu mencari informasi seputar politik karena memang sesuai dengan kata kunci dan tema yang mereka ketikkan di search engine adalah politik. Mereka saat ini tidak membutuhkan informasi mengenai bisnis online. Tentunya tawaran anda yang walaupun cukup menggiurkan untuk membeli produk affiliate melalui link atau banner dan lainnya ditanggapi hambar oleh pengunjung tersebut. Hal ini sama saja dengan orang yang pergi ke warung untuk membeli rokok, tapi yang anda tawarkan adalah sandal. Kan, lucu jadinya?

Ada satu hal lagi yang perlu anda perhatikan bahwa anda harus mengusahakan agar jangan sampai perhatian pengunjung itu terbagi dengan adanya iklan lain. Sebagian orang selain menaruh link affiliate juga menaruh link iklan lain seperti halnya iklan PPC. Anda bukan pengiklan pada PPC itu melainkan situs lain yang membayar anda sekian persen apabila link iklan mereka diklik oleh pengunjung anda. Dulu saya juga ikut program demikian, tapi setelah dihitung-hitung sekian lama ternyata penghasilannya jauh dari harapan. Hal itu dikarenakan oleh kecilnya persen bagi hasil yang ditetapkan oleh pengelola. Berbeda dengan bisnis affiliate yang penghasilannya jauh lebih besar, bahkan dengan satu kali penjualan saja sudah melebihi dari program iklan PPC itu.

Saya saat ini mempunyai dua buah program affiliate yang bagi hasilnya terbilang lumayan.
Program Affiliate 1 saya mendapat bagian 150.000 tiap satu kali pembelian.
Program affiliate 2 saya mendapat bagian 100.000 rupiah tiap terjadi satu kali pembelian.
Kalau anda tertarik untuk mengetahuinya silakan klik link ini untuk melihat program affiliate 1 saya. Dan klik link ini untuk melihat program affiliate 2 saya.
Semoga sukses untuk anda!

Related Posts:
Strategi Promosi Online 
Tips Dalam Melakukan pemasaran di Internet 
Langkah-langkah Yang harus dilakukan sebelum terjun ke dunia marketing
Bisnis berbasis internet
Email marketing untuk meningkatkan penjualan

Read More......

Sabtu, 12 Juni 2010

Strategi Promosi Online

Bisnis online di internet kian hari kian marak. Banyak sekali kisah-kisah sukses para pebisnis online yang mereka mampu menghasilkan uang puluhan juta rupiah dari kegiatan bisnis mereka itu. Silakan klik di sini untuk melihat salah satu contoh pebisnis online yang sukses itu. Sebagian pebisnis online itu memasarkan produk mereka berupa barang yang dikirim ke pembeli menggunakan jasa TIKI atau lainnya. Sebagian lagi menjual jasa. Namun ada pula yang tidak berupa benda atau barang, melainkan produk informasi yang dikemas dalam bentuk e-book dan hanya bisa diambil dengan mendownload melalui situsnya. Dan sepertinya produk seperti inilah yang paling mudah dan cepat menghasilkan uang. Silakan lihat contohnya dengan mengklik di sini.Terlepas dari produk apapun yang anda pasarkan, untuk menjadi seorang pebisnis internet yang sukses kunci utamanya adalah strategi promosi online yang anda lakukan. Sebagus apapun sebuah produk tidak akan laku di pasaran online apabila anda tidak pandai mempromosikannya. Berikut saya akan mencoba mengulas sedikit strategi promosi online.

Iklan Mini

Strategi yang paling sering digunakan oleh para pebisnis online untuk mempromosikan bisnis onlinenya adalah dengan menggunakan iklan mini. Di Internet Indonesia,... iklan mini meraih posisi nomor satu dalam kemampuan mempermudah promosi dan pemasaran produk dan sebuah website. Ada dua macam bentuk iklan mini yaitu yang gratis dan berbayar. Kedua-duanya mempunyai kelebihan tertentu. Contoh iklan mini gratis:
http://iklanterpopuler.com

http://iklangratisonline.com
http://iklanbarismu.com
http://iklanonlinemu.com
http://iklanteks.com
Dll…. 

Akan tetapi dikarenakan iklan mini ini gratis maka mempunyai kelemahan yaitu iklan yang kita pasang saat ini akan turun ke bawah beberapa waktu kemudian apabila ada yang memasang setelah kita. Untuk ini maka kita harus sering-sering memasang ulang iklan kita tersebut. Hal ini tentu saja merepotkan kita. Sebab dengan demikian kita harus mengetikkan ulang isi iklan kita tersebut. Ya…. Namanya juga gratis!


Jangan khawatir masalah mengetikkan ulang iklan kita tersebut. Ada satu software gratis yang bisa kita gunakan untuk mengotomatiskan pengetikan iklan tersebut. Anda tinggal melakukan beberapa klik mouse saja maka secara otomatis iklan akan terpasang di situs iklan yang kita kehendaki. Software itu bernama TypeitIn. Silakan download gratis software tersebut di sini.


TypeitIn mempunyai fungsi menyimpan data isian anda seperti nama, email, judul iklan, isi iklan dan lain-lain sesuai settingan anda sendiri. Cara menggunakan software TypeitIn bisa anda klik di sini. 


Iklan Berbayar


Situs iklan mini gratis selain menawarkan iklan gratis juga menawarkan iklan berbayar. Pilihan menggunakan iklan berbayar justru akan membuat sebuah website semakin populer dan menghemat waktu dan energi. Anda bisa memulainya dari yang paling murah lebih dulu seperti perbulan 30.000 rupiah dan kalau anda sudah kelihatan berhasil dan bertambah yakin maka bisa ditingkatkan lagi menjadi yang 100.000 atau lebih. Dengan membayar Iklan anda maka tidak akan perlu lagi memasang ulang karena web produk yang kita pasarkan itu akan ditampilkan terus menerus dalam jangka waktu tertentu atau berdasarkan jumlah klik iklan tergantung pilihan anda. Banyak sekali pilihan menggunakan iklan berbayar tersebut. Di antaranya:


Kliksaya.com
Adsensecamp.com
Kumpulblogger.com
Iklanbaris.co.id
Smsiklan.detik.com
Googleadsense.com
Dll…


Bayangkan betapa banyak waktu yang anda hemat dibandingkan dengan menggunakan iklan gratisan. Anda bisa sambil bekerja atau duduk santai menunggu hasil dari iklan yang kita pasang itu saja. Anda pun juga bisa selain menggunakan iklan berbayar juga menggunakan iklan gratisan kedua-duanya untuk semakin banyak mempromosikan website produk yang anda jual tersebut. Semakin banyak anda mempromosikan website anda semakin banyak orang melihatnya. Kalau makin banyak orang melihat maka akan makin banyak juga kunjungan. Semakin banyak kunjungan akan semakin banyak juga pembelian. Logikanya sukses tidaknya sebuah bisnis tegantung daripada strategi promosi online yang dijalankan. Ciri anda telah berhasil menjalankan strategi promosi online anda adalah dengan banyaknya tampilan website anda di internet dan jumlah kunjungan ke website anda tersebut.

 
Aktif di News Group dan Forum


Jika anda adalah pemain baru di dunia bisnis Internet, anda perlu aktif menunjukkan keberadaan anda serta website anda kepada orang lain. Anda bisa beriklan, atau menulis artikel tertentu yang berkaitan dengan topik website anda.


Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah aktif di newsgroup atau forum di Internet. Ada berbagai macam newsgroup dan forum. Anda bisa menemukannya dengan menggunakan fasilitas search engine dengan memasukkan kata kunci newsgroup ataupun forum mengenai topik tertentu. Misalnya “Internet marketing forum”.


Newsgroup yang kami maksud kami sebut dengan istilah milis. Jika anda adalah pemasar indoensia, sarana milis yang terbanyak bisa anda manfaatkan adalah milik yahoogroups.com.
Konsep sederhana newsgroup atau milis adalah begini: sekelompok orang dengan minat yang sama berkumpul dalam satu komunitas di mana setiap orang di dalamnya bisa melakukan kontak ke seluruh member lainnya. Misalnya, jika suatu milis beranggotakan 1000 orang, dan anda adalah salah satu anggotanya, maka anda bisa mengirim pesan tertentu ke 999 member lainnya dengan menggunakan fasilitas newsgroup.


Untuk bisa aktif di milis/newsgroup, sebelumnya anda harus mendaftarkan alamat email kemudian mengkonfirmasikan pendaftaran. Setelah keangotaan diaktifkan (biasanya secara otomatis) kemudian anda sudah bisa ikut nimbrung berdiskusi mengenai topik tertentu.
Silakan anda akses http://www.yahoogroups.com dan ketikkan kata kunci tertentu yang berkaitan dengan topik pembahasan website anda. Atau jika anda ingin beriklan menggunakan milis, silakan ketikkan kata kunci “iklan” di form pencarian. Anda akan menemukan ratusan bahkan ribuan daftar milis yang berkaitan dengan topik anda.
Jika anda aktif menulis, berbicara dan berperan serta di suatu newsgroup, maka nama anda akan semakin dikenal. Mereka akan lebih mudah mengunjungi website anda setelah mengenal anda.
Anda juga bisa langsung beriklan di beberapa newsgroup tertentu yang mengijinkan periklanan.


Belum selesai!


Postingan selanjutnya klik di sini

 
Semoga sukses!

Read More......

Cara Menggunakan Software TypeitIn

Software TypeitIn berfungsi untuk mengotomatiskan kita memasang iklan. Bagi pengguna iklan gratis, software TypeitIn ini adalah jadi primadona dan andalan mereka untuk membantu pemasangan iklan itu lebih cepat dan praktis. Hal ini dikarenakan dengan bergabung pada iklan gratis website kita tidak akan selalu berada pada urutan pertama akan tetapi selalu turun ke bawah setelah ada pemasang iklan yang baru setelah kita. Dengan demikian kita harus memasang berulang-ulang iklan kita tersebut supaya bisa tampil pada urutan yang bagus. Bayangkan saja bagaimana repotnya bila kita selalu harus mengetikkan kata-kata atau kalimat yang sama pada situs iklan baris secara berulang-ulang. Dengan menggunakan software TypeitIn kita hanya tinggal melakukan beberapa klik maka iklan kita akan terpasang. Mudah bukan? Di bawah ini akan saya coba jabarkan cara menggunakan software TypeitIn tersebut:

1. Silakan download software TypeitIn di sini.
2. Setelah anda mendownload software TypeitIn dan melakukan instalasi pada komputer anda, klik all programs-TypeitIn.
3. Saat ini pada software TypeitIn hanya terdapat beberapa tombol. Silakan tambahkan tombol lainnya misalnya name dengan cara mengklik kanan pada mouse pada salah satu tombol yang telah ada tersebut.
4. Pilih new button dan isikan name pada isian button name.
5. Klik mouse pada isian paling bawah yang berbunyi text to be typed. Isikan dengan nama anda.
6. Klik save and close.
7. Lakukan cara yang sama untuk menambahkan tombol email, judul iklan, isi iklan dll.
Silakan pelajari lebih lanjut untuk mengetahui fungsi-fungsi yang lainnya. Tapi yang jelas yang paling sering saya pakai dan banyak digunakan adalah cara tersebut di atas.
Semoga sukses!

Related Posts:
Cara Pintar Memasarkan Bisnis online

Tips Internet Marketing 
Cara memasarkan bisnis online
Tips dalam melakukan pemasaran di internet
Cara mengalirkan uang lewat internet

Read More......

Suara Printer Terlalu Nyaring

Klik di sini untuk membaca tulisan sebelumnya….
Pada tulisan saya yang terdahulu dikupas tentang berbagai trik perbaikan printer. Kali ini saya akan mencoba sedikit berbagi info tips dan trik menjadikan printer bersahabat dan enak dipakainya serta tidak mengganggu orang yang sedang istirahat di sekitarnya.
Pada settingan defaultnya printer, khususnya Canon biasanya ketika komputer bekerja mencetak berbagai file suaranya menghempas dan nyaring. Hal ini tentu saja agak mengganggu, apalagi kalau kita bekerja pada malam hari maka suara berisiknya tentu bikin kesal. Untuk mengurangi suara bising printer ini ada settingan yang memang sudah diprogramkan oleh produk printer tersebut. Silakan simak caranya di bawah ini:
1. Buka dokumen Word.
2. Klik file-print.
3. Klik properties-maintenance
4. Pada bagian sebelah kanan tengah ada tulisan quiet mode. Klik tulisan tersebut dan akan terlihat bahwa settingan defaultnya adalah ‘do not use quiet mode. Rubah tulisan tersebut dengan memilih ‘always use quiet mode’.
5. Klik tulisan send. Akan muncul tulisan write settings to printer. Pilih yes
6. Selesai!
Suara printer akan berubah menjadi tidak berisik lagi. Printer akan bekerja dengan suara perlahan dan lembut. Akan tetapi perlu diketahui bahwa dengan memilih always quiet mode ini kinerja printer akan menjadi sedikit melambat. Untuk merubah ke settingan defaultnya printer seperti semula silakan lakukan seperti cara tersebut di atas dan pilih opsi ‘do not use quiet mode’. Klik send. Selesai!

Memprint Terlalu Lama
 
Ketika mencetak sebuah dokumen, printer pada settingan defaultnya akan menunggu beberapa lama sampai tinta pada kertas cetakan yang pertama mengering. Ini untuk menghindari agar hasil cetakan yang pertama itu luntur terkena kertas yang akan datang kemudian. Tentunya hal ini akan membuat kita lama menunggu dan menyebalkan. Akan tetapi kalau mencetak pada kertas HVS dan lain-lain biasanya tinta akan langsung kering sehingga tidak perlu menunggu untuk mencetak dokumen selanjutnya. Agar printer bisa mencetak tidak terlalu lama maka settingannya perlu diubah. Begini caranya……..:

1. Buka sebuah dokumen Word
2. Klik file-print
3. Klik properties-maintenance
4. Pada bagian sebelah kanan bawah terdapat pilihan ‘custom settings’. Klik pilihan tersebut.
5. Akan muncul tulisan ink drying wait time. Mistar penunjuk pada pilihan tersebut mengarah kepada long. Klik dan drag penunjuk tersebut mengarah kepada short.
6. Selesai!
Sekarang anda bisa mencetak dokumen beberapa kali lebih cepat dari sebelumnya.

Semoga berhasil!

Related Posts:
Tinta warna printer tidak sempurna
Catridge printer bocor
Tekhnik Perbaikan Printer
Trik Menginstal tulisan Arab pada komputer
Cara Menanggulangi virus komputer

    Read More......

    Jumat, 11 Juni 2010

    Tinta Warna Printer Tidak Sempurna

    Bagi anda yang bekerja seperti mencetak foto menggunakan printer rumahan tentunya kesempurnaan catridge printer dalam menyemburkan seluruh tintanya sangat diperlukan. Apabila salah satu saja dari warna printer itu yang tidak sempurna atau bahkan macet, tentunya akan mempengaruhi keseluruhan hasil kualitas foto yang akan dicetak. Apabila ini dibiarkan, pastinya pelanggan atau anda sendiri akan kecewa karenanya. Lalu bagaimanakah cara mengatasi tinta warna printer yang tidak sempurna itu? Berikut tips dan trik memperbaiki tinta warna printer yang bermasalah itu:
    1. Buka sebuah dokumen word atau excel. Klik file dan pilih print.
    2. Klik properties yang ada pada sebelah kanan atas.
    3. Klik Maintenance dan pilih cleaning. Printer akan bekerja memompa tinta yang ada di dalam catridge dan menghembuskannya keluar sehingga akan memaksa tinta yang membeku pada lobang kecil catridge untuk keluar. Dengan demikian maka nantinya printer dapat mencetak dengan normal kembali. Lakukanlah hal ini beberapa kali.
    4. Cek hasil cleaning tadi dengan mengklik Nozzle check print check pattern. Printer akan mencetak kertas dengan menyemburkan warna hitam, merah, biru dan kuning. Silakan bandingkan hasilnya antara yang kiri dengan yang kanan seperti pada layar monitor. Apabila warna hasil cetakan tadi bergaris terputus-putus berarti belum sempurna.
    5. Agar hasil lebih maksimal, klik deep cleaning. Setelah selesai, test lagi hasil deep cleaning itu dengan memilih Nozzle check. Ulang-ulangilah beberapa kali cara tadi sampai didapatkan hasil warna yang lebih sempurna.
    6. Apabila masih belum berhasil juga, cara lainnya terpaksa catridge harus direndam dengan air hangat beberapa lama. Cara ini juga terbukti ampuh untuk mencairkan tinta yang membeku dan menutup lubang semburan catridge.

    Tekhnik di atas dilakukan apabila kerusakan warna disebabkan oleh tinta membeku karena printer sudah tidak terpakai dalam jangka waktu minimal tujuh hari. Agar tidak tidak terjadi pembekuan pada lobang catridge maka printer harus sering dipakai, minimal dalam jangka waktu tiga hari harus ada mencetak keseluruhan warna. 

    Agar printer jangan sampai lama tidak terpakai, ada tekhnik yang harus dilakukan yang biasanya saya pun menerapkan tekhnik ini….

    Bagaimana caranya, mas?

    Lho, ya gampang aja. Apabila saya punyak banyak pekerjaan yang harus dicetak tapi tidak mengharuskan segera selesai saya biasanya mencetak secara kredit. Maksudnya? Hari ini mencetak pekerjaan itu 30 persen, besok 30 persen dan hari lain sisanya. Gitu aja kok repot…. Ingat, printer tak ubahnya seperti motor. Agar mesinnya awet, maka tiap hari harus dihidupkan sebentar walaupun tidak akan dibawa ke mana-mana.
    Tapi perlu diketahui, bahwa tidak mutlak kerusakan warna printer disebabkan oleh tintanya beku. Bisa juga disebabkan oleh karena terlalu banyaknya tinta printer memenuhi permukaan bawah catridge. Untuk mengatasi hal ini hanya perlu dibersihkan pada permukaan catridge tadi dengan menggunakan tisue.

    Selesai!

    Semoga berhasil!

    Related Posts:

    Tekhnik perbaikan printer 
    Merubah tampilan Windowx XP Menjadi Vista
    Cara membikin cover CD
    Beberapa Kriteria virus komputer
    Cara Menanggulangi virus komputer
    Bill gates

    Read More......

    Jumat, 04 Juni 2010

    Catridge Printer Bocor

    Berikut ini adalah pembahasan mengenai tekhnik perbaikan printer kelanjutan dari postingan saya sebelumnya. Silakan klik di sini untuk membaca tulisan sebelumnya itu.

    Dalam mencetak dokumen, baik itu berupa file tulisan atau gambar, sering sekali kita mengalami permasalahan pada hasil cetakan printer. Printer yang saya bahas di sini khususnya yang bermerek Canon. Entahlah yang menggunakan printer merk lain, tapi biasanya permasalahan yang dihadapi dan cara memperbaikinya kurang lebih sama saja. Permasalahan hasil cetak itu di antaranya adalah tidak ada tulisan yang muncul, tulisan putus-putus atau hasil cetakan warna tidak sempurna.
    Sebelum melakukan langkah perbaikan, maka harus diketahui dulu penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi.


    Penyebab-penyebab cetakan printer bermasalah bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

    1. Disebabkan oleh tinta printer pada catridge sudah mulai habis
    2. Disebabkan tinta printer sudah membeku atau sebagian telah membeku pada lobang bawah catridge
    3. Yang terakhir justru bisa juga disebabkan oleh karena tinta printer bocor.

    Pada postingan saya kali ini akan saya bahas pada penyebab yang terakhir saja.
    Biasanya kalau catridge printer telah bocor atau tintanya justru melimpah pada lobang catridge akan menyebabkan hasil cetakan malah rusak atau bahkan tidak ada tulisan yang tercetak sama sekali.
    Lalu bagaimana cara memperbaikinya?
    Gampang saja, gak usaha panik apalagi sampai nekat membeli yang baru. Kan mahal harganya, ya? Gak jadi dong menghemat….!

    Langkah-langkah Perbaikan Apabila Catridge Printer Telah Bocor:

    1. Ambillah selembar tisue yang lembut. Tahanlah bagian bawah catridge printer yang bocor tadi beberapa lama sampai tidak menggenang lagi di bawah catridge. Silakan tes catridge tadi dengan mencetak beberapa lembar kertas.
    2. Apabila hal di atas masih belum berhasil juga maka cara yang kedua adalah anda terpaksa harus menyedot tinta yang sudah ada dalam catridge tadi sampai habis dengan menggunakan jarum suntik. Setelah habis semua baru isi kembali tintanya dan lakukanlah tes hasil perbaikan tadi.
    3. Langkah ketiga apabila cara yang kedua masih belum berhasil juga terpaksa anda harus membongkar catridge tadi dengan menggunakan pisau. Ambillah busa yang ada di dalam catridge dengan hati-hati dan jangan sampai merusak busa. Bersihkan catridge dari sisa-sisa tinta yang masih ada dengan merendamnya di dalam air sampai menjadi putih bersih. Setelah itu busa yang basah itu harus dijemur dulu sampai kering agar nantinya tinta yang akan disuntikkan tidak bercampur dengan air sehingga menyebabkan hasil cetakan tidak tajam. Setelah busa telah kering, pasang kembali busa ke tempat semula dan tutup catridge tadi dengan menggunakan lem Alteco. Kalau anda merasa kesulitan melem tutup catridge, ikatlah dulu catridge itu dengan menggunakan karet agar lem dapat menempel kuat. Setelah kering lem baru karet itu bisa dilepas.
    4. Masih belum berhasil juga? Mungkin busanya telah rusak dan tidak bisa meresap tinta lagi. Gantilah dengan yang baru atau kalau ada yang bekas catridge rusak punya teman.
    5. Masih belum berhasil? Cara yang terakhir ini pasti berhasil: Gantilah catridge printer anda dengan yang baru. Hehehe…..! sama juga bo’ong!

    Sekian cara mengatasi tinta catridge yang bocor. Kalau ada yang mau menambahkan, silakan saja. Saya juga merasa bukan ahlinya.!

    Semoga sukses!

     
    Related Posts:

    Tekhnik Perbaikan Printer

    Merubah Tampilan Windows XP Menjadi Vista 
    Trik Install Tulisan Arab Pada Komputer
    Cara Membikin Cover CD
    Cara Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer Yang Kabur


      Read More......