Laman

Iklan

Jumat, 05 Maret 2010

Beberapa Tips Dalam Memperluas Jaringan Sosial

Pada saat ini situs jaringan sosial yang dijalankan secara online telah menjadi trend dan dapat dinikmati oleh segala lapisan masyarakat. Tidak hanya anak muda dan mahasiswa bahkan orang yang sudah dewasa serta orang kantoran sekali pun telah kecanduan situs jejaring sosial seperti Facebook ini.

Menurut data terakhir ComScore’s (perangkat industri online untuk mengukur khalayaknya) lebih dari 600 juta orang menjadi pengguna aktif jaringan sosial, blog dan situs foto.

Sementara penelitian yang dilakukan Synovate untuk Microsoft dengan subyek usia 15-24 tahun di Asia, menunjukkan bahwa kaum muda Asia menghabiskan waktu rata-rata hampir 5 jam (4,8 jam) per-hari hanya untuk online.

Memang menyenangkan banyak mempunyai teman, bahkan dapat mengungkapkan segala unek-unek dan keluh kesah kita pada jejaring sosial ini. Namun apabila kita telah kecanduan, jadi lupa waktu,deh…akibatnya, bukan hanya mengganggu kesehatan, bahkan juga menyebabkan kita melalaikan kewajiban yang harus kita kerjakan.

Berikut adalah beberapa tips dalam memperluas jaringan sosial yang bermanfaat bagi kita dalam mengikuti trend dunia yang sudah mewabah bak virus ganas ini. Semoga dengan memperhatikan beberapa tips dalam memperluas jaringan sosial yang saya berikan ini dapat menjadi rem bagi yang kecanduan dan tidak justru berakibat negatif bagi kita.

Pandai Memilih

Ada banyak sekali situs jaringan sosial yang bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja yang menginginkannya. Saya sebutkan saja seperti halnya Facebook, Twitter, De.li.cious, Flickr, Picasa Web, Ning, Linkedin dan lain-lain. Tentunya kita tidak dapat mengikuti semuanya, bukan? Saya pun menyarankan anda hanya memilih dan aktif pada salah satunya saja. Jangan tergiur dengan tawaran untuk bergabung dengan banyak situs jaringan sosial itu karena akan menyebabkan anda lupa waktu dan hanya akan membuang-buang tenaga. Tanyakan dulu pada diri anda, untuk apa anda bergabung dengan situs jaringan sosial? Apabila hanya untuk menambah teman, sebaiknya ada batasnya. Jika tujuan anda adalah untuk promosi dan bisnis online, maka memang semakin banyak jaringan social yang anda ikuti, semakin, baik bagi bisnis anda itu. Tapi semuanya tergantung kepada bagaimana anda mengatur waktu anda . Untuk ini saya lebih menyarankan anda utk bergabung dengan situs jaringan yang lebih besar seperti Facebook, Friendster, Windows Live Home Page atau MySpace.

Fokus

Karena anda telah bergabung dengan banyak situs jaringan social, tentunya akan kerepotan apabila harus mengecek satu persatu perkembangan terbaru setiap harinya. Oleh karena itu anda harus tetap fokus pada salah satu yang anda anggap paling menguntungkan dan lagi digandrungi oleh semua orang di seluruh dunia. Lebih baik fokus pada salah satu daripada melompat ke sana kemari yang bisa berakibat anda tidak konsentrasi.

Introspeksi Diri

Karena beberapa situs jaringan social memberikan tempat yang tidak sedikit bagi anggotanya untuk mengupload content atau foto, maka orang pun lebih suka mengupload sebanyak-banyaknya foto pribadinya yang menurut saya justru hal itu tidak akan banyak manfaatnya. Kenali dan introspeksilah diri anda. Siapakah anda dan apa manfaat atau tujuan anda mengedarkan banyak foto tersebut. Kalau artis yang suka mengupload foto-fotonya maka hal itu wajar karena mereka memang diidolakan oleh banyak masyarakat. Beda dengan kita sebagai orang awam yang tidak dikenal kecuali teman satu kampung. Belum tentu foto kita akan dilihat orang. Pandai-pandailah mengatur dan menjaga informasi tentang diri yang ingin Anda tampilkan. .. Buatlah pengaturan privasi secara baik

Tetap Aktif

Usahakan agar anda berhubungan dengan teman-teman secara rutin, misalnya ikut ambil bagian dalam suatu diskusi atau sekedar mencurahkan uneg-uneg yang ada dalam hati. Alangkah lebih baik dan manfaat lagi apabila anda mengikuti perkembangan dalam negeri dan dunia dan mengomentari tentang kejadian atau peristiwa-peristiwa penting yang telah terjadi. Tapi pandai-pandailah memilih kata karena tulisan anda akan dapat dilihat oleh orang di seluruh dunia. Jangan sampai kalimat yang anda keluarkan itu menjadi boomerang atau masalah untuk anda karena menyinggung seseorang.

Ada Batasnya

Berhubungan dalam jaringan sosial secara online memang sangat mengasyikkan. Tapi yang perlu diingat adalah jangan sampai hal ini membuat kita terlena sampai lupa waktu dan melalaikan tugas kita yang lainnya. Targetkanlah berapa lama dalam satu hari anda duduk di muka komputer hanya untuk berkomunikasi melalui situs jaring sosial ini. Jangan sampai anda melebihi batas waktu dari yang telah ditargetkan tersebut.

Demikian. Semoga bermanfaat!

Related Posts:

  1. Mengenal Cara Kerja Google
  2. Trik Mempercepat Download
  3. Asyiknya melihat Bintang Di Langit Dengan Google Earth
  4. Jaminan Kebebasan Menulis Bagi Para Blogger
  5. Cara Mendownload Musik dan Video Pada Situs Multiply
  6. Cara Download Video Dari Youtube.com

Read More......

Trik dan Cara Menginstal Tulisan Arab Pada Microsoft Word

Pada settingan default Microsoft, font tulisan, dan language default yang terinstal adalah English. Jadinya apabila komputer belum disetting manual maka komputer secara otomatis akan mengoreksi tulisan yang kita ketikkan di MS Word dengan bahasa Inggris. Misalkan kita menulis komputer, maka program default akan merubahnya ke dalam bahasa Inggris menjadi computer apabila kita tekan spasi. Begitu pula apabila kita mau menulis Arab, maka tidak ada pilihan yang tersedia di sana. Agar bisa menulis Arab di Komputer, maka kita harus melakukan instalasi tulisan Arab agar bisa ditulis dan dibaca pada Microsoft Word.

Untuk trik dan cara menginstal tulisan Arab pada Microsoft Word tidaklah sulit. Silakan pelajari trik dan cara menginstal tulisan Arab pada Microsoft Word berikut ini:

  1. Pertama-tama yang perlu anda persiapkan adalah CD Windows XP atau Microsoft Office. Nantinya yang anda gunakan adalah yang dipinta oleh komputer, karena pengalaman saya terkadang yang dipinta adalah Windows XP, terkadang Microsoft Office.
  2. Silakan klik Start - All Programs - Control Panel.
  3. Klik dua kali ikon Regional and Language Options yang ada pada control panel
  4. Pilih tab languages yang ada di atas
  5. Centang kotak tulisan 'install files for complex script and right to left languages (including Thai)'
  6. Akan muncul tulisan Install suplemental language support. Klik ok
  7. Begitu diklik ok segera muncul tulisan please insert compact disk labelled Windows XP....., maka anda harus memasukkan CD Windows XP yang telah anda persiapkan sebelumnya itu ke dalam CD Room komputer anda lalu klik ok
  8. Proses mengcopy file yang diperlukan akan segera berlangsung. Setelah selesai, anda diminta untuk merestart komputer agar hasil instal tulisan Arab tadi bisa segera digunakan
  9. Setelah komputer hidup kembali, agar bisa memunculkan pilihan penggunaan font bahasa Arab pada keyboard maka harus kembali membuka control panel - Regional and Language Options - Languages.
  10. Klik tab tulisan details. Di sini terlihat bahwa tulisan keyboard yang digunakan adalah US. Silakan klik tab tulisan Add untuk menambah option atau pilihan penggunaan font bahasa keyboard.
  11. Pilih Arabic. Ok. Dan terakhir klik tulisan Apply, tab pilihan bahasa segera muncul di bawah sebelah kanan desktop komputer. Silakan diklik satu kali dan pilih Arabic agar bisa menulis Arab pada Microsoft Word.
  12. Selesai!
Perhatian: Selalu pindah tab toolbar di bawah sebelah kanan untuk menyesuaikan keinginan anda, jika anda hendak menulis Arab, klik tab Arabic, dan bila tidak, silakan pindah ke English.

Semoga berhasil!

Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha dan belajar!

Related Posts:
  1. Cara Membikin Bingkai Pada Foto
  2. Produk Terbaru Dari Microsoft
  3. Beberapa Peristilahan Dalam Ilmu Komputer Yang Perlu Diketahui
  4. Cara Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer Yang Kabur
  5. Cara Menanggulangi Virus Komputer

Read More......

Tips dan Trik Bikin Kata Kunci Atau Keywords Blog

Postingan sebelumnya, klik di sini.

Ini adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul Tips-tips Yang Perlu Diperhatikan Dalam Ngeblog.

Keywords

Pemilihan keywords atau kata kunci yang tepat sangat penting dilakukan. Kata kunci adalah faktor penentu nomor satu yang menjadi sebab blog kita bisa dijangkau atau dikunjungi orang lain. Adapun tips dan Trik bikin kata kunci atau keywords akan saya uraikan sedikit di bawah ini.

Sebelum anda memulai menulis, coba fikirkan dulu informasi apa dulu yang kira-kira banyak dicari orang apabila terhubung ke internet. Baiklah, anggap saja orang yang terhubung ke internet adalah seorang yang sedang terobsesi untuk membikin sebuah blog. Maka informasi yang akan dicarinya adalah seputar tips dan trik membikin blog. Sekarang anda sudah mempunyai tema, hal berikutnya adalah kalimat apa yang kira-kira banyak dituliskan orang pada web browser untuk mencari informasi seputar tips dan trik membikin blog tersebut. Baiklah kita contohnya saja tips dan trik bikin kata kunci atau keywords blog.

Yang sangat penting anda perhatikan adalah janganlah membikin judul yang aneh-aneh atau yang pada dasarnya apabila diucapkan pun agak susah. Buatlah judul yang menarik dan enak didengar, tentunya orang lebih suka menulis pada web browser mereka sesuatu informasi yang sangat ingin mereka ketahui dengan kalimat yang sederhana dan mudah untuk dieja. Walaupun sebagian webmaster menyarankan untuk membikin keywords dengan diembel-embel kata-kata atau kalimat yang asing yang kata mereka berfungsi baik karena tidak banyak saingan, akan tetapi kalimat seperti itu pun nanti akan jarang ada orang yang mencarinya.

Setelah anda mendapatkan tema dan kata kunci yang tepat, berikutnya anda perlu melakukan beberapa kali pengulangan pada konten atau isi blog. Umpama judul blog anda adalah 'rahasia blog agar tampil di rangking yang bagus pada Google. Maka kalimat atau pembicaraan dengan tema rahasia blog agar tampil di rangking yang bagus pada Google harus diulang minimal satu kali. Judul blog yang menjual akan tetapi isinya tidak sesuai dengan judul tersebut walaupun berbobot justru akan menyebabkan Google menaruh blog anda pada nomor urut yang jauh di bawah.

Satu hal lagi yang ingin saya bagi kepada anda dan ini sangat penting. 'Mohon maaf kalau sudah banyak yang lebih dulu tau daripada saya'. Saya sering ,mencari informasi tentang sesuatu dan ketika halaman situs tersebut di klik dan dibaca ternyata judul blog tidak sesuai dengan kata kunci yang saya ketikkan di browser. Justru kata kunci saya itu terdapat pada konten blog atau malah ada yang pada kotak komentar. Kesimpulannya ternyata kita bisa membikin keywords itu beberapa judul dalam satu kali postingan dengan cara membikin beberapa kata kunci dan ditaruh pada konten atau bahkan kotak komentar. Cara seperti ini sangat menghemat waktu dan tenaga. Wah.... Jadi ketahuan, dong rahasianya! Hehehe!

Semoga sukses!

Related Posts:

Read More......

Tips-tips Yang Perlu Diperhatikan Dalam Ngeblog

Ngeblog memang mengasyikkan. Kita bisa memposting apa saja yang kita kehendaki, yang bisa diisi dengan segala uneg-uneg hati, berbagi pengalaman dan keterampilan, informasi, kritik dan lain-lain. Pada saat ini memang ngeblog telah menjadi trend masyarakat Indonesia bahkan dunia. Bahkan ada sebuah reklame iklan sebuah provider yang membuat semboyan: ‘Jangan mengaku gaul kalau kamu belum bisa ngeblog.’

Internet dan segala yang berhubungan dengannya, termasuk kegiatan ngeblog dijadikan orang yang menggunakannya untuk berbagai keperluan yang berbeda-beda. Dari yang hanya menyalurkan hobi menulis sampai kepada yang menjadikannya kemudahan dalam menjalankan bisnis yang sedang digelutinya.

Bagi yang kepingin ngeblog atau sudah lama mempunyai blog sendiri, tidak ada salahnya kalau anda membaca tips-tips yang perlu diperhatikan dalam ngeblog di bawah ini. Bukannya saya sok tahu, tapi sekedar berbagi pengalaman saja kepada pembaca sekalian.

Untuk Apa Anda Ngeblog

Hal yang pertama sekali anda perhatikan adalah tujuan dari kegiatan anda membuat dan mengelola sebuah blog. Untuk apa anda membuat blog? Ada beragam alasan orang membikin blog dari yang hanya buat iseng sampai kepada bisnis dan menambah penghasilan. Kalau tujuan anda adalah iseng atau sekedar hobi nulis aja, maka yang sangat perlu anda perhatikan adalah konten blog itu, jangan sampai isinya menjadikan momok atau boomerang bagi anda karena konten yang ditulis adalah mengenai sesuatu yang membuat seseorang tersinggung atau marah. Jangan juga tentang hal-hal yang bersifat pornografi dan sesuatu yang meresahkan masyarakat. Bahkan pengelola blog atau situs akan menghentikan keanggotaan anda apabila ada yang melaporkan kegiatan illegal anda itu. Adapun masalah desain blog bisa anda bikin semenarik mungkin bahkan dengan tambahan script atau widget-widget tertentu sepanjang tidak membuat loading ke bog anda menjadi lelet atau lambat.

Akan sedikit berbeda halnya apabila tujuan anda ngeblog adalah untuk mencari tambahan penghasilan. Untuk hal ini saya lebih menyarankan anda untuk banyak belajar dari pengalaman blogger-blogger lainnya yang telah sukses mendulang uang dari kegiatan ngeblog. Akan ada banyak tips dan factor yang perlu diperhatikan dalam hal ini, di antaranya:

Pemilihan provider atau jenis layanan blog sangat perlu diperhatikan, khususnya bagi yang ingin mendaftarkan diri pada layanan pembikinan blog yang gratis. Hal ini dikarenakan tidak semua layanan pembikinan blog itu mengizinkan penggunanya untuk memposting bahkan mencantumkan link bisnis. Bisa-bisa blog anda akan kena banned atau dihentikan oleh mereka karena dianggap melanggar peraturan yang telah mereka bikin. Setahu saya blog gratisan yang mengizinkan penggunanya untuk melakukan bisnis, baik menaruh iklan atau link referral adalah Blogger dan Multiply. Sedangkan Wordpress.com sampai saat ini masih belum mengizinkan penggunanya untuk menaruh iklan atau link referral.

Desain Blog

Aturlah blog yang anda kelola untuk bisnis seperti pemasangan iklan dengan tambahan widget pendukung seperlunya saja. Jangan berlebihan karena hanya akan memberatkan loading blog dan membuat orang yang ingin berkunjung ke blog anda itu membatalkan niatnya. Hal-hal yang perlu ditambahkan dalam sebuah blog bisnis menurut saya adalah:

  1. Script atau kode iklan yang telah anda dapatkan dari situs penyedia pemasangan iklan seperti kumpulblogger.com dll.
  2. Script Widget untuk mengetahui jumlah pengunjung yang sedang online atau data pengunjung hari ini.
  3. Script atau kotak untuk memasukkan email bagi yang ingin berlangganan blog anda itu.

Hanya ini saja menurut saya yang perlu ditambahkan pada blog bisnis iklan. Tentunya blog master yang lain punya pendapatnya sendiri. Silakan. Saya tidak akan membantahnya. Silakan anda periksa webmaster atau para blogger sukses yang lain, apa saja yang mereka tambahkan pada blog mereka. Pastinya tidak banyak hiasan macam-macam seperti halnya blogger-blogger baru yang terlalu terobsesi dengan desain blog sehingga menghambat atau mempersulit tujuan mereka sendiri.

Keywords

Pemilihan keywords atau kata kunci yang tepat sangat penting dilakukan…….
Mohon maaf, jadi kepanjangan. Utk kelanjutan tulisan ini silakan klik di sini,

Bersambung……!

Read More......

Kamis, 04 Maret 2010

Cara Membikin Cover CD

Dahulu sebelum ada media penyimpanan optikal, seperti CD dan DVD dan lain-lain, file-file audio disimpan dalam pita magnetic, dibungkus dengan kotak yang kita sebut dengan nama kaset. Sekarang, hampir semua file-file tersebut disimpan dalam bentuk digital dan disimpan dalam piringan-piringan optikal seperti CD dan DVD.

File musik biasanya disimpan dalam CD, sedangkan film dengan ukuran yang lebih besar disimpan dalam DVD. Bentuknya kurang lebih sama. Baik CD dan DVD disimpan dalam kotak pembungkus yang dilengkapi dengan cover yang menggambarkan isinya. Tahukan anda bahwa cover CD ini bisa dijadikan koleksi? Para kolektor bisa menemukan pada website cdcovers.cc. Bg yang berminat dapat mendownloadnya ke situsnya langsung. Adapun tata cara membikin cover CD melalui situs tersebut silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Silakan kunjungi website http://www.cdcovers.cc/
  2. Agar nantinya anda lebih mudah mengunjungi website ini, maka silakan download aja toolbar cdcovers.cc
  3. Setelah anda mendownload dan melakukan instalasi, kini toolbar cd covers akan tampil pada browser anda. Silakan klik ikon cdcovers.cc nya yg ada pada browser. Anda akan langsung diarahkan ke situs resmi CD cover.
  4. Klik ikon cover yg ada di atas kiri halaman situs.
  5. Pilih dan klik huruf pertama dari tema cd cover yang ingin anda bikin itu.
  6. Tuliskan nama judul cover cd atau anda bisa memilih tema yg telah disediakan.
  7. Lihat pada bagian bawah, akan muncul tulisan: front, CD 1, inside dan lain-lain. Klik salah satu yang anda inginkan.
  8. Setelah beberapa saat kemudian akan muncul gambar cover CD. Untuk mendownload cover cd tersebut cukup dengan klik kanan mouse dan pilih save image as.
  9. Cover CD anda sudah selesai dan siap untuk diprint.
Anda bisa mendapatkan kertas untuk cover CD pada toko komputer.
Mendapatkan cover CD pada situs ini memang sangat menarik karena begitu banyak koleksi gambar cover. Semuanya bisa anda download dengan gratis dan bisa dijadikan koleksi. Kita pun tidak perlu mengedit gambarnya karena semua gambar itu sudah dalam bentuk cover.
Selain dengan cara mengambil dari situs tersebut di atas, sebenarnya kita juga bisa membikin cover CD langsung dengan menggunakan software Nero tanpa harus terkoneksi ke internet. Caranya juga sangat mudah. Cara membikin cover CD menggunakan software Nero ada di bawah ini:

  1. Pastikan anda sudah mempunyai software Nero yang biasanya digunakan untuk mengcopy atau memburning file ke dalam disket.
  2. Klik ikon Nero Start Smart pada desktop computer anda dua kali.
  3. Pilih ikon gambar tanda plus atau Extras yang ada pada sebelah kanan tampilan program Nero.
  4. Klik ikon make label or cover.
  5. Di sini kita akan mencoba membikin cover sendiri dengan syarat kita sudah mempunyai gambar yang akan dijadikan cover nantinya. Pilih empty document – oke.
  6. Akan nampak kotak segi empat yang masih kosong tidak ada tulisan atau gambar. Klik kotak warna hijau di sebelah kiri yang bertulis insert an image. Setelah untuk menyesuaikan ukuran gambar bisa anda atur sendiri.
  7. Untuk menambah tulisan klik ikon insert artistic text di sebelah kiri. Tulislah judul kotak CD yang anda kehendaki.
  8. Untuk membikin gambar cover CD nya anda pilih ikon Disk 1 pada sebelah kanan bawah. Untuk mengisi gambar atau tulisannya sama seperti cara di atas.
  9. Klik file – Print.
  10. Selesai.
Semoga bermanfaat!

Read More......