Halaman

Iklan

Sabtu, 23 Januari 2010

Cara Memburning File / Mengcopy file Ke Cd

Saya sering disodorkan kaset cd berisi file-file penting oleh rekan-rekan sekerja. Tetapi apa yang terjadi ketika kaset tersebut saya masukkan ke dalam cd room dan dimainkan di komputer saya adalah kaset cd itu kosong. Hal ini terjadi bukan karena saya memang dikasih kaset kosong, tapi karena file yang ada di dalam cd itu tidak dapat dibaca karena kesalahan sewaktu memburning file atau mengcopy file ke cd. Biasanya hal ini diakibatkan mengcopy file ke cd itu diterapkan seperti mengcopy file ke dalam flash disk.

Untuk dapat menyalin file ke dalam cd tidak sama dengan menyalin atau mengcopy paste ke flash disk. Untuk dapat melakukannya dibutuhkan beberapa software yang mendukung, salah satunya adalah Nero. Berikut ini adalah cara memburning file ke dalam CD yang bisa anda

pelajari:






1. Klik ikon nero pada desktop yang sudah diinstal pada komputer anda.

2. Pilih ikon favorites – make data CD

3. Klik tulisan add





4. Cari direktori penyimpanan file yang akan anda burning

5. Seleksi file yang akan diburning dengan mengkliknya satu kali

6. Klik tulisan finished – Next

7. Pada disc name, silakan ganti my disc dengan nama data yang anda kehendaki

8. Centang tulisan allow files to be added later agar cd bisa diisi lagi apabila masih belum penuh.

Apabila anda tidak mencentang ini, maka cd akan dianggap penuh walaupun isi cuman sedikit.

9. Klik tulisan burn

10. Proses burning akan segera berlangsung

11. Selesai

Semoga bermanfaat!

Related Posts:

Read More......

Jumat, 22 Januari 2010

Mengenal Cara Kerja Google

Pada saat ini dunia teknologi dan informasi hampir menjadi dua kata yang tak bisa dipisahkan. Seiring dengan berkembangnya teknologi, semua informasi di seluruh dunia dapat diketahui oleh semua orang hanya dengan membaca koran, menonton televisi, dan yang paling canggih lagi adalah melalui internet. Bahkan dengan melalui internet ini orang bisa menentukan informasi tentang apa saja yang dikehendakinya dalam beberapa saat hanya dengan mengetikkan beberapa kata kunci pada Search Engine seperti Google.

Tentunya banyak orang yang terkagum-kagum dengan cara kerja Google yang dapat begitu mudah menyajikan seluruh informasi yang dicari hanya dalam beberapa saat itu. Bagaimana sih caranya kok Google bisa memberikan informasi sesuai yang kita butuhkan? Tentunya ada penjelasan ilmiah tentang hal ini. Silakan simak baik-baik tentang cara kerja Google yang saya sajikan di bawah ini:

Tentunya anda pernah mencari informasi tentang sesuatu di sebuah buku besar, bukan? Nah, penjelasan secara ringkasnya seperti itulah yang selama ini dilakukan oleh Google. Ketika kita melakukan pencarian melalui Google, Program Google lalu memeriksa index yang ada pada database untuk menemukan hasil pencarian yang paling relevan untuk disajikan kepada kita.

Untuk penjelasan secara detilnya ada tiga proses di dalam pengiriman informasi kepada kita, yaitu;

  1. Crawling

    Crawling atau perayapan adalah satu proses di mana mesin Google menemukan halaman situs yang baru dan diupdate untuk ditambahkan pada index Google.

    Google menggunakan satuan komputer yang besar untuk merayapi jutaan halaman pada website. Program yang melakukan perayapan itu disebut Googlebot (atau biasa dikenal dengan nama sebagai sebuah robot, bot atau spider). Googlebot menggunakan proses algoritma: yaitu program komputer yang menentukan situs mana yang akan di rayapi, seberapa sering, dan berapa banyak halaman yang akan diambil dari setiap situs.

    Google merayapi proses dimulai dari daftar URL situs, yang dihasilkan dari proses perayapan atau pencarian yang baru dilakukan, dan ditambahkan dengan data Sitemap atau peta situs yang diberikan oleh webmaster. Ketika Googlebot mengunjungi setiap dari website ini ia akan mendeteksi link-link pada setiap halaman dan menambahkannya ke daftar untuk dirayapi.

    Google tidak menerima pembayaran untuk merayapi sebuah situs, akan tetapi Google mendapatkan bayaran dari layanan AdWords, sebuah layanan pemasangan iklan bisnis yang dikelola oleh Google.

  2. Indexing

    Googlebot memproses setiap halaman yang dirayapi untuk menyusun index raksasa dari setiap kalimat yang dilihatnya dan lokasinya pada setiap halaman. Sebagai tambahan, Google memproses informasi termasuk kata kunci kontent tags dan atribut, seperti judul tags dan
    ALT atribut. Googlebot bisa memproses banyak, tapi tidak semua jenis content. Sebagai contoh, Google tidak bisa memproses content yang terdiri dari beberapa rich media file atau halaman dinamis.

  3. Serving Results (Penyajian hasil pencarian Google)

    Ketika seorang pengguna internet memasukkan kata kunci informasi yang ingin dicarinya, mesin Google mencari index untuk menyesuaikan halaman dengan kata kunci tersebut dan menyajikan hasil pencarian yang menurutnya paling relevan dengan yang dimaksud oleh pengguna internet. Ada lebih dari 200 faktor yang menjadi pertimbangan, salah satunya adalah PageRank. PageRank adalah ukuran bahan pertimbangan yang penting dari sebuah halaman berdasarkan link yang didapat dari halaman lain. Secara ringkasnya, setiap link ke halaman sebuah situs dari situs lain menambah peringkat atau PageRank ke situs tersebut. Tidak semua link sama. Google telah berusaha keras untuk meyakinkan penggunanya untuk meneliti link spam dan lainnya yang berparuh negatif dalam hasil pencarian. Jenis link yang terbaik adalah yang diberikan berdasarkan kualitas dari konten situs itu.

    Agar sebuah situs mendapatkan peringkat yang bagus di dalam hasil pencarian adalah dengan memastikan bahwa Google bisa merayapi dan mengindex situs anda dengan benar. Untuk mempelajari masalah ini silakan klik link ini.

Semoga bermanfaat dan sukses untuk anda!

Read More......

Selasa, 19 Januari 2010

Mencari Ide Menulis Itu Tidak Susah

Seperti yang pernah saya bilang pada postingan sebelumnya bahwa membikin blog itu gampang, akan tetapi yang gak gampang bagi sebagian blogger adalah mengelola blog tersebut hingga mencapai target yang diinginkan. Target umum dari sebuah blog biasanya adalah traffic rank atau jumlah kunjungan yang banyak, baru mendapatkan keuntungan berupa materi atau kepuasan dari blog yang telah susah payah dikelola tersebut.

Masalah yang semua blogger pernah mengalaminya, tidak perduli yang sudah master atau newby ato pemula adalah kehilangan ide dalam menulis. Pada suatu waktu blogger akan mengalami hal ini yang berakibat pada menurunnya jumlah kunjungan karena blog tidak diupdate dalam jangka waktu tertentu.

Untuk mencari ide menulis atau agar jangan sampai terjadi kemacetan dalam menulis artikel pada blog semua orang mempunyai tekhnik dan triknya masing-masing. Pada kesempatan ini saya hanya ingin share kepada sesama blogger mengenai mencari ide menulis pada blog yang sebenarnya tidak susah-susah amat.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mulai membikin blog

1. Hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum membikin blog adalah tema. Tema apa yang akan anda pilih menentukan kelancaran postingan anda nantinya. Tulislah hal-hal yang telah anda kuasai atau ingin anda kuasai. Misalkan anda telah menguasai komputer, tulislah tema mengenai ilmu komputer. Atau anda adalah seseorang yang sangat ingin bahkan berambisi untuk menjadi seorang blogger, buatlah tema mengenai tips atau trik seputar dunia blogging. Misal Tema adalah ‘Dunia Blogging’. Saya bilang seperti ini karena dengan menulis sesuatu yang belum anda kuasai tapi anda sangat ingin menguasainya anda akan mendapatkan dua keuntungan. Pertama, anda akan termotivasi untuk mempelajari tips dan trik blogging. Kedua, begitu anda mengetahui trik atau caranya lalu anda praktekkan, anda pun bisa menulis pengalaman atau ilmu yang baru anda pelajari itu untuk dishare kepada blogger lainnya. Praktis, bukan?

Dari tema yang telah anda bikin itu, buatlah terlebih dulu sub tema apa saja yang akan ditulis nantinya. Umpamanya:

Tema anda adalah Dunia Blogging. Sub tema:
Tips dan Trik bikin blog
Cara mempercantik blog
Tekhnik agar blog bisa terindex oleh Google
Cara Meningkatkan Traffic kunjungan blog
Dll…

Sub tema di atas belum anda kuasai, tapi anda ingin mengetahui lalu menguasainya baru bisa anda share.
2. Yang juga sangat penting adalah domain. Usahakan nama domain juga sesuai tema. Misal, seandainya anda menulis tentang dunia blogging pada blogspot maka berilah nama blog anda itu dengan duniablogging.blogspot.com. Kalau nama ini sudah ada yang punya usahakanlah memberi nama yang agak mirip.
3. Usahakanlah membuat judul sesuai dengan tema. Tapi kalau lagi nemu jalan buntu, ya gak apa apabila anda menulis judul tidak sesuai dengan tema blog anda. Yang penting jangan sampai berhenti menulis hanya gara-gara masalah judul yang tidak selaras dengan tema blog.

Trik Agar Tidak Kehabisan Modal Dalam Menulis Blog

Kehabisan modal? Wah, bangkrut dong.

Ada beberapa hal yang selalu saya lakukan agar tidak kehabisan ide atau modal dalam menulis.

  1. Sering berkunjung ke blog lain.
  2. Menyusun rencana atau judul-judul yang akan diposting nantinya. Judul di sini sudah ada gambarannya dari tema blog yang sudah direncanakan tadi.
  3. Melakukan pengkategorian tentang isi atau judul postingan.
  4. Sering mendownload ebook gratis dan banyak belajar di sana
  5. Yang paling sering aku lakukan adalah berkunjung ke blog lain lalu apabila ada di antaranya yang menarik aku simpan blog itu ke komputer dengan mengklik save as. Suatu waktu apabila ada waktu kosong kupelajari tulisan itu lalu dapat ide untuk menulis tema yang dilhami dari tulisan orang tersebut. Tapi saya keberatan kalau dibilang menjiplak atau copas, sebab yang saya ambil adalah ide judul atau tulisan tersebut dengan membikin judul dan isi baru yang berbeda.
  6. Sering berkunjung ke situs-situs berbahasa Inggris atau situs resmi dari sebuah perusahaan seperti situs resminya mbah Google. Dengan begini saya bisa dapat petunjuk yang valid mengenai suatu masalah. Setelah mendapat petunjuk lalu saya terjemahkan tulisan tersebut dan dishare lewat blog. Untuk memudahkan saya menterjemahkan bahasa Inggris, saya menggunakan Transtool. Bagi yang tidak mempunyai software ini, anda bisa menggunakan Google Transtool aja. Dengan Software ini akan bisa menterjemahkan banyak bahasa.
  7. Apabila lagi mampet, maksudnya gak dapet ide juga bisa mencari blog yang mengizinkan tulisannya dicopas walau dengan syarat harus menyertakan link atau sumber tulisan. Yah, gak papa sekali-sekali meskipun dibilang gak kreatif, tapi kan gak ada yang marah. Hehehe! Tapi yang satu ini hanya apabila terpaksa, artinya sudah kehabisan ide menulis.

Selamat menulis. Semoga sukses!

Read More......

Sabtu, 16 Januari 2010

Cara Memindah Blog Kita ke Webhosting Berbayar Milik Kita

Mempunyai blog dengan domain dan hosting gratis memang enak. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian domain dan sewa tempat hosting, juga kita tidak dibebankan dengan keterbatasan bandwith yang bermuatan kecil. Kita bisa sebanyak-banyaknya menulis dan mengupload file. Akan tetapi blog gratisan juga mempunyai keterbatasan, di antaranya kita tidak bisa membikin nama domain dengan yang kita kehendaki. Apabila anda mempunyai blog di blogspot, maka alamat domain anda adalah: namadomainanda.blogspot.com.

Bagi yang sudah lama menjajal blog gratisan dan sekarang ingin mempunyai blog yang berbayar biar kelihatan lebih profesional, anda tidak perlu menulis ulang postingan anda itu. Bahkan kita bisa memindah isi postingan blog dan lain-lainnya ke domain webhosting berbayar yang telah kita beli dan telah sah menjadi milik kita itu.

Bagi yang mempunyai blog di blogspot silakan baca tutorial memindah blog kita ke webhosting berbayar di bawah ini.

  1. Klik Dashboard
  2. Klik Pengaturan dari blog yg akan anda atur
  3. Klik Publikasikan
Akan ada teks seperti ini:

Anda berpublikasi di blogspot.com
Berpindah ke:

• Domain Kustom (Arahkan nama domain terdaftar milik Anda sendiri ke blog Anda)
• FTP (penerbitan di server ISP Anda)
• SFTP (penerbitan aman di server ISP Anda)
Klik FTP
4. Di sini akan ada isian yang harus anda isi:Server FTP : isikan misalnya ahrusdi.com
URL Blog. misalnya ahrusdi.com
5. Alamat FTP: berupa direktori yang ada di server kita, jika kita menginginkan mempublikasi file blogspot di root folder atau folder utama, kosongi isian ini.
6. Nama Berkas Blog: isikan index.html
7. Nama file feed: isikan atom.xml

8. Username FTP: biasanya berupa username cpanel hosting web anda

9. Password FTP: biasanya berupa password cpanel hosting web anda

10. Verifikasi Kata : masukkan kode kata yg ditampilkan

11. Klik Simpan Setelan


Selesai!

Kini anda telah mempunyai blog yang hak kelola sepenuhnya di tangan anda.
Semoga sukses!

Read More......

Trik Mempercepat Download

Banyak sekali di internet bertebaran macam-macam software, video, musik, game, dan e-book yang bisa didapatkan dengan mendownload file yang disediakan pada link download. Lebih mengasyikkan lagi adalah bahwa selain dari software yang berbayar, juga terdapat banyak software serta file lainnya yang disediakan freeware alias gratis…tis... tis! Tinggal lagi masalahnya adalah bagaimana caranya agar kita bisa mendownload file tersebut dengan tanpa masalah serta cepat.

Untuk mendownload file tersebut bisa kita lakukan dengan mengklik link download dan bagi yang menggunakan mozilla biasanya akan langsung muncul kotak download dan memberikan opsi ke bagian mana dari komputer file tersebut akan disimpan. Aka
n tetapi dengan menggunakan cara biasa seperti ini akan mempunyai beberapa kekurangan seperti download akan batal apabila koneksi internet putus atau lampu tiba-tiba padam. Untuk mendownload lagi maka harus diulang dari awal, tentunya hal ini akan membuat kita jenuh menunggu. Kelemahan kedua adalah waktu yang diperlukan untuk mendownload agak lama dibandingkan dengan menggunakan trik mempercepat download yang akan saya berikan di bawah ini.
Lalu bagaimanakah trik mempercepat download yang akan saya berikan nanti?
Sebelumnya saya mohon maaf beribu maaf. Tutorial yang akan saya berikan ini sebenarnya tidak ada trik dan keahlian khusus. Lho…..? Saya hanya akan menawarkan anda menggunakan sebuah software download manager yang bernama DAP.

Apakah DAP itu?

DAP adalah singkatan dari Download Accelerator Plus. Dengan menggunakan DAP kita akan bisa mendownload empat kali lebih cepat daripada cara biasa. Bahkan apabila koneksi internet putus atau anda ingin berhenti dan mematikan komputer padahal proses download belum selesai, anda bisa melanjutkan proses download tersebut tanpa harus mengulangnya dari awal. Praktis bukan? Silakan download DAP dengan mengklik link ini. Download DAP.

Cara menggunakannya sangat mudah.


  1. Klik ikon DAP yang telah terinstal pada desktop komputer anda.
  2. Klik tulisan Add yang ada pada bagian sebelah kiri atas.
  3. Silakan masukkan URL alamat situs tempat file yang akan kita download.
  4. Klik ok – save.
  5. Proses download segera berlangsung.
  6. Sekarang anda bisa mendownload file yang anda sukai tanpa takut tiba-tiba koneksi internet terputus dan mengulangnya dari awal.

Mudah bukan?

Semoga sukses!

Read More......

Jumat, 15 Januari 2010

Membikin Blog Itu Gampang

Pada saat ini dunia blogging kian marak dan semakin banyak saja blogger-blogger baru bermunculan. Bahkan membikin blog telah menjadi trend kalangan pelajar tidak hanya mahasiswa komputer, jurusan lain, anak SMA, bahkan SMP. Pada beberapa sekolah bahkan juga telah memberikan tugas anak didiknya membikin blog. Saya pernah beberapa kali ditanya pelajar yang beberapa kali mengajukan pertanyaan masalah tekhnik membikin blog.
Lalu bagaimanakah cara membikin blog? Susah gak yah, bikin blog itu?

Jangan khawatir. Pada saat ini banyak sekali di internet penyedia layanan domain dan hosting gratis. Dengan domain dan hosting gratis ini anda tidak perlu susah payah mempelajari berbagai bahasa script HTML , pemprogaman dan lain-lain yang biasanya diperlukan untuk membikin situs. Bahkan anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali kecuali bayar listrik dan akses internet. Yang harus anda lakukan adalah mempunyai sebuah email dan mendaftar ke Blogger, Wordpress, Multiplya dan lain-lain. Silakan pilih salah satu atau anda ingin mendaftarkan semuanya terserah anda. Tapi jangan keburu, sebab yang lebih penting dari mempunyai blog itu adalah mengelola blog itu dan melakukan postingan secara rutin.

Kalau membikin blog itu gampang, lalu bagaimanakah caranya membikin blog?

Bagi yang serius mau membikin blog, silakan kalian klik link-link di bawah ini:

Tutorial belajar bikin blog Wordpress bagi pemula
Cara Membuat blog pada Blogspot atau blogger
Cara membikin blog secara offline


Nah, setelah blog anda sudah jadi, kini yang perlu anda lakukan adalah membuat satu postingan dan melakukannya secara rutin. Sebelumnya anda harus mengetahui terlebih dahulu trik agar blog anda bisa tampil pada halaman pertama hasil pencarian Google. Ini sangat penting, karena tanpa menggunakan trik ini blog anda akan sepi dari kunjungan bahkan mungkin tidak akan dikunjungi oleh orang sama sekali. Apalah gunanya menulis, kalau yang membacanya cuman kita sendiri, tul gak? Untuk mengetahui triknya silakan klik link ini.

Saat ini anda telah berhasil menampilkan blog anda pada hasil pencarian yang bagus di Google. Mungkin anda ingin menambahkan elemen-elemen tertentu atau anda ingin mengedit blog anda karena ada beberapa keperluan yang masih kurang seperti tidak adanya kotak komentar pada blog anda, Silakan klik link ini.

Anda telah berhasil mengedit beberapa bagian dalam blog sesuai keinginan anda. Sekarang saatnya anda pikirkan apakah anda ingin mendapatkan hasil dari kegiatan anda itu atau anda menulis hanya sekedar hobi saja. Bila anda ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari kegiatan blogging anda itu, maka salah satu caranya adalah dengan menaruh iklan pada blog anda. silakan anda mempelajarinya pada tulisan saya yang terdahulu. Klik link ini.

Sudah banyak blogger yang menjadi jutawan dengan kegiatannya menulis di blog dengan memperoleh hasil dari iklan. Anda pun bisa menjadi salah satu dari mereka. Tinggal tergantung seberapa rajinnya anda mengupdate blog anda tersebut. Seberapa besar anda ingin sukses tergantung dari seberapa giat anda bekerja.

Sekian dulu tulisan saya. Semoga Sukses!

Related Posts:

  1. Cara Pintar Memasarkan Bisnis Online
  2. Tips Internet Marketing
  3. Internet dan Bisnis
  4. Cara Mendapatkan Uang Lewat Blog
  5. Cara Mudah Membuat E-book

Read More......

Rabu, 13 Januari 2010

Cara Menambahkan Link Blog Lain Pada Blog Kita

Sebagaimana telah saya tulis pada postingan yang terdahulu bahwa keberadaan link sangat penting dan search engine Google sangat menghargainya dengan memberikan peringkat atas bagi link yang relevan dengan hasil pencarian. Menyadari hal ini maka berlomba-lombalah para blogger untuk menampilkan linknya pada blog atau situs orang lain sebanyak-banyaknya. Bermacam cara dan trik mereka lakukan, mulai dari memberikan komentar pada blog lain dengan menyisipkan link padanya serta juga dengan menawarkan saling tukar link dengan blogger lainnya.

Sebenarnya saya tidak ada niatan untuk menulis postingan seperti di atas. Tapi karena banyaknya pertanyaan mengenai cara menambahkan link blog orang lain ke blog milik sendiri, maka saya pikir lebih baik menjawabnya dengan sebuah postingan baru aja. Saya pikir ini ide yang bagus, hehehe!

Baiklah, langsung aja jangan banyak bicara lagi. Saya akan memulai dengan cara menambahkan link pada blog wordpress:

  -   Masuk ke dashboard WP dan pada sebelah kiri klik tulisan links – add New.
  -   Pada kotak isian name, silakan isi judul blog teman yang akan kamu tambahkan pada blog kamu. 
  -   Pada web address silakan isi alamat blog tersebut dengan dimulai pakai http://.... 
  -   Dan pada description silakan tulis deskripsi blog tersebut.
  -   Agar bisa tampil dengan judul kategori khusus, klik add new category dan isi sesuai dengan link apa yang akan anda tambahkan, misalnya saja link blog teman. Dan klik tulisan add. Klik add lagi pada sebelah kanan atas untuk mempublishnya.
    Selesai.

Cara Menambahkan Link Pada Blogger:

  -  Silakan masuk ke dashboard
  -  Klik tata letak – tambah gadget – Pilih daftar link
  -  Beri judul dengan link blog teman atau terserah anda.
  -  Setelah anda mengisi semua kotak isian lalu klik tulisan ‘tambahkan tautan’.
  -  Klik simpan.
    Selesai! Silakan lihat hasilnya.

Mudah, bukan?

Selamat mencoba.

Silakan klik di sini untuk melihat postingan sebelumnya yang berkaitan dengan masalah tukar menukar link ini.

Read More......

Kamis, 07 Januari 2010

Kesaksian Orang-orang Yang Kenal Dengan Gus Dur

Menyimak tentang riwayat kehidupan Gus Dur ternyata sangat menarik. Apalagi riwayat itu datang dari orang-orang yang kenal langsung dengan Gus Dur. Siapa yang tidak mengenal tokoh fenomenal satu ini dengan segala polah tingkahnya yang unik. Silakan simak baik-baik!

Sudah seminggu sejak beliau berpulang kerahmatullah, pada beberapa stasiun televisi masih saja diperbincangkan tentang pribadi dan kehidupan beliau yang tergolong unik dan hanya orang-orang tertentu yang memiliki karakter seperti beliau. Di samping sikapnya yang sering kontroversional, ternyata banyak sekali sisi positif yang bisa dicontoh dari lika-liku kehidupan beliau. Hal ini terbukti dari banyak sumber orang dekat Gus Dur yang semuanya sama memuji sifat dan kearifan beliau.

Pada sebuah stasiun televisi swasta atau sebut saja TV One adalah salah satu televisi yang setiap malam yang sudah satu
minggu selalu menyajikan berita dan perbincangan mengenai Gus Dur. Terutama sekali mereka mengundang orang-orang dekat Gus Dur untuk diwawancarai, di antaranya adalah Wimar Witoelar sebagai juru bicara Gus Dur sewaktu masih menjadi presiden, ajudan, sahabat, keluarga, orang yang pernah ditolong Gus Dur dan lain-lain yang mengenal dan pernah bersahabat dengan beliau.

Wimar Witoelar ditanya oleh pembawa acara, “Apakah Gus Dur pernah marah kep
adanya atau bersedih atas apa yang menimpa beliau?”

Jawab Wimar Witoelar ketika itu bahwa ia sebagai bawahannya Gus Dur satu kali pun dia tidak pernah dimarahi atasannya itu. “Kalau waktu di sekolah dulu saya setiap hari dimarahi oleh guru, tapi kalau sama Gus Dur, satu kali pun tidak pernah. Saya tidak pernah melihat Gus Dur bersedih atau mengeluh. Justru saya yang sering bersedih melihat beliau dimusuhi oleh orang-orang yang tidak paham akan beliau.”


Gus Dur pernah sewaktu di Makkah mengajak sahabat beliau KH. Said Agil Siradj jalan-jalan mencari seorang Ulama yang khawas atau arif billah (Wali). Setelah jalan beberapa saat, sampailah mereka kepada seorang yang terlihat alim dilihat dari pakainnya. Sahabat beliau itu menanyakan kepada Gus Dur, inikah orang yang kita cari? Jawab Gus Dur bukan. Ketika sampai di sebuah tempat ada seorang ulama dengan pakaian kebesaran seorang Ulama dan dikelilingi oleh banyak muridnya. Ketika dikatakan kepada Gus Dur tentang Ulama tersebut maka jawab Gus Dur juga bukan. Mereka lalu melanjutkan perjalanan dan sampai kepada seorang yang terlihat biasa saja dan tidak terlalu istimewa. Ketika ditanyakan kepada Gus Dur tentang orang tersebut maka jawab Gus Dur iya. Inilah orang yang kita cari.

KH. Said Agil Siradj lalu memperkenalkan Gus Dur kepada orang itu dan mengutarakan maksud mereka yaitu minta do’akan kepadanya. Ulama yang dianggap Gus Dur Khawas itu pun lalu mendo’akan beliau. Setelah selesai lalu Ulama Khawas tersebut lalu pulang sambil mengeluh:

“Tuhanku! Dosa apa ha
mba sehingga engkau memperkenalkan jati diri hamba kepada orang-orang itu?”

Rupanya beliau yang terlihat berpenampilan sederhana itu adalah seorang waliyullah yang sedang menyamar dan tidak ingin jati dirinya diketahui oleh orang lain. Ditambahkan oleh KH. Said Agil bahwa tidak ada yang bisa mengetahui seseorang itu Wali melainkan mereka sama-sama Wali jug
a.

Ajudan Gus Dur menceritakan bahwa pada waktu Pak Habibie masih menjadi presiden, waktu itu Gus Dur sedang berada di rumah sakit karena memang sakit. Sewaktu terbaring di tempat tidur, tiba-tiba beliau berseru “Aku akan menjadi presiden!” Beliau mengulang perkataannya itu dengan keras. Mendengar hal ini spontan orang-orang yang ada di sana hanya terenyuh dan menganggap Gus Dur sedang mengigau karena waktu itu tidak ada wacana atau jalan bagi Gus Dur untuk m
enjadi seorang presiden. Tapi ternyata apa yang beliau ucapkan itu bukan igauan tapi justru menjadi kenyataan.

Pernah di daerah Jawa seorang Ulama tewas dibunuh oleh perampok di rumahnya. Setelah diselidiki oleh kepolisian ternyata motifnya adalah kriminal biasa. Tapi alangkah mengejutkannya Gus Dur membantah dan mengatakan motifnya adalah politik. Orang-orang pun dibuat bingung dan banyak yang tidak percaya. Satu minggu setelah peristiwa naas itu baru terkuak motif yang sebenarnya bahwa pembunuhan itu memang rekayasa politik.

Gus Dur seringkali tertidur sewaktu acara resmi bahkan sampai mendengkur. Sewaktu Gus Dur akan tampil menanggapi pembicara lainnya Gus Dur hendak diberitahukan tentang apa saja yang disampaikan oleh pembicara terdahulu, akan tetapi jawab Gus Dur gak perlu. Saya tahu apa yang telah disampaikan oleh mereka. Dan ternyata memang Gus Dur menanggapi segala pertanyaan lawan dialognya dengan lancar.

Selain memiliki otak yang cerdas, Gus Dur juga terkenal dekat dengan Ulama dan punya kebiasaan suka berziarah ke makam-makam auliya di seluruh pelosok negeri. Gus Dur pernah datang ke kampung halaman penulis di Martapura Kalimantan Selatan. Beliau singgah ke rumah seorang Tuan Guru Besar seorang Alimul Allamah Al Arif Billah Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani yang dikenal sebagai Wali Kuthub pada zaman beliau ini. Gus Dur mengajak beliau keliling dan ziarah ke makam Alimul Allamah Al Arif billah Syekh Muhammad Arsyad al Banjari. Ulama yang terkenal Waro’ ini pun setuju padahal tidak ada seorang pun sebelum dan sesudah ini yang dapat perlakuan istimewa dari beliau seperti Gus Dur.

Untuk menguak atau mengungkap cerita dan kesaksian orang-orang yang kenal dengan Gus Dur ini banyak sekali bahkan akan menjadi sebuah buku yang terlalu tebal untuk dibaca. Saya rasa cukup sampai di sini saja tulisan mengenai kesaksian orang-orang yang mengenal Gus Dur ini.

Semoga kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari tulisan di atas.
Salam!

Read More......

Jumat, 01 Januari 2010

Gus Dur Semasa Hidupnya

Pada hari Rabu sore tadi Indonesia telah kehilangan seorang tokoh nasional yang begitu disegani oleh kawan maupun lawan. Segala tindak tanduknya selalu jadi sorotan dan pertimbangan yang selalu menimbulkan tanggapan dari berbagai kalangan baik yang pro maupun yang kontra. Ya, siapa yang tidak mengenal sosok fenomenal yang satu ini yang akrab disapa dengan Gus Dur dan mempunyai nama lengkap KH. Abdurrahman Wahid atau yang nama sebenarnya adalah KH. Abdurrahman Ad Dakhil.

Betapapun bagi pengagumnya, saat ini nama Gus Dur hanya bisa dikenang dan diingat sepanjang masa karena kini beliau telah tiada pergi untuk selamanya menghadap Sang Pencipta. Mantan presiden RI ke empat ini wafat pada hari Rabu, 30 Desember 2009, di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, pada pukul 18.45 akibat berbagai komplikasi penyakit yang diderita sejak lama. Puluhan ribu orang yang menghadiri pemakaman beliau tampak begitu kehilangan bahkan tidak sedikit yang menitikkan air mata kesedihan. Tidak hanya dari kalangan santri dan kerabat, bahkan dari seluruh lapisan masyarakat baik ulama, pejabat, artis, sampai rakyat biasa tumpah ruah menyambut kedatangan jenazah Gus Dur. Hal ini dikarenakan semasa hidupnya Gus Dur dikenal pandai dan mau bergaul kepada siapa saja tanpa memandang status orang itu.

Gus Dur semasa hidupnya dikenal sebagai sosok yang cerdas, berani mengatakan sesuatu yang beliau anggap benar sekalipun bertentangan dengan orang kebanyakan, mempunyai sifat pemaaf, tidak pernah mengeluh terhadap apa saja penderitaan yang beliau tanggung, mempunyai pemikiran yang jauh ke depan melampaui orang-orang yang hidup di masanya, punya pemikiran yang tajam, dan banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Yang jelas dari sifat dan kepribadian Gus Dur ini mengundang simpatik banyak orang dan menjadi panutan bagi mereka. Tidak terhitung jumlahnya berbagai kalangan yang ketikan diwawancarai media massa tentang hubungannya dengan Gus Dur, mereka malah memuji Gus Dur dan sangat mengidolakannya. Satu hal lagi yang sangat penting, yaitu tiap kali ada pemilu maka hampir semua calon presiden sowan kepada Gus Dur meminta restu untuk menjadii calon presiden. “Jumlah Capres yang datang ke rumah saya untuk meminta restu menjadi calon presiden sebanyak 27 orang.” Kata Gus Dur suatu kali ketika diwawancarai pada sebuah acara ‘Satu Jam Lebih Dekat Dengan Gus Dur’ yang diselenggarakan oleh TV One.

Menurut penulis pribadi, sosok Gus Dur adalah seorang yang pemberani menegakkan yang benar walaupun diri beliau sendiri jadi tumbal kebenaran itu sendiri. Beliau adalah seorang demokratis sejati yang rela menjadi tumbal perjuangan demokrasi yang mengakibatkan beliau dilengserkan dari kursi presiden. Beliau adalah seorang yang ikhlas menegakkan yang haq walau beliau sendiri terancam. Hal ini dibuktikan ketika beliau mengangkat Baharuddin Lopa sebagai ’Jaksa Agung’. Padahal sebelumnya tidak ada yang berani sama ketegasan dan keberanian Baharuddin Lopa. Bahkan Gus Dur tahu Baharuddin Lopa juga mengisyaratkan terkait satu skandal korupsi Brunei Gate dan Borobudur Gate. “Gus Dur itu gila.” Kata Baharuddin Lopa waktu itu. “Kalau bukan Gus Dur mana ada yang berani mengangkat saya sebagai Jaksa Agung.” Hal ini mengisyaratkan keberanian dan keikhlasan Gus Dur dalam memimpin bangsa.

Adalah hal yang lumrah apabila suatu pejabat berusaha mempertahankan jabatannya yang saat ini dipegangnya dengan melakukan berbagai cara. Di antaranya dengan mengangkat bawahan yang loyal dan setia serta memberhentikan pejabat bawahan yang tidak setia serta merugikan dirinya. Beda dengan Gus Dur, beliau malah memilih seseorang yang bakalan mempersulit beliau. Tentunya ini dikarenakan beliau tidak merasa bersalah, dan Baharuddin Lopa harus memperlihatkan bukti keterlibatan beliau itu. Jadi beliau memilih Baharuddin Lopa karena semua orang tahu Baharuddin Lopa waktu itu ibarat sebuah buldoser yang siap membabat habis apa saja yang ada di depannya karena keberanian beliau menegakkan kebenaran. Dengan diangkatnya Baharuddin Lopa berarti akan banyak pejabat dan koruptor yang bakalan dipenjara dengan tidak pandang bulu, siapa saja bahkan presiden sekalipun. Weeeh… salut buat Gus Dur!

Satu hal lagi yang selama ini mengganjal di hati saya adalah mengenai sidang istimewa MPR yang waktu itu dipimpin Amien Rais yang menyebabkan dilengserkannya Gus Dur dari jabatan presiden. Penyebab diadakannya sidang istimewa adalah dugaan keterlibatan Gus Dur dalam skandal Borobudur Gate dan Brunei Gate. Bahwa karena keterlibatan Gus Dur pada skandal korupsi itu maka Gus Dur harus dilengserkan dari kursi presiden. Maka waktu itu Gus Dur pun dilengserkan dari kursi presiden dengan didzalimi. Padahal Gus Dur sudah bolak balik diperiksa oleh kepolisian dan memang beliau tidak terbukti terlibat skandal yang dituduhkan. Bahkan sampai saat ini semua orang pun tahu semuanya itu hanya permainan politik musuh-musuh beliau. Dengan kata lain Gus Dur telah difitnah. Oleh karena mereka tidak dapat membuktikan keterlibatan Gus Dur, maka seharusnya mereka meminta maaf dan mengembalikan Gus Dur ke kursi presiden. Tidak usah disebutkan namanya, anda semua juga tahu siapa yang saya maksudkan.

Wahai elite politik! Bekerjalah dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab. Janganlah mempertahankan jabatanmu dan memperkaya dirimu dengan hal-hal yang tidak terpuji.

Selamat jalan, bapak KH. Abdurrahman Wahid. Kebesaran namamu akan selalu kami ingat dan kami kenang sepanjang masa. Engkau adalah guru bangsa yang sulit untuk pencari penggantimu. Semoga amal baikmu diterima dan ditempatkan ditempat yang layak beserta Rasulullah dan AuliyaNya di sorga firdaus. Amien!

Read More......