Halaman

Iklan

Jumat, 05 Maret 2010

Tips-tips Yang Perlu Diperhatikan Dalam Ngeblog

Ngeblog memang mengasyikkan. Kita bisa memposting apa saja yang kita kehendaki, yang bisa diisi dengan segala uneg-uneg hati, berbagi pengalaman dan keterampilan, informasi, kritik dan lain-lain. Pada saat ini memang ngeblog telah menjadi trend masyarakat Indonesia bahkan dunia. Bahkan ada sebuah reklame iklan sebuah provider yang membuat semboyan: ‘Jangan mengaku gaul kalau kamu belum bisa ngeblog.’

Internet dan segala yang berhubungan dengannya, termasuk kegiatan ngeblog dijadikan orang yang menggunakannya untuk berbagai keperluan yang berbeda-beda. Dari yang hanya menyalurkan hobi menulis sampai kepada yang menjadikannya kemudahan dalam menjalankan bisnis yang sedang digelutinya.

Bagi yang kepingin ngeblog atau sudah lama mempunyai blog sendiri, tidak ada salahnya kalau anda membaca tips-tips yang perlu diperhatikan dalam ngeblog di bawah ini. Bukannya saya sok tahu, tapi sekedar berbagi pengalaman saja kepada pembaca sekalian.

Untuk Apa Anda Ngeblog

Hal yang pertama sekali anda perhatikan adalah tujuan dari kegiatan anda membuat dan mengelola sebuah blog. Untuk apa anda membuat blog? Ada beragam alasan orang membikin blog dari yang hanya buat iseng sampai kepada bisnis dan menambah penghasilan. Kalau tujuan anda adalah iseng atau sekedar hobi nulis aja, maka yang sangat perlu anda perhatikan adalah konten blog itu, jangan sampai isinya menjadikan momok atau boomerang bagi anda karena konten yang ditulis adalah mengenai sesuatu yang membuat seseorang tersinggung atau marah. Jangan juga tentang hal-hal yang bersifat pornografi dan sesuatu yang meresahkan masyarakat. Bahkan pengelola blog atau situs akan menghentikan keanggotaan anda apabila ada yang melaporkan kegiatan illegal anda itu. Adapun masalah desain blog bisa anda bikin semenarik mungkin bahkan dengan tambahan script atau widget-widget tertentu sepanjang tidak membuat loading ke bog anda menjadi lelet atau lambat.

Akan sedikit berbeda halnya apabila tujuan anda ngeblog adalah untuk mencari tambahan penghasilan. Untuk hal ini saya lebih menyarankan anda untuk banyak belajar dari pengalaman blogger-blogger lainnya yang telah sukses mendulang uang dari kegiatan ngeblog. Akan ada banyak tips dan factor yang perlu diperhatikan dalam hal ini, di antaranya:

Pemilihan provider atau jenis layanan blog sangat perlu diperhatikan, khususnya bagi yang ingin mendaftarkan diri pada layanan pembikinan blog yang gratis. Hal ini dikarenakan tidak semua layanan pembikinan blog itu mengizinkan penggunanya untuk memposting bahkan mencantumkan link bisnis. Bisa-bisa blog anda akan kena banned atau dihentikan oleh mereka karena dianggap melanggar peraturan yang telah mereka bikin. Setahu saya blog gratisan yang mengizinkan penggunanya untuk melakukan bisnis, baik menaruh iklan atau link referral adalah Blogger dan Multiply. Sedangkan Wordpress.com sampai saat ini masih belum mengizinkan penggunanya untuk menaruh iklan atau link referral.

Desain Blog

Aturlah blog yang anda kelola untuk bisnis seperti pemasangan iklan dengan tambahan widget pendukung seperlunya saja. Jangan berlebihan karena hanya akan memberatkan loading blog dan membuat orang yang ingin berkunjung ke blog anda itu membatalkan niatnya. Hal-hal yang perlu ditambahkan dalam sebuah blog bisnis menurut saya adalah:

  1. Script atau kode iklan yang telah anda dapatkan dari situs penyedia pemasangan iklan seperti kumpulblogger.com dll.
  2. Script Widget untuk mengetahui jumlah pengunjung yang sedang online atau data pengunjung hari ini.
  3. Script atau kotak untuk memasukkan email bagi yang ingin berlangganan blog anda itu.

Hanya ini saja menurut saya yang perlu ditambahkan pada blog bisnis iklan. Tentunya blog master yang lain punya pendapatnya sendiri. Silakan. Saya tidak akan membantahnya. Silakan anda periksa webmaster atau para blogger sukses yang lain, apa saja yang mereka tambahkan pada blog mereka. Pastinya tidak banyak hiasan macam-macam seperti halnya blogger-blogger baru yang terlalu terobsesi dengan desain blog sehingga menghambat atau mempersulit tujuan mereka sendiri.

Keywords

Pemilihan keywords atau kata kunci yang tepat sangat penting dilakukan…….
Mohon maaf, jadi kepanjangan. Utk kelanjutan tulisan ini silakan klik di sini,

Bersambung……!

2 komentar:

  1. wah...ajang tambah ilmu nih mas rusdi.btw bagaimana dengan back link mas ?

    BalasHapus
  2. Back link juga sangat penting sekali demi mendongkrak peringkat blog kita pada search engine. Keberadaan back link tidaklah terlalu sulit utk ditambahkan dan tidak menjadikan blog kita lambat. Bahkan kita bisa menambahkannya pada konten blog sekali pun.
    Trims telah menambahkan!

    BalasHapus