Laman

Iklan

Senin, 30 November 2009

Waspadalah Terhadap Situs Black SEO


Berbagai macam cara dilakukan orang agar bisnisnya di internet mengalami kemajuan dan mendapatkan penghasilan yang lumayan. Hampir semua jenis usaha atau bisnis bisa dilakukan, dari yang sah secara hukum sampai kepada black bisnis seperti melakukan transaksi situs porno. Untuk bisa mensukseskan bisnisnya orang perlu sebanyak-banyaknya mengiklankan situsnya dan mendapatkan rangking yang baik pada search results. Untuk mendapatkan rangking yang baik itu diperlukan tekhnik SEO tertentu yang terkadang sulit dilakukan oleh semua orang.

Berhubung tekhnik SEO sangat penting artinya bagi sebuah situs, maka bermunculanlah situs-situs yang menawarkan jasa kepada situs yang lain yang ingin agar situsnya mendapatkan rangking yang bagus pada search results.

Perlu anda ketahui tidak semua situs SEO itu bisa memberikan layanan seperti janji-janji mereka, bahkan lebih parah kemungkinan situs anda bisa dihapus dari index Google karena cara yang mereka lakukan menyimpang dan melanggar ketentuan Google. Maka dari itu kita perlu waspada terhadap situs black SEO ini.

Tulisan berikut ini adalah kelanjutan dari tulisan saya pada postingan sebelumnya mengenai masalah SEO. Silakan klik di sini untuk menuju ke halaman yang dimaksud.

Berhati-hatilah Terhadap Situs SEO Yang Tidak Jelas

Anda perlu menanyakan segala sesuatunya kepada pengelola situs tersebut apabila hal tersebut tidak jelas. Tanyakanlah kepada mereka cara yang bagaimana akan mereka usahakan untuk membantu anda. Jika situs SEO tersebut membuat satu trik yang dilarang atau melanggar ketentuan Google dengan mengatasnamakan anda, maka situs anda kemungkinan besar akan dihapus dari index Google. Tentunya hal ini mengakibatkan anda tidak akan menemukan situs anda lagi di internet. Pada akhirnya, anda bertanggungjawab atas tindakan yang dilakukan oleh situs SEO yang anda sewa itu. Oleh karena itu alangkah baiknya anda mengetahui dengan pasti bagaimana cara mereka untuk menolong situs anda itu. Apabila mereka mempunyai akses ke FTP ke server anda, maka mereka harus bisa menjelaskan semua perubahan yang mereka buat ke situs anda.

Gratis Untuk Semua

Hindarilah situs SEO yang mempunyai semboyan gratis untuk semuanya, seperti gratis links, link popularity schemes atau mendaftarkan situs anda ke ribuan search engines. Hal ini tidak banyak gunanya karena tidak akan berdampak pada rangking situs anda pada serch engine.
Pilihlah Dengan Bijak

Sementara anda memilih-milih apakah harus ikut SEO, anda mungkin juga ingin meneliti terhadap industri SEO. Tentu saja Google adalah salah satunya. Google tidak akan berkomentar tentang perusahaan SEO tertentu, tetapi Google pernah menemukan perusahaan yang menyebut diri mereka SEOs yang mana mereka telah melakukan praktik mereka itu yang jelas-jelas di luar batas praktek bisnis yang dapat diterima. Jadi berhati-hatilah.

Pastikan Anda Tahu Ke mana Uang Anda Pergi

Sementara Google tidak pernah menjual rangking yang lebih baik di dalam hasil pencariannya sendiri, justru beberapa Search engine lainnya menggabungkan pay-per-click- atau pay-for-inclusion dengan web hasil pencarian regular mereka. Beberapa situs SEO menjanjikan rangking yang tinggi pada search engine, akan tetapi mereka menempatkan situs anda pada bagian periklanan lebih banyak daripada pada search results. Sebagian situs SEO bahkan akan merubah harga mereka untuk menciptakan ilusi bahwa mereka mengendalikan search engines yang lain dan mampu menempatkan situs di tempat pilihan mereka. Scam seperti ini tidak bekerja pada Google sebab advertising Google mempunyai ciri yang jelas dan dipisahkan dari hasil pencarian Google.

Domain Bayangan

Salah satu scam yang biasa digunakan adalah menciptakan domain bayangan yang menjadi corong ke sebuah situs dengan mengalihkan tujuan. Domain bayangan ini sering dipunyai oleh situs SEO yang mengaku dapat bekerja atas nama klien. Bagaimanapun, SEO dapat menunjuk domain ke sebuah situs yang berbeda, atau bahkan ke sebuah domain yang mempunyai saingan yang banyak. Apabila hal ini terjadi, klien harus membayar untuk mengembangkan sebuah situs yang mempunyai saingan yang kuat yang dimiliki seluruhnya oleh SEO.

Praktek gelap lainnya adalah dengan menempatkan di sebelah halaman yang telah terisi dengan keywords atau kata kunci pada situs klien di suatu tempat. SEO menjanjikan hal ini akan membuat halaman tersebut menjadi lebih relevan untuk hasil pencarian yang banyak. Hal ini adalah salah sejak halaman tertentu jarang atau tidak mempunyai kata kunci yang bagus. Lebih membahayakan lagi, adalah bahwa halaman doorway atau pintu masuk ini sering berisi link tersembunyi ke klien SEO lainnya yang kemungkinan bisa saja meliputi situs yang isinya ilegal.

Hal-hal Lainnya Yang Perlu Anda Waspadai

Ada beberapa tanda peringatan yang anda mungkin sedang bekerjasama dengan penjahat SEO. Jadi apabila anda ragu-ragu terhadap mereka, maka anda harus mempercayai insting anda sendri. Dengan kata lain, segeralah menghindar apabila anda menemukan SEO seperti di bawah ini:

  1. Memiliki Domain bayangan
  2. Menaruh links kepada klien mereka yang lain
  3. Menawarkan untuk menjual keywords pada address bar
  4. Tidak mempunyai ciri yang jelas antara hasil pencarian (search results) yang sebenarnya dan iklan yang muncul pada halaman hasil pencarian
  5. Berani menjamin untuk mendapatkan rangking yang tinggi, tetapi tekhniknya tidak jelas
  6. Mendapatkan traffic dari Search engines gadungan, spyware atau scumware
Kabar gembiranya bagi anda yang merasa telah ditipu oleh SEO, anda bisa melaporkannya ke alamat: Federal Trade Commission (FTC) di Amerika Serikat dengan alamat link: http://www.ftc.gov/ . FTC ini menangani keluhan tentang praktik bisnis yang curang dan pelanggaran di dalam bisnis internet.
Semoga bermanfaat!

Read More......

Sabtu, 21 November 2009

Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Kita

Salam hormat kepada semua pembaca setia blog aku yang sederhana ini. Pada postingan kali ini sebenarnya adalah jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh salah seorang pembaca blog Tips Sukses yaitu saudari Suci Nurjannah pada postingan saya yang terdahulu. Berhubung penjelasan yang akan saya berikan agak panjang, maka saya lebih memilih menjawab pertanyaannya itu dalam bentuk sebuah postingan baru. Siapa tahu selain berguna bagi Suci, juga berguna bagi pembaca lainnya yang mempunyai masalah yang sama.
Ada empat pertanyaan yang diajukan oleh Saudari Suci, yaitu:


Utk kotak komentar saya ada kok kak,,namun saat di klik, ia menimbulkan jendela baru..mohon di cek     ya kak,,karena saya jd panik
Utk histat sya msh bingung cra pakenya kak,,
Menurut kk,widget apa saja yg hrs sya kurangi?
Nah maksudnya keyword itu gmn cara bikinnya? saya masih bingung..


Sebenarnya saya bukan ahlinya dalam hal ini. Masih banyak blogger lainnya yang jauh lebih ahli daripada saya. Tapi tak apalah, mudah-mudahan penjelasan saya yang sederhana ini bisa membantu dan kepada para webmaster silakan mengkritik dan memberikan tambahannya.
Baiklah, untuk menjawab pertanyaan yang pertama mengenai masalah kotak komentar ini sebenarnya telah saya posting pada tulisan saya yang terdahulu. Silakan klik di sini untuk membacanya. Adapun mengenai error kotak komentar dek Suci cobalah diperiksa kembali mungkin ada kesalahan tulis atau copy scriptnya atau penempatan scriptnya yang tidak tepat pada template.



  1. Untuk masalah histats, kamu bisa mendaftar sebagai anggota dengan membuka situsnya histats.com. Setelah selesai konfirmasi lalu login dan klik add a website, Isilah data pada kotak yang tersedia – continue. Pilih ikon histats counter 4 lines yang akan ditampilkan pada blog kamu – continue. Klik continue sekali lagi untuk mendapatkan code. Silakan copy kode HTML yang diberikan ke blog kamu. Selesai. Histats ini berguna untuk mengetahui jumlah pengunjung blog kita pada hari ini dan jumlah total pengunjung serta pengunjung yang sedang online.
  2. Keberadaan Widget pada blog memang penting. Selain mempunyai fungsi tertentu yang bermanfaat juga sebagai penghias blog. Blog tanpa widget bagaikan sebuah taman tanpa bunga. Akan tetapi blog yang dihias dengan terlalu banyak widget justru akan mempunyai efek negatif yaitu loading blog menjadi lambat. Maka dari itu gunakanlah widget seperlunya saja. Widget yang perlu keberadaannya pada blog menurut saya adalah: Shoutmix, histats dan sejenisnya, ikon Facebook, Pagerank. Yg tidak perlu adalah kalender, gambar, video itu tidak terlalu penting. Karena akan memberatkan blog. Cuman kalau kamu merasa nyaman dengan adanya tambahan widget seperti itu, ya terserah saja. Lain orang tentunya lain pendapat. Tul, gak?
  3. Yang dimaksud dengan keywords itu adalah kata kunci yang digunakan dalam hasil pencarian Search Engine. Misalkan orang ingin mengetahui informasi mengenai cara mengetahui jumlah pengunjung blog. Kira-kira kalimat apa yang akan diketikkannya pada web browser? Mungkin yang akan diketikkannya adalah cara mengetahui jumlah pengunjung blog kita. Nah, ini adalah kata kunci. Gunakanlah kalimat yang menjadi kata kunci ini sebagai judul blog anda. Lebih jelasnya buatlah judul halaman blog dengan kata-kata yang sering dituliskan orang pada browser mereka. Buatlah judul yang sering dicari orang di internet. Informasi apa yang sering dicari orang di internet. Umpamanya masalah blogging. Susunlah kalimat yang nyaman diucapkan dan kira-kira kalau anda yang sedang mencari informasi itu, maka bagaimanakah bunyi kalimat yang akan anda ketikkan di browser?
Setelah kita mendapatkan judul yang bagus sebagai kata kunci, maka kita perlu menyesuaikan judul itu dengan isi halaman. Karena kalau tidak sesuai maka mesin perayap Google tidak akan menaruh judul blog kita pada hasil pencarian Google. Usahakanlah mengulang kata kunci itu atau judul blog kamu ke dalam content atau isi blog itu. Coba kamu perhatikan judul postingan ini, kamu akan menemukan bahwa aku telah mengulang kalimat Cara Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog kita ini beberapa kali. Walaupun kata kunci ini tidak jaminan blog kita akan tampil pada search results, karena masih ada beberapa hal yang harus ditambahkan, tapi biasanya kata kunci memegang peranan yang sangat penting bahkan lebih penting daripada trik lainnya.

Oke, kiranya ini saja jawaban aku atas pertanyaan Suci. Semoga dapat dimengerti baginya dan juga bermanfaat bagi pembaca lainnya. Amien! Kalau masih ada pertanyaan atau kurang jelas silakan ajukan di kotak komentar. Trims!

Read More......

Jumat, 20 November 2009

Beberapa Hal Yang Perlu Kita Pertimbangkan Dalam Menggunakan SEO

SEO adalah singkatan dari kata ‘search engine optimization’ atau search engine optimizer, yang bila diartikan ke bahasa Indonesia adalah ‘Optimalisasi Mesin Pencari’. Keputusan menggunakan SEO adalah sebuah keputusan tepat yang bisa membuat sebuah situs terkenal karena muncul pada hasil pencarian Google pada rangking yang bagus. Yang lebih menguntungkannya lagi adalah bahwa Google tidak pernah meminta bayaran untuk memasukkan atau memberikan rangking sebuah situs pada hasil pencarian Google. Bahkan Google berbagi informasi yang gratis tentang bagaimana caranya untuk mengoptimalkan situs kita pada hasil pencarian. Informasi gratis ini dapat anda temukan pada link di bawah ini dalam bahasa Inggris:

Webmaster Tools
Webmaster Central Blog
Discussion forum

Sebelum memulai membuat blog atau bagi anda yang telah mempunyai blog, alangkah baiknya apabila kita mengetahui lebih jauh dan lebih mengenal bagaimanakah cara kerjanya Search Engine itu. Saya merekomendasikan anda untuk mempelajari dari link di bawah ini:

Google Webmaster Guidelines
Google 101: How Google crawls, indexes and serves the web

Apabila anda telah berencana untuk menggunakan tekhnik SEO, maka semakin cepat semakin baik. Waktu yang tepat adalah ketika anda memutuskan untuk mendesain ulang situs anda atau berencana untuk meluncurkan sebuah situs yang baru. Dengan begitu kita dapat yakin bahwa situs kita itu telah didesain sesuai dengan ketentuan Search Engine Google.

Yang sangat disayangkan adalah selagi Google mau berbagi infomasi layanan yang berharga mengenai SEO, ada beberapa pakar SEO yang termasuk dalam daftar hitam disebabkan oleh usaha mereka melakukan manipulasi search engine results dengan cara yang tidak fair. Dengan Melakukan hal itu maka berarti telah merusak ketentuan Google yang bisa menyebabkan hal negatif bagi kehadiran sebuah situs pada Google, atau bahkan yang lebih parah lagi adalah penghapusan situs itu dari index Google. Wah, tentunya kita berharap hal ini tidak akan pernah terjadi pada situs yang telah susah payah kita kelola, bukan?

Beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan dalam menggunakan SEO

Berhati-hatilah terhadap perusahaan SEO dan konsultan atau agen web yang mengirim email tanpa diminta. Tawaran-tawaran yang menjanjikan, namun cara kerjanya tidak jelas sebaiknya anda tidak langsung melayani permintaan itu demi keselamatan situs anda pada search engine.

Tidak ada Seorang pun yang dapat menjamin mendapatkan rangking 1 pada Google

Berhati-hatilah terhadap pengusaha SEO yang menjamin bisa memberikan rangking 1 pada situs anda. Mereka mengaku mempunyai hubungan khusus dengan Google, atau mengiklankan diri mendapat prioritas utama oleh Google. Ketahuilah bahwa sesungguhnya tidak ada prioritas utama untuk Google. Pada kenyataannya satu-satunya cara untuk mendaftarkan situs ke Google adalah dengan langsung mendaftar pada situs Google itu dengan alamat: Add URL atau dengan mendaftarkannya pada Sitemap dan anda bisa mendapatkannya dengan tanpa perlu mengeluarkan ongkos sama sekali.

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang harus kita pertimbangkan dalam menggunakan SEO yang penting kita ketahui. Untuk kelanjutan masalah ini Insya Allah akan saya tulis pada postingan saya berikutnya.
Selamat berkarya dan semoga sukses!

Related Posts:


Read More......

Sabtu, 14 November 2009

Tips Membikin Blog Agar Ramai Dikunjungi Orang

Saat ini Membikin blog memang sangat mudah. Cukup dengan mendaftar ke blogger atau Wordpress dan mengisi sedikit data-data yang dipinta, maka kita sudah mempunyai sebuah blog. Untuk mengisi halaman dan mempublikasikannya pun tidaklah sulit. Yang sering menjadi masalah adalah cara menghiasi blog dan agar blog kita ramai dikunjungi orang. Berikut di bawah ini sedikit Tips membikin blog agar ramai dikunjungi orang yang perlu kamu ketahui:

Sajikan Kepada Pengunjung Informasi Yang Mereka Perlukan

Sajikanlah kepada pengunjung blog kamu content yang bermutu, terutama pada halaman utama. Ini adalah hal yang paling penting yang harus kamu lakukan. Jika halaman-halaman blog atau situs kamu berisi informasi yang berguna, maka akan menarik banyak pengunjung dan memikat para webmaster lainnya untuk melink ke blog kamu. Untuk menciptakan content yang bermanfaat dan menarik, tulislah halaman blog kamu dengan informasi yang jelas dan sesuai dengan topik blog kamu itu. Buatlah judul yang kira-kira banyak orang yang akan mengetikkannya pada browser mereka agar halaman blog kamu dapat mereka temukan. Hal ini memang akan menjadikan halaman blog kamu mempunyai banyak saingan, tetapi ini lebih baik daripada kamu membikin judul yang aneh-aneh yang berakibat tidak ada orang yang mengetikkan tema seperti yang kamu tulis itu.

Link Dari Blog Lain

Link ternyata sangat membantu software perayap Google untuk menemukan blog kita dan bisa menambah kemunculan yang lebih banyak pada hasil pencarian Google. Ketika menampilkan hasil pencarian, Google menggunakan tekhnik penghitungan yang canggih untuk menampilkan halaman-halaman yang penting dan relevan pada setiap pencarian. Google menginterpretasikan sebuah link dari halaman A ke halaman B sebagai sebuah suara dari halaman A untuk halaman B. Suara yang diberikan oleh halaman yang bagus akan membantu halaman lain untuk menjadi halaman yang penting.

Buatlah Situs Yang Mudah Diakses

Penting sekali kamu perhatikan bahwa blog yang saat ini kamu kelola itu mudah diakses. Lambatnya proses loading menuju ke blog kamu akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman dan tidak mau melakukan kunjungan berikutnya. Banyaknya fitur seperti JavaScript, cookies, frames, DHTML atau Macromedia Flash justru akan membuat software Google akan mengalami masalah ketika merayapi blog kamu itu.

Hal-hal Yang Harus Dihindari

Janganlah kamu mengisi halaman blog kamu dengan sederet atau banyak keywords. Apabila blog kamu berisi halaman, links atau teks yang kamu tidak berniat agar pengunjung melihatnya, Google akan menghukum links dan halaman blog tersebut dan menganggap itu hanyalah tipuan atau trik dan Google mungkin akan mengabaikan blog kamu itu.

Jangan merasa bahwa kamu harus atau wajib membeli sebuah situs layanan Search Engine Optimization atau SEO. Beberapa situs SEO mengklaim bahwa mereka sanggup memberikan jaminan rangking yang tinggi kepada blog atau situs orang yang membeli produk mereka pada hasil pencarian Search Engine. Sedangkan jasa layanan yang sah bisa meningkatkan arus kunjungan ke situs kamu, sedangkan y ang lainnya bersifat trik tipuan dalam usahanya membodohi search engine. Hati2lah, apabila domain anda berafiliasi dengan salah satu layanan tipuan seperti ini karena bisa mengakibatkan situs anda dibanned dari indexnya search engine Google yang menyebabkan situs anda tidak dapat ditemukan di internet.

Jangan menggunakan gambar untuk menampilkan nama, content atau links. Perayap Google tidak mengenali teks yang dimasukkan ke dalam grafik. Gunakanlah ALT attribute apabila content utama dan keywords pada halaman kamu tidak bisa diformat ke dalam HTML.
Janganlah kamu membikin salinan dari sebuah halaman dengan menggunakan URL yang berbeda. Banyak situs menawarkan tulisan yang sama atau duplikat dari situs tersebut dengan suatu maksud tertentu. Untuk menjamin bahwa blog kamu sudah tercantum di dalam hasil pencarian Google, kamu perlu memblokir duplikat dari spidernya Google menggunakan robot.txt file. Untuk mengetahui lebih jauh tentang cara menggunakan robot.txt file, silakan klik tutorial ini.

Demikianlah sedikit informasi mengenai tips membikin blog agar ramai dikunjungi orang. Semoga ada manfaatnya.
Tulisan lainnya:
Cara Download Video dari Youtube.com
Produk Terbaru Dari Microsoft
Tips Internet Marketing
Cara Agar Blog atau Website Bisa Terindex Oleh Google
Cara Membuat Blog Secara Offline
Belajar Bikin Blog Wordpress Bagi Pemula

Read More......

Sabtu, 07 November 2009

Tips dan Teknik Agar Situs Cepat Terindex Oleh Search Engine Google

Setelah susah payah membikin blog atau situs, tentunya hal yang selanjutnya kita harapkan adalah agar blog kita itu bisa tampil pada hasil pencarian halaman oleh Google. Semua orang pasti tidak ingin apabila situs atau blognya tidak ada pengunjung atau sepi karena tidak ditemukan pada browser mereka. Untuk itu diperlukan beberapa tekhnik agar hal tersebut bisa diatasi dan sesuai harapan.

Berikut ini adalah kelanjutan dari postingan yang terdahulu. Silakan klik di sini untuk membuka halaman terdahulu. Walaupun tanpa menggunakan petunjuk ini blog anda sudah bisa muncul pada serch engine, akan tetapi tidak ada salahnya bagi anda sedikit meluangkan waktu untuk mempelajari tips dan teknik agar blog cepat terindex oleh search engine Google berikut karena sebenarnya tips berikut ini adalah terjemahan dari situs resminya Google itu sendiri yang saya terjemahkan ke bahasa Indonesia.

Secara Tekhnis


  • Gunakanlah sebuah teks browser seperti Lynx untuk menguji situs atau blog anda, karena kebanyakan search engine memandang situs anda sebagai Lynk would. Apabila aplikasi seperti JavaScript, cookies, session IDS, frames. DHTML, atau Flash menahan anda dari menemukan keseluruhan situs anda di dalam sebuah text browser, maka laba-laba (dalam istilah search engine) search engine akan mengalami masalah ketika merayapi blog anda.

  • Izinkan search bots untuk merayapi situs anda tanpa melalui sesi IDs atau alasan yang menghalangi langkah mereka melalui situs itu. Tekhnik seperti ini berguna untuk mengikuti jejak individual perilaku pemakai. Dengan menggunakan tekhnik seperti ini akan bisa mengatasi pengindexan yang tidak sempurna.
  • Pastikan bahwa web server anda mendukung ‘the If-Modified-Since HTTP header. Fitur seperti ini mengizinkan web server anda untuk menyampaikan kepada Google apakah konten anda telah berubah sejak Google terakhir kali merayapi situs anda. Dengan didukung oleh fitur ini akan menghemat badwith dan ongkos anda.
  • Gunakan robots.txt file pada webserver anda. File ini menyampaikan kepada mesin perayap directori yang mana yang bisa atau tidak bisa dirayapi. Pastikan bahwa robot txt atau sesuai dengan situs anda, jadi anda tidak akan memblokir perayap Googlebot. Silakan kunjungi http://www.robotstxt.org/faq.html untuk mempelajari bagaimana caranya memerintahkan robots ketika mereka mengunjungi situs anda. Anda bisa mengetes robots.txt file anda untuk memastikan bahwa anda sedang menggunakannya dengan benar dengan menggunakan robots.txt analysis tool yang ada pada Google Webmaster Tools.
  • Apabila perusahaan anda membeli sebuah CMS (content management system), pastikan bahwa sistem itu membuat halaman dan links yang bisa dirayapi oleh search engine.
  • Gunakanlah robots.txt untuk mencegah perayapan hasil pencarian atau penambahan halaman otomatis yang tidak menguntungkan untuk pengguna yang datang dari search engine.
  • Lakukan pengetesan situs anda untuk memastikan bahwa situs anda dapat muncul dengan benar menggunakan beberapa browser.
Bersambung.........

Related Post:

Cara Menambahkan Link Blog Lain Pada Blog Kita
Membikin Blog Itu Gampang
Tips Membikin Blog Agar Ramai Dikunjungi Orang
Cara Agar Blog Atau Website Bisa Terindex Oleh Google
Tukaran Link Yuk

Read More......

Cara Agar Blog atau Website Bisa Terindex Oleh Google

Dengan membaca petunjuk ini akan membuat website atau blog anda bisa ditemukan dan terindex oleh Google dan memberikan rangking pada blog atau website anda. Jika anda memilih untuk tidak melakukan sesuai petunjuk ini, akan tetapi saya sangat menganjurkan kepada anda untuk memperhatikan kepada petunjuk yang saya berikan yang secara garis besar mencegah agar jangan sampai blog atau situs yang telah susah payah anda buat itudihapus secara keseluruhannya dari index Google. Jika sebuah situs atau blog dihapus dari index Google, maka tentunya blog itu tidak akan muncul lagi pada hasil pencarian Google.com atau partner Google lainnya. Tentunya kita tidak ingin hal ini terjadi pada situs kita, bukan?

Lalu bagaimanakah caranya agar blog atau website kita bisa cepat terindex oleh Google? Pertanyaan seperti ini biasanya sering diajukan oleh blogger pemula yang ingin agar blognya tampil pada halaman Google, syukur-syukur bisa tampil pada halaman pertama dan mendapat urutan satu.

Tidak usah khawatir, saya akan mencoba menjawab pertanyaan itu dengan beberapa trik yang sebenarnya ini adalah petunjuk yang diberikan oleh situs resminya Google sendiri yang saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

Berikut adalah jawaban dari pertanyaan di atas:

Secara Garis besar ada 4 hal yang harus dilakukan agar blog atau website kita terindex oleh Google, yaitu:

1. Desain dan konten blog
2. Secara tekhnis
3. Harus sesuai dengan prinsip dasar
4. Beberapa hal yang harus dihindari

Jika Blog anda telah siap, maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah:
Daftarkan blog anda itu ke http://www.google.com/addurl.html
Daftarkanlah sebuah peta situs (Sitemap) menggunakan Google Webmasters Tools. Hal ini berguna agar Google bisa mempelajari situs atau blog anda untuk menambah jumlah halaman anda pada index Google.

1. Petunjuk Pengisian dan Design Blog

- Buatlah sebuah situs atau blog dengan hirarki yang jelas dan tulisan yang dikasih link, setiap halaman paling tidak harus dapat satu teks dengan link.
- Tawarkanlah sebuah peta situs kepada pengunjung anda dengan link yang mengarah kepada bagian terpenting dari blog anda. Apabila peta situs itu lebih dari seratus, maka anda harus menaruhnya ke halaman yang lain.
- Tulislah sebuah informasi yang berguna, dan tulislah halaman yang secara jelas menggambarkan content blog anda.
- Penting sekali bagi anda untuk memikirkan kata kunci yang tepat dan banyak di tulis orang pada mesin pencari agar blog anda bisa ditemukan orang lain, dan pastikan bahwa di halaman anda benar-benar mencantumkan kata kunci itu.
- Cobalah menggunakan text sebagai pengganti gambar untuk menampilkan nama, isi atau links. Software perayap Google tidak mengenali text yang dimasukkan di dalam gambar. Apabila anda memang harus menggunakan gambar untuk textual content, cobalah menggunakan “ALT” untuk memasukkan beberapa kata yang mendeskripsikan tes itu.
- Pastikan dulu bahwa elemen judul anda dan atribut ALT benar-benar dapat mendeskripsikan content anda dan akurat.
- Periksalah, mungkin ada link yang rusak dan betulkan HTML nya.
Jika anda memutuskan untuk membuat sebuah halaman yang dinamis, maka berhati-hatilah, sesungguhnya tidak setiap jaring perayap search engine mudah merayapi halaman dinamis seperti halaman-halaman yang statis.
- Usahakanlah agar link yang diberikan pada tiap halaman itu dalam jumlah yang wajar (kurang dari seratus).

Bersambung.....

Related Posts:
Gratis Hosting 50 mb
Cara Membuat Banner
Cara Menambahkan Situs Pada Google
Tukaran Link Yuk

Cara Membuat Drop Down Menu
Trik Baru Posting Di Blogger dan Wordpress
Cara membuat Readmore Pada Posting blogger
Cara membuat Kotak Komentar Pada Blogger

Tulisan lainnya:
Produk Terbaru dari Microsoft
Beberapa Peristilahan Dalam Ilmu Komputer Yang Perlu Diketahui
Cara Memperbaiki Hasil Cetakan Tinta Printer Yang Kabur
Bill Gates

Cara Menanggulangi Virus Komputer

Read More......

Minggu, 01 November 2009

Gratis hosting

Banyak sekali di internet situs penyedia layanan domain dan hosting gratis seperti blogspot, wordpress, Multiply dan lain-lain. Untuk mendapatkan layanan gratis itu kita hanya perlu mengisi beberapa data, dan blog gratis pun siap kita gunakan. Akan tetapi selain menggunakan blog gratisan, tidak ada salahnya juga apabila satu saat kita mencoba menggunakan domain komersial alias berbayar yang tentu saja memiliki banyak kelebihan dibandingkan blog gratisan tersebut. Berikut adalah artikel yang saya ambil dari situs berbayar yang telah saya beli dan saya juga merekomendasikannya kepada anda karena pelalayanannya yang baik dan beberapa keunggulan seperti gratis hosting hingga 50 mb.

Anda punya blog di blogspot.com, sudah terlalu lama dan sudah begitu banyak posting yang anda buat sehingga sayang untuk dibuang? Selamatkan blogspot anda, permak dengan domain komersial milik anda sendiri sehingga blog anda tampil keren, tidak terkesan gratisan.

Cara paling aman adalah dengan memanfaatkan URL Forwarding atau Domain Forwarding.

Di Officialwebhosting.net, jika anda order domain, maka semua domain akan mendapat fasilitas gratis url forwarding, gratis email forwarding, gratis managed dns, gratis privacy protect, dan tentu saja gratis hosting.

Utk memanfaatkan URL Forwarding yang gratis itu, Anda tak perlu order hosting gratis dari kami. Cukup dengan beli domainnya saja.

Pertama, dari sisi kontrol domain, aktifkan dulu URL Forwarding Anda.
Caranya:

1. Login ke shop.officialwebhosting.net
2. Arahkan kursor ke menu Domains, klik List Last 10.
3. Pada domain yg akan anda aktifkan URL Forwardingnya, klik pada Domain Name - Click To Manage >>
4. Klik tab Domain Forwarding
5. Klik tombol hijau Activate Domain Forwarding Service
6. Di situ akan muncul nameserver yang bisa digunakan utk layanan itu, anda harus mengarahkan nameserver tersebut ke nameserver yg tertera di situ. ATAU, langkah cepatnya adalah klik tombol Auto-update the nameservers for me.
7. Sekarang, domain anda sudah mengarah ke nameserver baru dan anda siap menggunakan Domain Forwarding.
8. Kembali ke nomor 4, di situ Anda sudah bisa melihat Manage Free Domain Forward Service, klik tombol Manage Free Domain Forward.
9. Anda siap mengisikan isian konfigurasi url anda.
Pada isian Destination, isikan nama blogspot anda misalnya blogku.blogspot.com
URL Masking / Stealth Redirection / URL Hiding : ON
Header Tags : bisa dikosongi
No Frames Page Content: bisa dikosongi
Sub Domain Forwarding: ON bila dikehendaki
Path Forwarding: ON jika dikehendaki
Simpan perubahan dengan tekan tombol SAVE

Dengan demikian anda sudah bisa mengakses blogspot anda lewat domain pribadi Anda, lebih keren sekarang..

Silakan berkunjung ke Sumber tulisan untuk mempelajari lebih dalam masalah ini.

Related Posts:
Cara Membuat Banner
Cara Menambahkan Situs pada Google
Tukaran Link Yuk

Cara Membuat Drop Down Menu
Trik Baru Posting di Blogger dan Wordpress
Cara Membuat Readmore Pada Posting Blogger
Cara Membuat Kotak Komentar Pada Blogger

Read More......